Black Shark 3S Menjadi Ponsel Gaming Paling Adorable Tahun Ini?

Posted on

Tahun ini banyak produsen berlomba merilis ponsel dengan spesialisasi fitur gaming ke pasaran. Dimulai dari ASUS dengan ROG 3, Lenovo dengan Legion Phone, hingga ZTE dengan Nubia Red Magic seriesnya. Seakan tidak ingin ketinggalan, Black Shark beberapa waktu lalu turut merilis ponsel gaming baru bernama Black Shark 3S.

Menariknya, Black Shark 3S disebut menjadi salah satu ponsel paling adorable di tahun ini. Di atas kertas, ponsel ini memang sedikit tertinggal akibat chipset Snapdragon 865 yang dibawanya. Jika kita bandingkan dengan pesaing sebelah, hampir semua dibekali chipset paling kencang saat ini, Snapdragon 865+. Meski bukan yang terbaru, chipset Snapdragon 865 masih merupakan salah satu chipset terbaik hingga saat ini.

Lalu mengapa Black Shark 3S disebut sebagai salah satu ponsel gaming paling adorable tahun ini? Ponsel gaming tidak melulu soal spesifikasi hardware yang dibawanya, ada banyak faktor yang mempengaruhi pengalaman bermain game di perangkat seluler seperti ponsel. Beberapa di antaranya seperti dukungan fitur, desain, perangkat pendukung lain, dan tentu saja harga yang ditawarkan.

Lihat Juga :   Link Xxnamexx Mean Yandex Russia Full HD Video Bokeh Museum

Spesifikasi Cukup Mumpuni

Di sektor perangkat keras, Black Shark 3S tercatat membawa spesifikasi cukup mentereng. Sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 865 5G yang dipadukan dengan RAM berukuran 12GB di dalamnya. Kapasitas RAM yang dibawa perangkat ini memang bukanlah sesuatu yang istimewa untuk saat ini, namun RAM ukuran 12GB masih termasuk batas standar untuk ponsel gaming tahun ini bukan?

Beralih ke bagian layar, ponsel gaming satu ini hadir dengan berbekal layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang membawa resolusi Full HD+. Layarnya sendiri disebut membawa sejumlah fitur canggih seperti, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 270Hz, hingga latensi respon yang mencapai 17ms.

Dengan segudang fitur tersebut, layar Black Shark 3S tentu akan sangat nyaman digunakan untuk bermain game atau sekedar mengakses media sosial. Ya, meskipun secara resolusi layar yang dibawanya masih cukup tertinggal dibanding dengan kompetitornya.

Dukungan Teknologi Pixelworks MotionEngine

Resolusi layarnya masih kalah ternyata, jelek dong tampilan grafis-nya?

Tunggu dulu, ada satu lagi fitur bernama MotionEngine yang bakal memberikan tampilan visual kelas atas pada ponsel ini lo. Fitur garapan Pixelworks ini disebut bakal meningkatkan tampilan grafis di hampir semua game yang tersedia untuk smartphone saat ini.

Lihat Juga :   Yahoo Search Bokeh Museum Video Downloader Full Link Gratis

Cara kerja fitur ini cukup unik sebenarnya, yakni dengan cara menambahkan beberapa dukungan MIPI dual channel pada tampilan grafis, terutama untuk beberapa game besutan Tencent yang memanfaatkan tampilan text-over-graphics. Teknologi tersebut juga dapat membuat layar selalu dalam mode HDR, dan memberikan tampilan adaptif layar secara otomatis. MotionEngine juga membantu memberikan tampilan game se-realistik mungkin, mulai dari gerakan karakter hingga beberapa scene yang ditampilkan.

Selain beberapa fitur yang mendukung kegiatan bermain game, Black Shark tidak lupa membenamkan beberapa fitur unggulan lainnya. Bagi kalian yang juga memiliki hobi fotografi, ponsel ini juga menyediakan tiga buah lensa kamera di bagian belakang dan satu buah kamera selfie di bagian depan. Di bagian belakang, ponsel ini membawa lensa berukuran 64MP lensa utama, 13MP lensa wide angle, dan 5MP lensa kedalaman. Sementara di bagian depan terdapat satu buah lensa berukuran 20MP.

Black Shark 3S hadir dengan OS Android 10 yang dikustomisasi menggunakan Joy UI 12. Di bagian penyimpanan daya, ponsel ini menyediakan baterai berkapasitas 4.720 mAh lengkap dengan dukungan fast charging 65W. Untuk mengisi daya ponsel, tersedia port USB Tipe-C dan pengisian menggunakan port magnetik sekunder dengan output maksimal 18W.

Lihat Juga :   Motorola One Fusion dan Motorola Fusion+ Akan Segera Rilis Akhir Kuartal Ini

Harga & ketersediaan

Ponsel ini akan tersedia secara resmi pada tanggal 4 Agustus mendatang, dengan dua varian warna Skyfall dan Crystal Blue. Untuk harga yang ditawarkan beragam, tergantung dari kapasitas penyimpanan yang dipilih. Berikut perkiraan harganya :

  • 12G/128GB : $570
  • 12G/256GB : $616
  • 12G/512GB : $690
Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.