Aplikasi BOP Kemendikbud Paud Terbaru, Download Plus Mengisinya

Posted on

Aplikasi BOP mungkin bukan aplikasi yang jarang diketahui oleh orang awam. Bisa jadi, menurut kamu APK BOP adalah aplikasi terbaik yang bisa digunakan di HP.

Faktanya memang begitu. kamu yang berasal dari masyarakat umum tidak akan bisa digunakan. Sebab, BOP merupakan aplikasi pendidikan khusus yang diperuntukan bagi pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidik setingkat pendidikan.

Setelah mengetahui tujuannya, kamu mungkin merasa bahwa aplikasi ini tidak penting. Namun bagi guru PAUD, aplikasi ini memiliki fungsi yang penting karena sangat membantu mereka dalam bekerja. Jika kamu atau kenalan kamu adalah guru PAUD, simak artikel ini.

Siapa tahu bisa kasih tahu kenalan cara pakai aplikasi BOP dan cara pengisiannya

Apa Itu Aplikasi BOP

Apa itu aplikasi BOP

Aplikasi BOP merupakan singkatan dari Program Bantuan Operasional (BOP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini khusus ditujukan bagi para pendidik PAUD dan Pendidikan Kesetaraan.

Nantinya, bantuan operasional ini akan diberikan kepada petugas PAUD dan guru dengan mengirimkannya langsung ke rekening yayasan. Pastinya mereka harus melalui proses dan tahapan tertentu untuk proses mengajukan BOP ini.

Program aplikasi BOP PAUD ini merupakan aplikasi dari aplikasi yaitu BOP SIMDAK sebelumnya 2020. Program ini sudah berjalan lama dan berjalan dengan baik serta tepat sasaran.

Manfaat & Fungsi Aplikasi BOP PAUD

Aplikasi BOP PAUD

Seperti yang sudah dijelaskan, aplikasi PAUD merupakan program khusus untuk guru PAUD. Aplikasi ini sangat penting bagi mereka yang memiliki berbagai fungsi, antara lain:

  1. Mengolah data
  2. Alur penyediaan dana BOP
  3. Media untuk laporan keuangan
  4. ringkasan proposal

Jika pendidik atau staf PAUD telah mengajukan proposal, mereka juga berhak atas bantuan operasional. BOP yang sudah masuk ke rekening yayasan tentunya akan membantu perkembangan PAUD disana. Manfaat dana BOP untuk PAUD diantaranya:

  1. Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah
  2. Alokasi kekuasaan dan kontes layanan
  3. kebutuhan administrasi sekolah
  4. Pembayaran honorarium pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Perlunya penerimaan mahasiswa baru
  6. Mengatur alat multimedia untuk belajar
  7. Perlunya pengembangan profesional guru dan pendidik lainnya
  8. Pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran

Setelah melihat banyaknya manfaat BOP bagi PAUD dan tenaga pengajarnya, kamu akan mengetahui mengapa penerapan BOP sangat penting bagi mereka. kami tidak ada salahnya kamu mengetahui tentang BOP PAUD. Barang kali kamu punya kenalan yang bisa kamu bantu nanti

Lihat Juga :   Remini Mod Apk No Watermark Gratis Pro Cards Premium Terbaru

Cara Menggunakan Aplikasi BOP

Cara menggunakan aplikasi BOP

Meski menggunakan kata aplikasi, nyatanya aplikasi BOP tidak seperti APK yang biasa ditemukan di Google Play Store atau App Store. Jadi, kamu tidak akan bisa mendownload dan menginstalnya, karena pada dasarnya program BOP ini bisa digunakan di web browser.

Cara menggunakan aplikasi BOP ini mudah. kamu hanya perlu mengunjungi situs https://bop.kemdikbud.go.id/, lalu login dengan akun pendidik PAUD yang terdaftar. Panduan lengkap penggunaan aplikasi BOP dapat kamu lihat di bawah ini:

  • Buka situs https://bop.kemdikbud.go.id/
  • Masuk dengan SSO.
  • Pilih fitur Data Planning, lalu pilih Usage Plan.
  • Gulir ke bawah dan pilih Rencana Kegiatan dan Anggaran Unit.
  • Isi data yang dibutuhkan dengan lengkap.
  • Simpan hasil yang diisi.
  • Klik Laporan Data, lalu pilih Pelaporan.
  • buat akun PAUD

Jika prosesnya di atas, maka kunci penggunaan situs dan pengajuan dana BOP terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu:

  • Perencanaan
  • Pelaporan
  • Verifikasi Akun PAUD

Tiga tahapan itulah yang akan Jaka bahas lebih lanjut. Sebab, tahapan-tahapan tersebut memiliki proses tersendiri yang harus dilalui dengan beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi. Semuanya demi manfaat dari aplikasi BOP yang Jaka uraikan di atas.

Langkah Pertama: Membuat Perencanaan di Aplikasi BOP 2022

Agar pendidik atau staf PAUD dapat memasukkan atau mengisi data anggaran, harus menyusun Rencana Anggaran Anggaran (RAD) BOP PAUD.

Anda dapat memulai tahapan ini dengan memilih menu Data Perencanaan pada website BOP PAUD Kemendikbud. Selanjutnya silahkan scroll ke bawah untuk memasukkan data perencanaan.

Nah, pada tahap ini ada beberapa komponen dan data yang harus disiapkan karena nantinya harus masuk dalam menu perencanaan. Komponen dan data yang terdapat pada menu perencanaan antara lain:

  • Jenis komponen yang melaksanakan kegiatan operasional pembelajaran, pelaksanaan kegiatan penunjang pembelajaran, dan pemenuhan administrasi satuan pendidikan
  • Jenis penggunaan, tergantung pada jenis komponen yang dipilih
  • Nama barang/jasa yang telah dibelanjakan
  • Jumlah barang yang telah dibelanjakan
  • satuan
  • Patokan harga

Komponen yang dapat dimasukkan dalam menu perencanaan sangat beragam dan dapat diusulkan terkait dengan kegiatan belajar dan bermain. Contohnya antara lain mainan edukatif, alat musik, pakaian adat, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Lihat Juga :   Cara Menggabungkan File PDF Pada Android Offline Tanpa Internet

Persiapan makanan sehat juga bisa memasuki tahap perencanaan. Sebab, hal ini berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang anak.

Selain itu, pengeluaran untuk kegiatan yang mendukung pembelajaran seperti pertemuan dengan orang tua siswa, pembayaran honorarium, serta pembelian obat-obatan dan peralatan kebersihan juga dapat dimasukkan.

Sekarang, semua komponen dan data ini harus dimasukkan dalam perencanaan, dan kemudian disimpan. Semua harus diisi agar bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu membuat laporan realisasi penggunaan dana di aplikasi BOP.

Langkah Kedua : Membuat Laporan Realisasi BOP

Setelah selesai melakukan perencanaan, kamu harus melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu membuat laporan realisasi BOP. Membuat menu laporan sebenarnya sama dengan mengisi menu perencanaan.

Perlu diketahui, fungsi dari tahap pelaporan ini adalah untuk melaporkan penggunaan dana kepada Satuan Pendidikan yang telah menerima dana BOP PAUD

Pada tahap ini, kamu kembali harus mengisi jenis komponen, jenis penggunaan, dan sebagainya. Keseluruhannya harus sesuai dengan data perencanaan yang telah diisi sebelumnya. Simak panduan lengkap pengisian laporan permohonan BOP berikut ini:

  • Buka aplikasi SIMDAK
  • Login dengan akun DAPODIK.
  • Pilih BOP PAUD
  • Pilih Penyerapan BOP untuk melihat data penyerapan BOP ke satuan pendidikan.
  • Setelah memilih menu tersebut, kamu akan melihat data penyerapan BOP yang telah diisi oleh Admin/Operator Kecamatan. Jika terdapat perbedaan penerimaan jumlah dana, data penerima siswa, dan tanggal penerimaan ke rekening, mohon menghubungi admin atau melalui operator di kabupaten/kota masing-masing.
  • Untuk input pelaporan, pilih Laporan Penggunaan Dana.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul format laporan penggunaan Dana. Setelah muncul, kamu harus memilih data laporan yang ingin kamu input.
  • Pilih Semester, lalu tekan Cari.
  • Tekan tombol Edit atau ikon berbentuk pensil untuk memasukkan laporan penggunaan dana.

Langkah Ketiga : Verifikasi Rekening BOP PAUD

Setelah pengisian data, akan muncul laporan rencana kegiatan anggaran unit selanjutnya. Di sini, langkah-langkah tidak berakhir begitu saja karena kamu harus memverifikasi akun BOP kamu.

Perlu kamu ketahui, proses leverage ini sangat penting agar proses pencairan dana BOP dapat berjalan dengan lancar. Tujuan pengungkit adalah untuk mengetahui kebenaran nomor rekening yang ada di DAPODIK dan bank terkait.

Lihat Juga :   Download X8 Sandbox Apk Pro Mod Anti Banned Tanpa Iklan

Jika terdapat perbedaan nomor rekening di DAPODIK PAUD maka akan muncul pesan status sekolah belum terverifikasi di aplikasi BOP. Oleh karena itu, pendidik atau tenaga PAUD diharuskan segera mengoreksi data di DAPODIK terbaru dan menyesuaikannya dengan rekening sekolah.

Untuk withdraw akun BOP PAUD kamu, berikut cara dan panduan yang bisa kamu ikuti:

1. Menyiapkan Data Pendukung

Pada tahap ini hanya ada satu dokumen yang harus disiapkan. Dokumen tersebut adalah buku rekening sekolah yang memiliki nama sekolah. Pastikan akun masih aktif agar proses verifikasi berjalan lancar.

2. Memperbaiki Data Rekening Sekolah di Aplikasi DAPODIK PAUD

Setelah mengetahui nomor rekening sekolah, selanjutnya kamu harus mengisi nama dan nomor rekening di aplikasi DAPODIK. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi DAPODIK.
  • Pilih menu sekolah, lalu gulir ke bawah.
  • Isi data rekening BOP sekolah, lalu klik simpan.
  • Pilih menu Validasi dan Sinkronisasi untuk mengirimkan data yang telah diisi

3. Verifikasi di Halaman Aplikasi BOP/BOS Kemendikbud

Pada tahap terakhir ini, kamu harus menyiapkan foto buku rekening BOP sekolah dalam format JPG. Pada foto tersebut nomor rekening dan nama rekening harus terlihat jelas dan disarankan untuk digunakan sebagai nama file. Ukuran file juga tidak boleh lebih dari 1 MB

Anda dapat melihat langkah selanjutnya di bawah ini:

  • Buka situsnya
  • Masukkan SSO DAPODIK.
  • Masuk ke menu untuk mengunggah buku tabungan/giro yang telah kamu siapkan sebelumnya.
  • Pilih Konfirmasi.
  • Pada menu Konfirmasi, kamu harus mengisi data yang diperbarui jika ada nomor rekening.
  • Klik Perbarui jika tidak ada kesalahan atau setelah pembaruan data.

Demikian Pembahasan Saya tentang aplikasi PAUD BOP serta cara penggunaan dan pengajuan dana BOP Kemendikbud. Semoga para pendidik dan tenaga PAUD yang membaca artikel ini dapat terbantu untuk mempermudah pengajuan dana BOP.

Artikel Terkait :