Chipset Terkencang Snapdragon 865 Plus akan Meluncur di bulan Juli

Posted on

Untuk saat ini, Snapdragon 865 masih merupakan chipset terbaik yang dimiliki oleh Qualcomm. Namun hal tersebut bisa jadi berubah dalam beberapa hari mendatang. Pasalnya, saat ini Qualcomm dikabarkan tengah mempersiapkan chipset baru bernama Snapdragon 865 Plus yang disebut bakal lebih kencang dari pendahulunya.

Adalah Snapdragon 865 Plus SoC, sebuah chipset hasil upgrade dari SD865 standar yang dijadwalkan akan meluncur pada bulan Juli mendatang. Bahkan beberapa ponsel flagship yang meluncur pada paruh ke dua tahun ini, sudah dipastikan akan menggunakan chipset ini.

Hal yang sama juga terjadi tahu lalu, dimana Qualcomm turut merilis versi upgrade dari Snapdragon 855. Chipset yang akhirnya diluncurkan dengan nama SD855 Plus tersebut kemudian sukses besar dengan dipakai oleh beberapa seri ponsel flagship waktu itu.

Spesifikasi & performa Snapdragon 865 Plus

Snapdragon 865 Plus memiliki clock speed 3.09 GHz, ,meningkat cukup besar dibanding versi standar yang hanya membawa clock speed sebesar 2.84 GHz. Soal performa sudah jelas lebih baik dibanding pendahulunya.

Lihat Juga :   Realme Narzo 20, 20A, 20 Pro Resmi Diluncurkan, Berikut Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

Menurut daftar AnTuTu, Chipset terbaru Qualcomm tersebut berhasil memperoleh skor secara keseluruhan sebesar 643.310 poin. Angka tersebut meliputi CPU 183.149 poin, skor GPU 247.932 poin, skor MEM 111.239 poin dan skor UX 103.990 poin.

Samsung Galaxy Z Flip

Salah satu ponsel yang akan segera dirilis menggunakan chipset ini adalah ASUS ROG 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 5G. Untuk Galaxy Z Flip 5G, sudah bisa dipastikan perangkat tersebut akan ditenagai menggunakan chipset SD865 Plus. Sementara untuk ASUS ROG 3 belum ada keterangan mengenai seri chipset yang akan digunakan. Namun dari beberapa bocoran yang tersebar, ponsel ini akan menggunakan chipset garapan Qualcomm dengan clock speed berada di atas 3GHz.

Sebenarnya ada banyak sekali informasi diluar sana yang memperdebatkan waktu peluncuran chipset ini.  Sebelumnya SD865 Plus dikabarkan akan meluncur pada Q3 tahun 20202, kemudian salah seorang eksekutif Meizu menyebut chipset ini tidak akan dirilis tahun ini.

Entah mana yang benar, yang jelas beberapa ponsel flagship yang rilis tahun ini sudah dipastikan akan menggunakan chipset terkencang Qualcomm ini.

Menulis untuk mengisi waktu luang.