ASUS Mengonfirmasi Tidak Ada Pembaruan Android 10 Untuk ROG Phone

Posted on

Droidmgaz.com – ASUS ROG merupakan ponsel gaming generasi pertama yang dirilis oleh ASUS pada tahun 2018 silam. Memulai debut dengan Android 8.1 (Oreo), perangkat ini sempat mendapatkan update sistem ke Android 9.0 (Pie). Sekarang, setelah lebih dari satu tahun pembaruan sistem diberikan, ASUS secara resmi mengkonfirmasi bahwa ASUS ROG generasi pertama tersebut tidak akan mendapat update Android 10.

ASUS ROG generasi pertama datang dengan nomor model ASUS ZS600KL. Ponsel tersebut ditenagai menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845, yang mana masih menjadi salah satu chipset powerfull hingga saat ini.

Tidak heran, hampir semua smartphone yang memiliki dukungan chipset ini masih mendapat pembaruan Android 10 dari vendor pembuatnya. Terkecuali ASUS yang tanpa alasan yang jelas ogah menghadirkan pembaruan Android 10 ke ponsel andalannya (ASUS ROG), meski secara spesifikasi hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan.

Bahkan POCO F1 yang memiliki banderol lebih murah, juga menggunakan chipset dengan seri yang sama telah menerima pembaruan Android 10 hampir setahun yang lalu.

Lihat Juga :   Ponsel POCO Terbaru Bakal Segera Dirilis, Mungkinkah POCO F2?

Kabar mengenai keputusan ASUS tidak memberikan update Android 10 ke ROG Phone generasi pertama datang dari forum dukungan ZenTalk. Konon, informasi tersebut berasal dari salah satu moderator forum ZenTalk yang membalas pertanyaan dari salah seorang member forum tersebut.

Parahnya lagi, tidak seperti Xiaomi, ASUS ROG bukanlah perangkat yang populer dikalangan komunitas pengembang. Oleh karena itu, cukup sulit menemukan custom ROM khusus untuk seri smartphone ini. Alhasil, pengguna ROG Phone generasi pertama harus rela terjebak dengan Android 9.0 (Pie) hingga masa pakai smartphone-nya berakhir.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.