Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Uninstall

Posted on

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara, tanpa perlu uninstall. WhatsApp memang memudahkan seseorang untuk berkomunikasi. Tidak hanya mengirim pesan berupa teks, tetapi juga gambar, audio dan lain sebagainya.

Namun dalam beberapa kasus, kecanggihan teknologi justru mendatangkan hal yang kurang baik bagi seseorang. Ternyata kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seringkali membuat seseorang merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri.

Keseruan didalam dunia media sosial menjadikan seseorang melupakan keperluan akan sesuatu yang berbau ‘slow’. Bila WhatsApp sudah membuat hidup Anda berat, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menjauh dari aplikasi.

Dengan kata lain, itu menonaktifkan sementara WA. Tidak seperti menghilang sepenuhnya, Anda hanya perlu beberapa hari waktu tenang, jadi Anda tidak perlu mencopot pemasangan aplikasi. Berikut cara menonaktifkan sementara WA versi kita.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Bagi Anda pengguna Android, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan WhatsApp sementara. Dengan cara ini Anda dapat menonaktifkan WhatsApp tanpa harus mematikan data internet. Ingin tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya.

1. Batasi Penggunaan Data Aplikasi WhatsApp

Dengan membatasi penggunaan data pada aplikasi WhatsApp, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi pesan dan panggilan. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan antara lain:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Kemudian buka menu Kelola Aplikasi.
  • Pilih Data seluler lalu matikan Izinkan penggunaan data latar belakang.

2. Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp

Jika kita bisa logout dari media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter kapan pun kita mau, WhatsApp berbeda. Dibutuhkan cara khusus untuk bisa logout WhatsApp.

Daripada harus repot-repot logout WhatsApp karena tidak ingin menerima notifikasi yang menumpuk, ada cara yang lebih praktis yang bisa kamu lakukan lho! Salah satunya adalah force stop atau paksa berhenti aplikasi WhatsApp.

Lihat Juga :   Link Config FF Terbaru Dapat Semua Skin, Diamond, Bundle, Gratis

Dengan cara ini Anda dapat menonaktifkan WhatsApp, tanpa harus mematikan data internet. Ingin tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Masuk ke Setting/Pengaturan lalu pilih Aplikasi.
  • Pilih aplikasi WhatsApp di menu aplikasi atau Kelola Aplikasi.
  • Pilih tombol Paksa berhenti WhatsApp.

3. Hapus data

Harap diperhatikan terlebih dahulu dengan menghapus data, tentunya data yang Anda miliki akan terhapus secara otomatis. Oleh karena itu, sebelum menggunakan cara ini sebaiknya backup dulu chat dan data lainnya.

Dengan begitu, baik chat pribadi maupun grup, nantinya bisa Anda kembalikan seperti semula saat ingin menggunakan WhatsApp kembali. Untuk mempermudah proses backup data, pastikan nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon yang aktif.

Lalu bagaimana cara melakukan happys data? Nah, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menghapus data di ponsel Anda.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Klik menu Apps lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Di App Info, tekan tombol penyimpanan dan kemudian akan muncul data yang jelas.
  • Tekan tombol Hapus data dan tunggu proses penghapusan selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, akun WhatsApp Anda telah berhasil dinonaktifkan. Dengan begitu Anda tidak akan menerima notifikasi pesan atau panggilan telepon.

Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu kita ingin membukanya kembali? Yang perlu Anda lakukan adalah membuka kembali aplikasi WhatsApp, lalu login kembali menggunakan nomor telepon yang sama.

Hanya saja jika Anda ingin menonaktifkan WhatsApp dalam waktu singkat, ada baiknya Anda memilih cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi tidak perlu repot untuk backup atau login ulang.

Lihat Juga :   Download MiChat Mod Apk Unlimited Bottle No Blokir Versi Terbaru

4. Nonaktifkan Notifikasi Melalui Pengaturan

Mendapatkan begitu banyak notifikasi chat dari rekan kerja, teman, atau grup yang bertubi-tubi terkadang bisa cukup mengganggu. Jika Anda menginginkan cara yang sederhana dan mudah, Anda hanya perlu mematikan notifikasi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Pergi ke pengaturan.
  • Masuk ke aplikasi atau System Apps lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih Notification and control center.
  • Nonaktifkan notifikasi WhatsApp.

5. Menonaktifkan WhatsApp Menggunakan Bantuan Aplikasi

Selain menggunakan beberapa cara yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menonaktifkan WhatsApp. Diantaranya adalah Datally, Hibernator, Pause It, Nights Keeper, mode permainan, jangan ganggu – pemblokir panggilan, dan aplikasi lainnya.

Namun yang ingin kami jelaskan disini adalah menggunakan aplikasi Datally. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Pertama-tama unduh aplikasi Dattaly di app APKPure.
  • Berikan akses atau izin melalui menu Pengaturan.
  • Ketuk bagian Kelola data, lalu gulir ke bawah dan pilih menu Aplikasi dengan penggunaan rendah.
  • Selanjutnya, cari aplikasi WhatsApp.
  • Tekan tombol penggeser di sebelah kanan dan ubah posisinya menjadi aktif.
  • Selesai, aplikasi WhatsApp telah berhasil dinonaktifkan.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengaktifkan kembali akun WhatsApp yang sudah dinonaktifkan? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Masuk lagi ke aplikasi Datally.
  • Cari fitur server data, lalu geser tombol geser kembali ke posisi “on“.
  • Dengan begitu WhatsApp Anda akan kembali seperti semula.
Lihat Juga :   Download Novo Live Apk Mod Versi Terbaru 2022 Full Unlocked Room

Nonaktifkan Notifikasi WA di iPhone

Nonaktifkan Notifikasi WA di iPhone

Cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp di iPhone, sebenarnya hampir sama dengan di Android. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka menu Pengaturan.
  • Cari aplikasi WhatsApp, disana kamu akan melihat tulisan “Show notification“.
  • Matikan sakelar. Dengan begitu notifikasi WhatsApp Anda tidak akan muncul lagi di layar!

Itulah beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan, untuk menonaktifkan sementara WhatsApp di Android dan iPhone. Secara umum, baik menggunakan Android dan iPhone sebenarnya hampir sama caranya. Anda hanya perlu menyesuaikan lokasi pengaturan, atau ikon yang tersedia di ponsel Anda.

Setiap orang tentu memiliki alasan masing-masing, mengapa ingin menonaktifkan WhatsApp sebagai saluran komunikasi. Tentu saja manusia membutuhkan komunikasi dan interaksi sosial. Namun ada kalanya penggunaan media sosial secara berlebihan akan berdampak tersendiri, salah satunya memicu stres.

Tak heran beberapa orang memutuskan ingin menonaktifkan sementara WhatsApp, atau media sosial lainnya, karena kita juga butuh ketenangan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin menonaktifkan sementara WhatsApp.

Lihat Juga informasi Lainnya :

Dari beberapa cara di atas, mana yang menurut Anda paling efektif dan mudah dilakukan? Semoga beberapa informasi yang telah kami rangkum di atas dapat membantu Anda, ya. Semoga beruntung!