5 Cara Ampuh Perbaiki Masalah Bluetooth Susah Tersambung di Android

Posted on

kinemaster.co.id – Pernahkah Anda mengalami masalah  ketika mencoba menyambungkan perangkat Bluetooth dengan ponsel Android? Proses pairing perangkat Bluetooth dengan ponsel Android seharusnya mudah untuk dilakukan, namun terkadang beberapa persoalan ‘sepele’ malah membuat proses tersebut menjadi sulit. Untuk itu, pada artikel ini kami akan bagikan tips ampuh perbaiki masalah bluetooth pada ponsel Android.

Sebelum membahas beberapa tips perbaikan, ada baiknya Anda tahu hal – hal ‘sepele’ yang sering menyebabkan koneksi Bluetooth susah tersambung. Beberapa hal sepele yang harusnya Anda periksa adalah,

a. Jarak

Perlu Anda ketahui, koneksi Bluetooth memiliki batasan jarak jangkauan. Tidak ada acuan pasti karena setiap perangkat pasti memiliki spesifikasi Bluetooth berbeda dengan jarak jangkauan berbeda pula.

b. Baterai

Hal sepele yang sering terlupakan adalah selalu cek sisa daya perangkat Anda. Bluetooth tidak akan bekerja maksimal pada perangkat berdaya rendah, bahkan di beberapa ponsel Bluetooth tidak dapat digunakan ketika baterai terindikasi memiliki daya rendah.

Jika pemeriksaan sudah Anda lakukan, namun perangkat masih tetap tidak dapat terhubung maka tips di bawah ini mungkin akan membantu.

Lihat Juga :   Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link Secara Gratis

1. Nyala/Matikan Bluetooth

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah dengan cara menyalakan kemudian mematikan kembali Bluetooth. Beri jeda beberapa saat ketika melakukan-nya, kemudian cek apakah perangkat sudah tersambung dengan benar. Cara ini umumnya berhasil, sekaligus menjadi cara paling mudah untuk perbaiki masalah bluetooth di ponsel Android.

2. Hapus & sambungkan ulang

Jika sebelumnya perangkat pernah tersambung, coba hapus perangkat tersebut dari riwayat sambungan Bluetooth ponsel. Ketika sudah terhapus, coba sambungkan ulang perangkat Anda. Cara ini sangat efektif mengatasi masalah sambungan Bluetooth.

5 Cara Ampuh Perbaiki Masalah Bluetooth Susah Tersambung Pada Android
Masuk pengaturan, pilih Bluetooth
Klik icon roda gigi di bagian samping
Pilih lupakan perangkat
Cara menghapus riwayat sambungan :

Langkah 1: Masuk ke pengaturan > Cari dan temukan menu Bluetooth.

Langkah 2: Anda akan langsung menemukan daftar perangkat yang tersambung. (Di beberapa merek ponsel, daftar ada di dalam sub-menu ‘riwayat sambungan’.

Langkah 3: Pada daftar tersebut pilih perangkat yang ingin anda sambungkan, kemudian klik icon roda gigi di samping kanan nama perangkat tersebut.

Langkah 4: Pilih lupakan/lupakan perangkat.

Jika sudah, Anda dapat mencoba membuat sambungan ulang koneksi Bluetooth seperti biasanya.

Lihat Juga :   Tutorial Mudah Buka Kunci (Unlock) Bootloader Pada Xiaomi Mi 5

3. Restart perangkat

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart perangkat. Restart perangkat yang kami maksud berlaku untuk perangkat yang ingin Anda sambungkan, juga dengan ponsel. Terkadang masalah bluetooth susah tersambung akibat ada aktivitas aplikasi yang berjalan pada background sistem. Dengan melakukan restart, otomatis semua aktivitas yang sedang berjalan akan dimatikan secara paksa.

4. Reset setelan koneksi

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mencoba melakukan reset setelan koneksi. Berbeda dengan reset pabrik yang menghapus semua data perangkat, reset setelan koneksi hanya akan menghapus settingan koneksi ponsel. Langkah ini akan berpengaruh pada konfigurasi jaringan seluler, Wi-Fi, VPN, Bluetooth, NFC, dsb.

5 Cara Ampuh Perbaiki Masalah Bluetooth Susah Tersambung Pada Android
Masuk menu pengaturan, pilih sistem
Cari menu ‘Opsi setel ulang’
5 Cara Ampuh Perbaiki Masalah Bluetooth Susah Tersambung Pada Android
Pilih setel ulang koneksi
Cara melakukan reset setelan koneksi :

Langkah 1: Masuk ke menu pengaturan dan pilih sistem.

Langkah 2: Cari menu opsi setel ulang.

Langkah 3: Pilih ‘Setel Ulang Wi-Fi, seluler, & Bluetooth’.

Langkah 4: Ketuk tombol Atur Ulang Pengaturan.

Langkah 5: Masukkan kode sandi / kata sandi / PIN / pola ponsel Anda dan klik Atur Ulang Pengaturan untuk melanjutkan.

Lihat Juga :   Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Paling Mudah

5. Perbarui sistem Android

Langkah terakhir yang bisa Anda coba jika semua cara di atas gagal adalah dengan melakukan update sistem Android. Terkadang pembaruan Android membawa sejumlah bug yang dapat menganggu kinerja ponsel. Bisa jadi masalah bluetooth yang Anda alami merupakan akibat dari bug pembaruan sistem sebelumnya. Untuk itu, melakukan update sistem Android merupakan salah satu pilihan paling bijak yang bisa dicoba.

Untuk melakukan update sistem pada ponsel Android caranya cukup mudah, Buka Pengaturan> Sistem> Lanjutan> Pembaruan Sistem dan klik tombol ‘Periksa pembaruan‘.

Itulah beberapa tips mudah perbaiki masalah bluetooth pada ponsel Android. Semoga membantu dan bermanfaat.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.