Emulator iOS Paling Ringan & Terbaik 2022

Posted on

Emulator iOS – Mahalnya perangkat Apple memang belum bisa dinikmati semua kalangan. Tapi ada solusi untuk masalah yang satu ini. Yaitu dengan menggunakan emulator iOS. Meski tidak sebanyak emulator android, ada beberapa emulator terbaik untuk iOS yang bisa dijalankan untuk PC.

Emulator iOS sendiri merupakan emulator yang dapat digunakan untuk menjalankan sistem iOS di sistem operasi lain seperti Windows. Emulator ini biasanya digunakan untuk menguji aplikasi atau program iOS sebelum dirilis. Buat kamu yang ingin mencoba, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi emulator.

Daftar Emulator iOS Paling

Emulator iOS Paling Ringan & Terbaik 2022

1. Emulator iOS Appetize.io

Daftar emulator ios

Appetize.io adalah kami yang paling direkomendasikan dalam daftar ini. Karena emulator iOS ini memiliki user experience yang paling mudah. Apalagi jika Anda pernah menggunakan perangkat iOS sebelumnya, maka tidak perlu beradaptasi terlalu lama.

Konsepnya juga sangat unik. Anda tidak perlu memperhatikan spesifikasi yang tinggi seperti saat menggunakan emulator android seperti Bluestack. Ini karena Appetize.io adalah emulator berbasis web. Jadi, untuk Menggunakan Anda hanya perlu mengunjungi web.

2. Ripple

Emulator untuk iOS sedikit berbeda dengan emulator android. Jika kita mengenal emulator Android sebagai perangkat lunak lengkap yang harus diinstal pada sistem operasi, maka emulator untuk iOS hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Ripple.

Ripple sendiri merupakan Ap yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi iOS dengan menggunakan konsep ekstensi Chrome. Daripada harus menginstalnya di sistem, Anda hanya perlu mengunduhnya dari ekstensi browser.

Ripple adalah emulator untuk iOS yang lebih untuk pengembang. Terutama bagi Anda yang aktif bekerja dengan Flutter atau aplikasi multiplatform dan HTML5. Karena emulator ini dilengkapi dengan banyak fitur developer tools.

Lihat Juga :   Download MiChat Mod Apk Unlimited Bottle No Blokir Versi Terbaru

Fitur Ripple yang dapat digunakan untuk pengembangan termasuk Pengujian Otomatis, Pemeriksaan DOM HTML untuk men-debug struktur DOM HTML Anda, dan Debugging JS yang sangat berguna untuk menemukan bug dalam kode Javascript.

3. TestFlight

TestFlight adalah emulator iOS yang sama dengan Xcode dalam hal kepemilikan. Ya, TestFlight adalah emulator yang kini dimiliki oleh Apple dan hanya bisa dijalankan di perangkat Mac. Emulator ini sering digunakan untuk melakukan pengujian beta pada aplikasi iOS yang dikodekan menggunakan Xamarin.

Emulator ini dapat digunakan secara bebas karena gratis dan dapat diunduh langsung dari App Store. Di sini, Anda dapat menguji aplikasi yang akan berjalan di watchOS, iOS, iMessage, dan tvOS.

Sayangnya, TestFlight memiliki beberapa kekurangan, yaitu sulit dan rumit untuk digunakan. Selain itu, Anda sebagai pengguna juga diharuskan untuk membuat Profil Penyediaan Distribusi App Store.

Namun jika Anda masih menggunakannya, pastikan Anda memenuhi spesifikasi minimum untuk menggunakan TestFlight, yaitu sistem operasi minimum iOS 8 (iPhone, iPod Touch, iPad). Ukuran emulator ini sendiri cukup kecil, hanya 39,3 MB

 4. Emulator iOS Xcode

Khusus untuk kamu yang menggunakan Mac, kamu bisa mencoba emulator ini. Xcode sendiri merupakan emulator yang hanya tersedia di Mac dan tidak akan berjalan di Windows. Hal ini dikarenakan Xcode merupakan emulator yang dirilis oleh Apple sendiri. Jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Melalui software ini, Apple memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mengembangkan aplikasi atau sistem yang akan dirilis untuk iOS, macOS, iPadOS, tvOS, dan watchOS. Untuk keperluan pengembangan ini, Xcode menyediakan banyak fitur pengujian.

Lihat Juga :   Cara Menggabungkan File PDF Pada Android Offline Tanpa Internet

Beberapa fitur pengujian yang akan sangat membantu dari Xcode antara lain rotasi layar, emulasi klik, scrolling tanpa akhir, dan banyak interaksi lainnya.

5. Electric Mobile Studio

Electric Mobile Studio adalah emulator iOS yang memiliki antarmuka pengguna yang cukup bagus. Sayangnya emulator ini berbayar. Tapi jangan khawatir, kalau mau dulu, mereka memberikan free trial selama 7 hari.

Karena berbayar, tentunya fitur yang disediakan lebih lengkap dan sangat bermanfaat bagi developer. Di sini, Anda akan mendapatkan fitur seperti emulasi nyata dari iPhone, iPad, aplikasi responsif yang dapat diluncurkan melalui browser web.

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan emulator iOS ini untuk PC di dua perangkat sekaligus. Emulator ini banyak dipilih oleh para developer, terutama yang menggunakan Windows 10 karena sistem integrasinya yang sangat baik.

Electric Mobile Studio dapat diintegrasikan dengan WebKit dan alat debugging di Chrome. Selain itu, emulator ini juga bisa langsung terintegrasi di perangkat iPhone menggunakan Microsoft Visual Studio.

Dengan fitur-fitur di atas, aktivitas pengembangan aplikasi atau perangkat lunak untuk perangkat iOS seharusnya lebih cepat dan kinerjanya lebih baik. Dukungan fitur dan integrasi yang cukup banyak memang sebanding dengan harga yang harus dibayar.

6. Remoted iOS Simulator

Remote iOS Simulator untuk Windows. Seperti yang bisa dibaca dari namanya, emulator ini cocok untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Windows. Software ini sendiri merupakan bagian dari Xamarin dalam program Microsoft Visual Studio.

Emulator untuk iOS ini tersedia secara gratis dan gratis untuk digunakan di PC Anda.Pada bagian atas software ini terdapat toolbar dengan menu-menu yang memudahkan pengguna seperti Lock, Home, Screenshot, dan Setting. Di bagian pengaturan, Anda dapat mengaktifkan fitur seperti Touch ID.

Lihat Juga :   Foto Render Ungkap Tampilan Samsung Galaxy A01 Core Kembali Bocor

Touch ID adalah fitur yang sangat menarik karena dapat mensimulasikan gerakan, statis, rotasi, goyangan, dan banyak lagi. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mengembangkan aplikasi dengan fitur serupa untuk perangkat iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melihat cara kerja aplikasi Anda dalam situasi di atas. Tentu saja, debugging akan lebih mudah karena sistem belum diuji pada perangkat nyata.

7. iPadian

iPadian Adalah Berbeda dengan emulator sebelumnya, iPadian merupakan emulator yang bisa digunakan secara bebas karena gratis. Emulator ini bisa dibilang salah satu emulator terbaik karena selain bisa digunakan di PC, juga bisa dijalankan di perangkat Android.

Selain dukungan perangkat yang luas, fitur dan tampilan iPadian juga membuat emulator iOS berkualitas sangat tinggi. Di sini Anda dapat menggunakan fitur asli iPhone seperti Siri, iMessage, WatchOS, atau tvOS.

Secara tampilan iPadian memiliki user interface yang sangat mirip dengan perangkat iPhone atau iPad. Jadi jika Anda sedang mengembangkan perangkat lunak untuk kedua perangkat ini, Anda dapat langsung melihat kompatibilitas perangkat lunak Anda di tata letak iPhone atau iPad secara real time.

Setiap emulator tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentukan pilihan Anda berdasarkan kebutuhan pengembangan aplikasi atau coba saja fitur-fiturnya. performance juga menggunakan emulator iOS berbayar jika dirasa sangat membutuhkan fitur yang lebih lengkap.

Artikel Lainnya :