Cara Memasang TV Tuner Dengan Sangat Praktis dan Mudah

Posted on

Cara Memasang TV Tuner – Cara memasang antena TV tuner membantu pemilik monitor PC yang ingin menggunakan perangkat sebagai alat untuk menonton siaran TV.

Jika monitor PC masih dalam kondisi baik, Anda tidak perlu membeli TV lagi saat ingin menonton siaran TV nasional saat jam istirahat pekerjaan, terutama mahasiswa yang sangat hemat dengan pengeluaran untuk keperluan saat kuliah.

Yang harus Anda lakukan adalah membeli TV tuner dan menghubungkannya ke layar PC Anda, dan Anda akan dapat menonton acara TV.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membeli TV tuner. Pasalnya, banyak sekali jenis TV tuner yang beredar di pasaran. Pastikan untuk memilih tuner yang cocok dengan monitor PC Anda agar tidak salah. TV tuner eksternal adalah pilihan praktis karena mudah digunakan dan dapat digunakan di mana saja

Apa itu TV Tuner?

Cara Memasang TV Tuner

TV tuner sendiri sebenarnya adalah sebuah perangkat keras yang terhubung dengan komputer dan berfungsi untuk menampilkan siaran TV dari berbagai stasiun TV. Perangkat ini juga dilengkapi dengan berbagai alat atau perkakas. Setiap produk tuner menawarkan fitur yang berbeda dari produk lainnya

Cara Memasang TV Tuner

Cara Memasang TV Tuner Dengan Sangat Praktis dan Mudah

Saat ini, masyarakat mungkin tidak asing lagi dengan keberadaan TV tuner. Karena mungkin kurang populer dibandingkan menonton TV streaming dengan siaran yang lebih variatif. Namun, TV tuner memiliki kelebihan tersendiri yang menjadikannya sebagai cara alternatif untuk menikmati hiburan.

Lihat Juga :   Cara Paling Mudah Memindahkan Chat Whatsapp Dari iPhone ke Android

Mungkin Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan dan memasang alat tersebut. Agar tidak bingung, mari kita lanjutkan pembahasan cara memasang TV tuner selanjutnya.

1. Cara Memasang TV Tuner Tanpa Menggunakan CPU

Sama seperti cara memasang TV tuner menggunakan CPU, cara kedua ini juga membutuhkan beberapa alat yang harus Anda siapkan. Alat-alat tersebut adalah, charger TV tuner sebagai charger, kabel power dan kabel VGA.

  • Colokkan semua kabel pada fungsinya masing-masing.
  • Atur saluran di menu pengaturan. Cara setting channel ini sama dengan cara setting channel di TV analog.
  • Jika terjadi kesalahan saat proses instalasi dan tidak ada sinyal yang tertangkap oleh TV tuner, hal ini bisa jadi karena masalah pada kabel VGA.

Anda bisa mengatasinya dengan mengganti kabel VGA baru agar input TV tuner bisa terbaca dengan baik dan menghasilkan gambar yang bagus.

2. Memasang Antena TV Tuner Menggunakan CPU

Cara pertama menggunakan TV tuner adalah dengan memasangkannya ke CPU. Langkah-langkahnya tidak sulit dan Anda memerlukan beberapa macam alat agar sinyal TV dapat ditangkap dengan baik dan gambarnya jernih.

Lihat Juga :   Download Ome TV Mod Apk Anti Banned dan No Ads Terbaru

Alat yang dibutuhkan adalah, charger TV tuner yang digunakan untuk mengisi daya listrik, kabel VGA yang akan menghubungkan TV tuner ke komputer, antena, kabel VGA untuk output ke layar dari TV tuner dan kabel arus listrik ke layar dari stopkontak. Setelah alat siap, Anda dapat mulai memasangkan.

  • Colokkan semua kabel dengan fungsinya masing-masing.
  • Nyalakan komputer dan TV tuner.
  • Atur menu pengaturan saluran TV. Anda dapat melakukannya melalui remote control TV tuner atau langsung dari TV tuner tanpa menggunakan remote control.
  • Periksa hasil gambar yang diperoleh. Jika gambar tidak jelas, Anda dapat menggunakan antena TV tuner untuk memperkuat sinyal.

3. Cara Memasang TV Tuner ke Proyektor

TV Tuner yang dapat dipasang pada proyektor adalah TV Tuner Combo dan TV Tuner Mini. TV Tuner ini memiliki dua port output yang dapat kita gunakan yaitu port VGA dan port RCA. Mari kita mulai dengan langkah-langkah untuk menginstalnya.

  • Siapkan TV tuner dan proyektor.
  • Siapkan antena yang berguna untuk menangkap sinyal analog.
  • Siapkan stopkontak yang memiliki setidaknya dua output arus AC untuk daya proyektor dan daya TV tuner.
  • Nyalakan TV tuner dan proyektor.
  • Pasang antena pada TV tuner dan letakkan di tempat yang dapat menangkap sinyal dengan baik.
  • Siapkan kabel pembawa sinyal dari TV tuner ke proyektor. Anda dapat menggunakan kabel VGA atau kabel RCA.
  • Pasang salah satu kabel ini.
  • Input VGA ke port VGA out pada TV tuner. Kencangkan dengan sekrup pada VGA.
  • Hubungkan ke proyektor.
  • Jika koneksi berhasil, beberapa saluran kabel VGA ke port kabel VGA ini akan muncul di layar proyektor.
Lihat Juga :   Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Ponsel Android

Memasang TV tuner di proyektor seperti ini akan berguna jika Anda ingin menyelenggarakan acara besar, seperti menonton final sepak bola dan acara lainnya. Cakupan layar yang besar membuat acara menonton menjadi nyaman.

Demikian ulasan tentang cara memasang TV tuner dan pengenalan jenis-jenis TV tuner yang bisa Anda beli untuk melengkapi kebutuhan hiburan Anda di kost atau kamar Anda. Pilih jenis dan merk TV tuner yang spesifikasinya sangat Anda butuhkan.

Jadi Anda bisa menikmati siaran TV di laptop tanpa koneksi internet atau menggunakan layar besar untuk menonton bersama teman-teman Anda. Pastikan juga perangkat monitor Anda kompatibel dengan TV tuner yang Anda pasang.