Heboh Google Pixel 5a, Pixel 4a 5G, dan Pixel 5 Muncul di AOSP

Posted on

Google baru saja mengumumkan tanggal peluncuran untuk ponsel jagoan terbaru mereka, Google Pixel 4a. Ponsel ‘terjangkau’ dari Pixel series tersebut rencananya akan dirilis pada tanggal 3 Agustus besok. Uniknya jelang acara peluncuran tersebut, beredar perangkat dengan nama Pixel 5a yang disebut penerus dari Pixel 4a di daftar AOSP. Tidak hanya satu, ternyata ada beberapa perangkat yang sudah dipersiapkan oleh Google.

Jadwal peluncuran Pixel 4a memang sudah tertunda selama berbulan – bulan, tidak heran jika Google sudah selesai mempersiapkan generasi penerusnya. Perangkat yang muncul di halaman AOSP tersebut antara lain adalah, Google Pixel 5a, Pixel 4a 5G, dan Pixel 5. Tidak hanya menampilkan daftar ponsel baru, halam AOSP tersebut juga bersi tentang pemberitahuan tentang penghentian dukungan OS Android untuk perangkat Pixel 2 series yang akan berakhir pada Android 11.

Pixel 4a memang menjadi satu – satunya perangkat google yang paling bocor di tahun 2020 ini. Bayangkan saja, hampir semua spesifikasi perangkat ini dirilis ke publik sepanjang tahun 2020 ini (kecuali harganya). Ya maklum saja, akibat wabah pandemi COVID jadwal peluncuran ponsel ini ditunda selama berbulan – bulan.

Lihat Juga :   Gambar Render Honro 4 Play 5G Bocor di Weibo

Perangkat penerus Pixel 5a bisa jadi tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat, mengingat jadwal peluncuran Pixel 4a sudah terlalu mepet di penghujung tahun. Sementara untuk Pixel 4a dan Pixel 5, beredar rumor yang mengatakan jika keduanya akan memulai debut perdananya pada musim gugur tahun ini. Beberapa komentar di halaman AOSP menyebut keduanya akan datang dengan Android 11 sebagai sistem operasinya.

Dan yang terakhir, adalah pemberhentian dukungan Google terhadap perangkat Pixel 2 series. Google berencana menghentikan dukungan untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL di Android 11 mendatang. Keduanya dirilis pertama kali dengan menggunakan Android 9.0 Oreo, dan akan mendapat update OS yang ketiga kalinya di Android versi 11 mendatang.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.