8 Tips Mengatasi Baterai Boros di One UI Ponsel Samsung

Posted on

kinemaster.co.id – Sudah bukan rahasia lagi jika One UI yang dikembangkan oleh Samsung merupakan salah satu user interface Android terbaik untuk saat ini. Menawarkan sistem navigasi ramah pengguna, aplikasi default dengan tampilan UI cantik, dan tampilan animasi yang halus, merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki UI Samsung ini.

One UI Samsung | Foto credit ©Samsung

Tidak hanya unggul di bagian interface, One UI juga membawa beberapa fitur cerdas lainnya. Salah satunya adalah fitur penghemat baterai yang dikembangkan Samsung. Fitur ini sangat berguna untuk mengontrol konsumsi daya baterai pada perangkat Galaxy series, sekaligus memantau kesehatan baterai secara real-time.

Meski sudah membawa fitur cerdas penghemat baterai, tidak jarang beberapa perangkat Galaxy series masih mengalami kondisi dimana baterai dengan cepat habis terkuras. Kondisi ini bahkan juga ditemui di beberapa perangkat Galaxy M series yang notabene membawa baterai dengan kapasitas besar.

Poster promosi Samsung Galaxy M21 | Foto credit ©Samsung

Bagi kalian yang merasa terganggu dengan penurunan performa baterai setelah menggunakan One UI, ada beberapa cara untuk sedikit menghemat konsumsi daya ponsel. Hanya saja ada sedikit konsekuensi yang harus dibayar, yakni kehilangan beberapa fungsi fitur One UI. Bagaimana caranya?

1. Menonaktifkan Fitur Always on Display (AOD)

Matikan fitur AOD (Always on Display) | Foto credit ©Droidmagz

Fitur Always on Display merupakan salah satu fitur terbaik yang dimiliki One UI. Fitur AOD memungkinkan ponsel untuk terus menampilkan jam, tanggal, status baterai, notifikasi, screensaver, dll. AOD setidaknya mengkonsumsi baterai sekitar 1% setiap jam-nya, nilai ini akan bertambah jika pengguna turut menampilkan sebuah foto atau screensaver pada layar waktu siaga.

Lihat Juga :   Download Lightroom Mod Apk Full Preset Premium Terbaru 2022

Untuk menonaktifkan fitur ini caranya cukup mudah, kalian dapat mematikan AOD melalui menu pengaturan> Layar kunci> Always on Display.

2. Gunakan mode gelap

8 Tips Mengatasi Baterai Boros di One UI Ponsel Samsung
Aktifkan Dark Mode | Foto credit ©Droidmagz

Sebagian besar ponsel Samsung dibekali panel layar berjenis AMOLED. Panel layar ini terkenal sangat ramah daya baterai jika menampilkan warna gelap. Kabar baiknya, Samsung telah mengintegrasikan tema dark mode di perangkat model terbaru.

Untuk mengaktifkan mode ini caranya sangat mudah, kalian hanya harus masuk ke menu pengaturan > Tampilan> Mode Gelap.

3. Gunakan fitur Kecerahan Adaptif

Aktifkan kecerahan adaptif | Foto credit ©Droidmagz

Penyesuaian kecerahan Adaptif sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai. Fitur kecerahan Adaptif milik Samsung terkenal cukup baik dalam hal sensitivitas, jadi jangan sampai tidak memanfaatkan fitur ini.

Secara default, opsi ini di nonaktifkan. Kalian perlu mengaktifkan fungsi ini secara manual lewat menu pengaturan> Tampilan> Kecerahan Adaptif.

4. Aktifkan fitur Hemat Daya

8 Tips Mengatasi Baterai Boros di One UI Ponsel Samsung
Pilih mode hemat daya | Foto credit ©Droidmagz

Samsung menawarkan fitur Hemat Daya yang sangat berguna untuk menyesuaikan konsumsi daya baterai berdasarkan kebiasaan pengguna. Secara default, mode daya ponsel diatur pada settingan peforma maksimal, dan otomatis akan beralih ke mode ‘Hemat Daya’ ketika baterai tersisa sekitar 15%. Jika tujuan kalian adalah untuk menghemat baterai, sebaiknya aktifkan mode ‘Hemat Daya’ tanpa perlu menunggu peringatan baterai.

Lihat Juga :   Cara Mudah Mematikan Fitur OK Google Pada Android

Cara untuk mengaktifkan mode ini sangat mudah, masuk ke menu pengaturan> Baterai> Mode daya> Pilih antara ‘Hemat Daya Medium’ atau ‘Hemat Daya Maksimum’.

5. Gunakan fitur Adaptive Power Saving

Aktifkan hemat daya adaptif | Foto credit ©Droidmagz

Adaptive Power Saving merupakan fitur cerdas pengelola konsumsi daya baterai, yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan kebutuhan sistem. Contoh, ketika ponsel dalam posisi standby maka sistem akan mematikan beberapa proses yang dianggap tidak penting. Sebaliknya ketika ponsel digunakan untuk tugas berat seperti bermain game, sistem akan menyesuaikan konsumsi daya ke tingkat maksimal untuk mengimbangi proses tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya adalah masuk ke menu pengaturan Baterai> Mode Daya> Hemat Daya Adaptif.

6. Aktifkan Mode Baterai Adaptif

Aktifkan fitur baterai adaptif | Foto credit ©Droidmagz

Samsung menawarkan mode Baterai Adaptif yang praktis untuk membatasi penggunaan daya baterai. Opsi tersebut akan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang digunakan.

Kalian dapat mengaktifkan fitur ini di menu Pengaturan> Baterai> Manajemen daya aplikasi.

Lihat Juga :   Mengatasi Gagal Download Tema Pada Samsung Galaxy J3 Pro

7. Matikan pengisian cepat (fastcharging)

Matikan fitur fastcharging | Foto credit ©Droidmagz

Cara ini selain berguna untuk mengurangi siklus pengisian baterai, juga menjadi salah satu cara untuk menghemat konsumsi baterai. Kesehatan baterai sangat bergantung dengan siklus pengisian. Semakin sering dan semakin cepat baterai di isi, performa-nya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu akibat proses degradasi.

8. Perbarui perangkat lunak

Konsumsi daya baterai yang terlihat tidak wajar pada ponsel bisa jadi disebabkan oleh bug sistem operasi. Jika sumber masalah tersebut memang berasal dari firmware ponsel, sebaiknya periksa apakah ada pembaruan sistem yang diberikan.

Itulah beberapa tips menghemat baterai pada ponsel Samsung yang menggunakan user interface One UI. Semoga bermanfaat dan berguna ya, bagikan pengalaman-mu di kolom komentar jika sudah mempraktekan-nya.

Menulis untuk mengisi waktu luang.