Huawei Menghapus Seluruh Game Tencent Dari Toko Aplikasinya

Posted on

kinemaster.co.id – Tencent baru saja mengkonfirmasi bahwa Huawei telah menghapus seluruh katalog game online besutannya dari toko aplikasi resmi perusahaannya. Menurut keterangan yang dibagikan Tencent, hal ini terjadi lantaran gagalnya kesepakatan prihal pembagian pendapatan antara keduanya.

Kabar ini tentu menjadi pukulan telak bagi Tencent, terutama jika menyangkut besarnya kerugian yang bakal di derita perusahaan. Meskipun perusahaan ini memiliki sejumlah seri game paling laris di dunia, Huawei merupakan salah satu pangsa pasar terbesar miliknya.

Huawei Menghapus Seluruh Game Tencent Dari Toko Aplikasinya
Kantor Tencent | Foto credit ©YichaiGlobal

Meskipun banyak kalangan yang menyebut Xiaomi sebagai Apple China, kenyataan yang sebenarnya Huawei’lah perusahaan yang bisa disebut sebanding dengan Apple di Cina untuk urusan pendapatan dan pangsa pasar. Menurut data IDC dan Canalys, Huawei saat ini menguasai setidaknya 41,4% pasar ponsel di Cina, dan 14,9% pasar ponsel global.

Dengan dihapusnya game Tencent dari toko aplikasi Huawei, ini sama saja dengan Tencent kehilangan ratusan juta pelanggan setianya. Tidak bisa dipungkiri, pasar terbesar Tencent ada pada negara asalnya, yang kebanyakan merupakan pengguna perangkat Huawei.

Lihat Juga :   Update Call of Duty Mobile : 4 Area Baru, 1 Peta Baru, & 15 Senjata Baru

Masalah pembagian hasil

Menurut salah seorang sumber yang mengetahui akar permasalahan ini, penyebab Huawei menghapus daftar game Tencent dari toko aplikasinya adalah akibat gagalnya kesepakatan antara kedua belah pihak. Huawei dilaporkan meminta potongan penjualan hingga 50% kepada Tencent, yang sudah pasti langsung ditolak oleh perusahaan.

PUBG Mobile game paling populer Tencent | Foto credit ©Tencent

Tencent sendiri disebut tengah menjalin komunikasi aktif dengan divisi terkait agar permasalahan ini segera selesai. Pihaknya juga meminta maaf kepada penggemar atas ketidaknyamanan ini, dan berjanji akan sesegera mungkin mengatasi persoalan yang terjadi.

Bukan yang pertama kali

Game genshin Impact | Foto credit ©mihoyo

Selain dengan Tencent, masalah pembagian hasil yang melibatkan Huawei dengan pengembang game juga sempat terjadi beberapa waktu lalu. Adalah Mihoyo, pengembang game populer Genshin Impact ini juga dikabarkan gagal menjalin kesepakatan dengan Huawei beberapa waktu lalu. Akibatnya, tidak ada game Genshin Impact di toko aplikasi milik Huawei hingga sekarang.

Perselisihan ini juga mengingatkan keruwetan antara Apple dan Epic Games yang membuat Apple menghapus Fortnite dan judul Epic Games lainnya dari App store. Akar masalahnya juga sama, yakni tidak sepakat dengan sistem bagi hasil antara keduanya.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.