Google Mulai Hentikan Dukungan VR Daydream di Android 11

Posted on

kinemaster.co.id – Google dikabarkan telah mematikan dukungan pada platform VR miliknya yang bernama Daydream. Informasi tersebut dibagikan melalui halaman dukungan, sekaligus menambah deretan daftar produk yang dimatikan Google tahun ini.

Pada halaman tersebut tertulis, “Aplikasi Dayderam tidak lagi didukung oleh Google dan mungkin tidak akan berfungsi dengan baik di beberapa perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 11 atau lebih baru”.

Artinya, perangkat yang semula mendukung platform Daydream akan kehilangan support jika sudah diupdate ke versi Android 11. Termasuk perangkat seperti Pixel 2 dan Pixel 3 jika telah melakukan update, otomatis tidak akan lagi mendukung layanan Daydream tersebut.

Bahkan Pixel 4 yang notabene baru saja dirilis pada tahun lalu, sudah sejak awal tidak membawa dukungan terhadap Google Dayderam. Hal ini semakin memperkuat kabar bahwa Google nampaknya memang serius mematikan aplikasi VR besutan-nya tersebut.

Lebih lanjut lagi Google juga menyebut, alikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi sama dengan layanan Daydream saat ini masih tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Hanya saja Google tidak menjamin mengenai kompabilitas antara software dan perangkat yang digunakan. Perlu diketahui, saat ini Google telah menghentikan penjualan perangkat Daydream ini di toko resmi mereka.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy S20 FE Dilaporkan Mengalami Masalah Pada Layar

Google bukan satu – satunya

Berbicara mengenai layanan VR, ternyata Google bukan satu – satunya perusahaan teknologi yang memutuskan untuk mematikan fitur ini.

Ada beberapa nama raksasa teknologi asal Cina yang sudah lebih dulu menutup layanan tersebut, salah satunya adalah Xiaomi yang baru saja menghentikan dukungan untuk platform VR buatannya. Padahal beberapa waktu lalu perusahaan ini sempat merilis perangkat VR cukup menarik bernama MI VR.

Tapi bagi anda yang masih ingin menikmati layanan ini, anda bisa mencoba untuk berpindah ke layanan Oculus milik Facebook. Layanan VR yang dikembangkan oleh raksasa sosial media tersebut saat ini masih terus eksis berkembang. Bahkan baru – baru ini saja perusahaan tersebut baru saja meluncurkan perangkat VR terbaru mereka bernama Oculuc Quest 2 yang dibanderol dengan harga sekitar $299.

Menulis untuk mengisi waktu luang.