Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL

Posted on

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara untuk mengaktifkan Camera 2 API di device Zenfone MaxPro M2 tanpa harus melakukan UBL (Unlock Boot Loader). Apa fungsinya? Camera 2 API merupakan sebuah modul yang dibutuhkan jika kita berniat menginstal 3rd aplikasi kamera, contoh yang populer adalah Google Camera.

Pada dasarnya Camera 2 API sudah tertanam pada hamipr semua device Android kelas menengah ke atas, hanya saja fungsinya di matikan oleh masing – masing vendor. Lewat tutorial ini kita akan mencoba mengaktifkan Camera 2 API di MaxPro M2, silahkan disimak langkah – langkahnya.

Bahan yang dibutuhkan :
  1. PC/Laptop.
  2. Kabel USB (usahakan original/minimal support pengisian daya 2.0A).
  3. ADB.exe.
  4. Manual Camera Compatibility Test (bisa di download di playstore).
  5. Device MaxPro M2..

Sebelum memulai ingat, Do With Your Own Risk!!

Langkah 1 : Download ADB.exe Kemudian ekstrak dan install, sesuaikan dengan PC dan device kalian.

Langkah 2 : Aktifkan USB Debugging pada MaxPro M2 kalian dengan cara, Masuk menu setting → About → Build Number (Klik beberapa kali hingga muncul tulisan Developer Mode is Active).

Lihat Juga :   Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Ponsel Android

Langkah 3 : Masuk ke menu Opsi Developer (ada di dalam menu setting), kemudian Centang pada kolom USB Debugging.

Langkah 4 : Matikan device MaxPro M2 kemudian masuk ke Mode Fastboot (Tahan Volume up + Power). Tunggu sampai muncul tulisan ‘FASTBOOT CSC’ berwarna hijau pada layar.

Langkah 5 : Sambungkan MaxPro M2 pada Pc/Laptop, lalu masuk pada folder ADB yang sudah kalian download sebelumnya. Masuk ke Command Promt (CMD) dengan cara tekan CTRL + SHIFT + Klik kanan secara bersamaan kemudian pilih Open Command Window Here.

Langkah 6 : Setelah berada di Command Prompt Window, ketikkan :

Fastboot Devices

Lalu tekan enter tunggu hingga MaxPro M2 kalian terdeteksi dengan munculnya tulisan Fastboot 89767XXX di Command Prompt Window (CMD). Selanjutnya ketik lagi :

Fastboot oem enable_camera_hal3 true

Lalu ulangi tekan enter, jika muncul tulisan Okay dan Finish berarti device kalian sudah berhasil mengaktifkan Camera 2 API. Kemudian lakukan restart pada device kalian.

Langkah 7 : Untuk memastikannya silahkan download aplikasi Manual Camera Compability Test di Play Store, jika muncul centang hijau pada aplikasi tersebut berarti kalian sudah sukses mengaktifkan Camera 2 API.

Lihat Juga :   Download Youtube GO Apk (Premium) Versi Lama dan Terbaru Tanpa Gangguan Iklan

Langkah 8 : Silahkan instal aplikasi kamera 3rd yang kalian inginkan, misalnya Google Camera atau lainnya.

Sampai di sini tutorial yang bisa kami bagikan kali ini, jika kalian menemukan kesulitan dalam proses eksekusi silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Ingat untuk tetap berhati – hati agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan.