Download di Play Store Tidak Bisa? Tenang, ini solusinya!

Posted on
Download di Play Store Tidak Bisa

Download di Play Store tidak bisa – Google Play Store adalah aplikasi untuk download berbagai jenis aplikasi untuk smartphone. Tetapi pernahkah Anda mengalami masalah ketika download aplikasi di Play Store? Mengapa tidak mengunduhnya di Play Store?

Download aplikasi di Play Store terkadang tidak dapat berfungsi, mungkin memakan waktu lama atau mungkin ada masalah lain disebabkan berbagai alasan. Kendala tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara tergantung penyebabnya. Lihat informasi berikut ini untuk mempelajari bagaimana cara menanganinya dengan benar.

Penyebab Tidak Bisa Download Di Play store?

Penyebab Tidak Bisa Download Di Play store

Pertumbuhan dunia digital mempengaruhi banyak bidang kehidupan. saat ini banyak pihak yang tidak mau ketinggalan dengan perkembangan dunia digital. Mereka berlomba-lomba dalam membuat aplikasi untuk berbagai kebutuhan

Hasilnya, tentunya saat ini terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas manusia. Contohnya, ketika saat melakukan pembayaran di haruskan menggunakan uang tunai. Namun, saat ini sudah ada banyak aplikasi dompet digital yang mempermudah transaksi pembayaran.

kamu dapat melakukan berbagai tugas secara optimal, efisien dan efektif hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone kamu. Tapi, sudah pasti, Anda harus mengunduh aplikasi melalui Google Play Store.

sangat begitu mudah untuk download berbagai aplikasi menggunakan Google Play Store. tetapi, terkadang masih ada beberapa masalah. contohnya, Menunggu download di Play Store Unduhan lama atau unduhan gagal.

sebenarnya, Mengapa saya tidak bisa download di Play Store? Akan ada banyak alasan mengapa tidak dapat didownload di Play Store. Masalahnya ga bisa di download di play store. Yaitu:

  1. Jaringan internet terputus atau diblokir.
  2. penyimpanan smartphone penuh.
  3. Cache data terlalu penuh.
  4. Terdapat banyak aplikasi yang tidak berguna dan tidak perlu di smartphone.
  5. Ada pesan kesalahan saat masuk ke perangkat. Contohnya, notif kesalahan 491 dan pesan kesalahan 403.
  6. Ada masalah dengan pengaturan Google Play Store.
  7. Handpone tidak cocok bahkan tidak mendukung aplikasi yang ingin Anda unduh.
  8. Ponsel mengalami beberapa masalah.
  9. Layanan Google Play mengalami masalah.
  10. Diluar dari beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa menginstal aplikasi di Play Store di atas, masih ada banyak alasan mengapa Anda tidak bisa download aplikasi di Play Store. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa langkah untuk mengatasi masalah yang tidak bisa didownload oleh Play Store.
Lihat Juga :   Samsung Merilis Aplikasi Smartwatch Untuk Mengingatkan Pengguna Agar Mencuci Tangan

Cara yang kamu gunakan bisa bermacam-macam tergantung kenapa kamu tidak bisa mendownloadnya di Play Store. Anda dapat Satu penyebab tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store adalah terdapat pada pengaturan jaringan di Google Play Store. Kmilih salah satu cara yang paling cocok untuk mengatasi masalah tidak dapat download aplikasi di Play Store.

Mengapa tidak Bisa Download di Play Store?

sesudah mengetahui berbagai alasan Tidak Bisa Download di Play Store Android, Dan Anda perlu mengetahui informasi tentang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Bagaimana Anda menyelesaikannya?

Berikut beberapa cara mengatasi Why Can’t Download di Play Store adalah:

1. Periksa pengaturan jaringan di Play Store

penyebab tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store adalah kesalahan pada pengaturan jaringan di Google Play Store. Ketika pengaturan jaringan Google Play Store diatur ke “Wi-Fi saja”, Anda tidak dapat akan Mendownload aplikasi ke Play Store melalui jaringan Internet biasa.

Anda perlu menggunakan jaringan Wi-Fi atau hotspot untuk download aplikasi di Google Play Store.

Terus bagaimana cara mengubah pengaturan tersebut? Anda bisa mengubah pengaturan jaringan di Google Play Store. Tujuannya tentu saja untuk download aplikasi dari Google Play Store menggunakan jaringan internet standar bahkan koneksi data.

2. Periksa koneksi jaringan internet

Mengunduh atau mendownload di Play Store sudah pasti membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet lambat bahkan unduhan aplikasi di Play Store lambat atau berhasil.

Jadi saat Anda mendownload aplikasi di Play Store, Anda harus terlebih dahulu mengecek jaringan internet di smartphone Anda. Pastikan koneksi internet Anda kencang, sehingga dapat digunakan untuk mendownload aplikasi lebih cepat.

Apabila koneksi Internet di sana terlalu buruk atau terlalu lambat, Anda mungkin harus beralih ke jaringan Internet yang lebih baik.

Apabila Anda memiliki dua kartu SIM dengan penyedia koneksi Internet yang berbeda, bisa kamu alihkan jaringan Internet Anda ke penyedia layanan Internet lainnya. Pastikan Anda juga memiliki kuota internet yang cukup untuk mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Pasti juga, mengunduh aplikasi dari Play Store bisa dimungkinkan menggunakan Wi-Fi atau Hotspot. Harus pastikan jaringan WI-Fi atau Hotspot yang Anda gunakan memiliki koneksi internet yang cepat.

Lihat Juga :   Perkenalkan Sabrina, Dongle TV Android Baru Dari Google

3. Hapus cache di semua aplikasi

sebagian besar pengguna smartphone mengenai cache yang tersimpan di ponsel mereka. Cache dibiarkan disimpan dalam waktu lama bahkan mungkin tidak bisa mengunduh aplikasi Google Play Store yang tidak akan pernah dihapus.

Sudah tentu saja karena cache mereka mengisi memori ponsel dan ponsel berjalan lambat. Ini berarti ponsel tidak akan memiliki cukup ruang untuk aplikasi baru yang ingin Anda unduh dari Google Play Store.

Solusinya ialah segera hapus cache yang tersimpan di smarphone. Cache yang dihapus harus berasal dari semua aplikasi di ponsel agar ruang penyimpanan bisa dipulihkan.

Berikut cara menghapus cache semua aplikasi di ponsel Anda.

  1. Buka telepon dan buka bagian “Pengaturan” untuk membuka “Pengaturan Lainnya”.
    Kemudian pilih bagian “Hapus Penyimpanan”.
    Anda kemudian dapat menghapus cache atau file yang tidak diinginkan di semua aplikasi sekaligus.
    Cara lain untuk menghapus cache semua aplikasi
  2. Buka telepon dan buka bagian “Manajer File” untuk memilih bagian “Hapus Memori”.
    Kemudian pilih “Semua Data Cache Aplikasi” dan centang semua aplikasi yang ingin Anda hapus cache.
    Kemudian cukup klik opsi “Batal” di bawah ini.
    Anda sebenarnya dapat menghapus cache satu per satu di semua aplikasi, tetapi metode ini kurang efektif. Oleh karena itu, yang terbaik adalah segera menghapus semua aplikasi di ponsel Anda agar memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh aplikasi baru.

Anda dapat mencoba download aplikasi baru melalui Google Play Store segera setelah semua cache aplikasi dihapus.

4. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Ada banyak sekali aplikasi yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Tidak heran Anda mengunduh begitu banyak aplikasi menarik dan berguna di ponsel cerdas Anda. Namun, ada banyak aplikasi di smartphone untuk mengisi ruang penyimpanan.

Saat ruang penyimpanan penuh, Anda tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh aplikasi penting lainnya. Ya. Mengapa saya tidak bisa mengunduhnya di Play Store? Alasan lain Google Play Store tidak digunakan untuk mengunduh aplikasi adalah karena memiliki banyak ruang penyimpanan.

Apa solusinya? Anda masih dapat memilih kembali aplikasi yang Anda gunakan dan yang tidak Anda inginkan. Setelah itu, repositori hanya menghapus aplikasi yang tidak digunakan untuk mengunduh aplikasi baru.

Berikut cara mematikan aplikasi di smartphone Anda.

Lihat Juga :   Situs Jual Beli Motor Bekas Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Buka bagian “Pengaturan” untuk mengakses bagian “Manajemen Aplikasi”.
Pilih aplikasi yang akan dihapus. Pastikan aplikasi tidak lagi dibutuhkan dan digunakan kembali.
Setelah itu, klik saja bagian “Uninstall” agar aplikasi tersebut langsung terhapus dari smartphone Anda.
Anda mungkin perlu menghapus lebih dari satu aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Jumlah aplikasi yang perlu dihapus tergantung pada ukuran aplikasi baru yang ingin Anda unduh.

5. Hapus proxy

Alasan lain mengapa aplikasi Play Store tidak digunakan untuk mengunduh adalah pesan kesalahan 491, kesalahan 403 dan berbagai pesan kesalahan. Apa yang harus dilakukan ketika pesan kesalahan diterima?

Anda dapat menghapus proxy untuk menyelesaikan masalah. Berikut cara mengatasi masalah tidak bisa download di play store dengan pro-

  1. Buka pengaturan ponsel cerdas Anda untuk memilih Dual SIM & Jaringan Seluler.
  2. Setelah itu, Anda perlu membuka pengaturan koneksi pada kartu SIM yang digunakan, misalnya SIM1.
  3. Kemudian pilih nama “access point” yang akan digunakan, misalnya “Indosat-SNS”.
  4. Anda kemudian dapat segera menghapus bagian proxy dan port.
  5. Selesai menghapus proxy, pastikan Anda memilih “Simpan”.
  6. Setelah menghapus proxy, Anda dapat membuka kembali Google Play Store untuk mencoba mengunduh kembali aplikasi yang diinginkan.

6. Menambah Kapasitas Penyimpanan

Penyebab yang umum dari ponsel tidak bisa mengunduh aplikasi adalah ruang penyimpanan atau memori penyimpanan yang terlalu penuh. Perbaikan bisa dilakukan dengan menghapus semua cache aplikasi seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan atau tidak lagi digunakan dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, bagaimana jika semua aplikasi tersebut masih sangat dibutuhkan?

Solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambah kapasitas ruang penyimpanan. Anda dapat mengganti kartu microSD dengan kartu microSD baru yang berkapasitas lebih besar. Namun, jika ponsel Anda memiliki dua slot kartu microSD, maka Anda hanya perlu menambahkan kartu microSD baru.

Mengapa tidak bisa download di Play Store? Ada banyak alasan mengapa Google Play Store tidak dapat digunakan untuk download aplikasi. Masing-masing penyebab tersebut dapat langsung diatasi dengan cara yang tepat untuk menghadapinya.