Google dan Qualcomm Janjikan Update OS Android Menjadi 4 Tahun, Tapi…

Posted on

kinemaster.co.id – Beberapa hari lalu, Google dan Qualcomm memberikan sebuah pengumuman prihal siklus update OS Android pada smartphone. Sebagian besar orang mengartikan bahwa pengumuman tersebut merupakan sinyal bahwa ke depan ‘pembaruan untuk OS Android akan menjadi 4 tahun’ dari yang sebelumnya hanya 3 tahun. Untuk memperjelas informasi tersebut, artikel ini akan sedikit meluruskan beberapa poin penting dari pengumuman tersebut.

Chipset Qualcomm Snapdragon 888 | Foto credit ©AndroidAuthority

Kesalahan bermula dari tajuk atau judul pengumuman yang dibuat oleh Google dan Qualcomm, dimana judul yang ditulis sedikit ‘ambigu’. Meski begitu, isi dari pengumuman tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Situs teknologi AndroidPolice telah merinci beberapa poin penting tersebut, dan menarik kesimpulan bahwa sebenarnya pengumuman terebut tidak benar – benar mengubah kondisi yang ada sekarang.

Sebelum lanjut ke bagian penting, ada baiknya Anda tahu bahwa perusahaan OEM seperti Goolge, Samsung, dan beberapa merek lainnya, saat ini hanya menjanjikan pembaruan OS Android selama tiga tahun untuk semua perangkat flagshipnya. Tidak lebih, dan tidak kurang!

Pengumuman yang dirilis oleh Google dan Qualcomm tersebut TIDAK merubah lamanya support tersebut. Sebaliknya, pengumuman tersebut pada dasarnya berisi renacan Qualcomm untuk menambahkan opsi tambahan untuk perusahaan OEM yang menjalin kerjasama dengan Qualcomm.

Lihat Juga :   Black Shark 4 Bawa Baterai 4.500mAh & Fitur Fastcharging 120W

Update 4 tahun merupakan opsi

Pasti Anda akan berfikir bahwa perangkat dengan chipset Qualcomm akan mendapat tambahan support selama satu tahun bukan? Sayangnya tidak demikian, karena di akhir pengumuman terebut dijelaskan bahwa hal tersebut TIDAK akan merubah durasi support yang diberikan oleh perusahaan OEM manapun. Ada dua poin utama yang perlu Anda ketahui dari pengumuman tersebut,

  • Qualcomm akan mendukung  tiga update OS Android untuk seluruh portofolio smartphone yang menggunakan platform miliknya, dimulai dengan Snapdragon 888 .
  • OEM ponsel cerdas kemungkinan sekarang DAPAT menawarkan  pembaruan keamanan Android selama empat tahun penuh  ke depannya (berdasarkan pembacaan pengumuman kami).
Table update Qualcomm x Google | Foto credit ©Androidpolice

Inti dari dua poin penting di atas adalah perangkat dengan chipset Qualcomm akan mendapat update OS Android selama tiga tahun langsung dari Qualcomm. Perusahaan OEM yang merilis perangkat tersebut dapat memberikan tambahan support selama satu tahun, JIKA MAU.

Google tawarkan update OS selama 4 tahun

Jadi bukan berarti seluruh perangkat Android dengan chipset Qualcomm akan mendapat pembaruan OS selama empat tahun, ingat hal tersebut cuma opsi yang ditawarkan. Untuk sekarang, baru Google yang mengumumkan akan memberikan update OS Android untuk lini smartphone Pixel-nya selama 48 bulan (4 tahun). Selain itu, Opsi ini juga hanya tersedia bagi perangkat yang berjalan menggunakan paltform Qualcomm Snapdragon 888 dan lebih baru.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.