Google Ajukan Paten Untuk Desain Smartphone Kamera Bawah Layar

Posted on

kinemaster.co.id – Beberapa waktu lalu, Google dikabarkan tengah mempersiapkan gelang pintar yang mirip dengan Amazon Halo. Sekarang sebuah laporan baru muncul, raksasa mesin pencari tersebut diketahui baru saja mengajukan paten untuk sebuah desain smartphone kamera bawah layar.

Paten tersebut diajukan oleh Google melalui USPTO (United States Patent and Trademark Office), yakni lembaga paten dan merek dagang milik Amerika Serikat. Bocoran ini pertama kali dipublikasikan oleh Petently Apple. Menurut publikasi tersebut, Google telah mengajukan setidaknya empat paten serupa dengan sedikit variasi di masing – masing desain.

Desain ponsel Google | Foto credit ©PatentlyMobile

Empat paten yang diajukan Google memiliki nomor : D903.618, D903.619, D903.620, dan D903.622. Ke empatnya memiliki satu kesamanaa, yakni sebuah desain smartphone tanpa kamera depan. Meski tidak nampak adanya modul kamera di bagian layar, pada gambar sketsa yang dibagikan tersebut nampak sebuah lubang speaker di bagian atas layar.

Menariknya lagi, gambar paten yang dibagikan tidak menampilkan modul untuk sensor finger print. Bahkan bagian belakang ponsel ini bersih, tidak nampak adanya modul pembaca sidik jari seperti kebanyakan perangkat Pixel. Mungkinkah Google memindahkan sensor tersebut di bawah layar?

Lihat Juga :   Layar Galaxy Note 20 Ultra Dilaporkan Mengalami Masalah Green Tint

Jika kita amati, desain ponsel ini sama persisi dengan Pixel 5 maupun Pixel 4a 5G. Dari ukuran body, penempatan tombol, hingga susunan modul kamera semua sama. Perbedaan hanya terlihat pada hilangnya modul kamera depan, speaker di bagian layar, dan penempatan lampu flash untuk kamera utamanya.

Kami tidak yakin apakah Google akan merealisasikan desain paten ini menjadi sebuah perangkat jadi dan diproduksi secara masal. Jika iya, ini akan menjadi smartphone kamera bawah layar pertama yang diluncurkan Google. Hingga saat ini, tidak ada laporan apapun mengenai smartphone terbaru yang sedang dikembangkan Google.

Menulis untuk mengisi waktu luang.