Huawei Mate 40 Pro Akan Menggunakan Chipset Baru Dengan Fabrikasi 5nm

Posted on

Penerus seri flagship Huawei Mate series direncanakan akan meluncur sekitar bulan September mendatang. Beberapa waktu lalu sempat beredar rumor yang menyebutkan, ponsel flagship terbaru Huawei tersebut nantinya akan dibekali chipset kirin 1020 SoC.

Namun sepertinya informasi tersebut keliru, baru – baru ini muncul bocoran yang menyebut penerus dari Mate series ini akan menggunakan kirin 1000 SoC, bukan kirin 1020 SoC. Yang mana prosesor baru tersebut merupakan prosesor dengan fabrikasi 5nm pertama milik Huawei.

Informasi tersebut berasal dari sebuah akun twitter bernama @RODENT950. Akun yang kerap membocorkan informasi mengenai ponsel baru tersebut mengatakan, Huawei Mate 40 Pro akan dibekali chipset kirin 1000 SoC yang merupakan hasil produksi dari TSMC. Lebih lanjut, dia menyebutkan prosesor tersebut akan dibuat dengan fabrikasi 5nm dan penamaan ini diambil sesuai dengan urutan prosesor paling tinggi milik Huawei sebelumnya, yakni kirin 990.

Lihat Juga :   Ponsel Xiaomi Berkamera 108MP Mulai Debut 24 Oktober Mendatang

Menariknya, informasi ini muncul setelah kabar mengenai terhentinya pasokan chipset TSMC untuk Huawei akibat kebijakan pemerintah AS. Meskipun bisa jadi, huawei telah memesan chipset tersebut jauh sebelum kebijakan diberlakukan.

Sayangnya informasi mengenai spesifikasi detail chipset terbaru tersebut tidak diketahui. Sejauh ini informasi yang beredar hanya menyebutkan jika kirin 1000 SoC akan menggunakan inti Cortex-A76, namun informasi tersebut tetap belum bisa dipastikan kebenarannya.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.