Intip Detail Spesifikasi Snapdragon 888, Chipset Mobile Terkencang Saat Ini

Posted on

kinemaster.co.id – Qualcomm baru saja merilis chipset performa tinggi terbarunya bernama Snapdragon 888. Chipset tersebut menjadi penerus dari seri Snapdragon 865 SoC yang telah dirilis tahun lalu. Lalu apa saja kelebihan dari chipset terbaru Qualcomm ini? Berikut rangkuman-nya.

Snapdragon 888 merupakan chipset Octa-Core yang dibuat dengan fabrikasi 5nm. Chipset ini tersusun dari satu ARM Cortex-X1 dengan clock speed 2,84 GHz, tiga Cortex-A78 dengan clock speed 2,4 GHz, serta empat CPU berdaya rendah Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Peningkatan peforma

Dibandingkan pendahulunya (SD865), Snapdragon 888 menjanjikan peningkatan kinerja hingga 25%. GPU Adreno 660 yang ditandem juga disebut megalami peningkatan hingga 35% dibanding generasi sebelumnya. Menariknya lagi, chipset terbaru dari Qualcomm ini disebut mendukung RAM hingga kapasitas 16 GB dengan jenis LPPDR5 3.200 MHz, serta penyimpanan internal bertipe UFS 3.1.

Untuk pemrosesan AI, Snapdragon 888 didukung menggunakan mesin Qualcomm generasi ke 6 dengan Hexagon 780 DSP terbaru. Qualcomm menyebut, akselerator saklar pada SD888 sekarang 50% lebih bertenaga, serta akselerator tensor meningkat hingga 200% dibanding generasi sebelumnya. Unit pemrosesan vektor pada chipset ini juga menghadirkan teknologi baru, yakni dengan mengabungkan-nya bersama Hexagon 780 DSP dengan dukungan shared AI memori 16x. Oleh karena itu, Qualcomm menyebut chipset ini memiliki arsitektur akselerator AI yang menyatu.

Lihat Juga :   Ponsel Misterius Xiaomi Dengan Nomor Model M2007J17C Menerima Sertifikasi Jaringan

Menurut Qualcomm, Hexagon 780 DSP menawarkan kinerja AI hingga 26 TOPS. Serta menghadirkan peningkatan kinerja hingga 3 kali lipat di setiap watt-nya. Ditambah dukungan Sensing Hub generasi ke 2 berdaya rendah yang berguna untuk membantu proses AI dalam menangani berbagai tugas background sistem.

Koneksi super ngebut

Modem Snapdragon X60 5G menjanjikan kecepatan download puncak hingga 7,5 Gbps, dan kecepatan unggah puncak 3 Gbps pada jaringan 5G. Modem ini juga sudah mendukung jaringan mmWave dan sub-6GHz 5G terbaru, jaringan SA / NSA 5G, jaringan FDD dan TDD. Juga termasuk dukungngan untu Wi-Fi 6E, NFC, dan Bluetooth 5.2, sistem GPS Beidou, Galileo, GLONASS, GNSS frekuensi ganda, NavIC, NavIC diaktifkan, GPS, GNSS, QZSS, dan SBAS.

Fitur kamera melimpah

Untuk keperluan foto dan videografi, Snapdragon 888 bakal ditenagai menggunakan engine Qualcomm Spectra 580 ISP yang mampu merekam dari tiga sumber berbeda secara simultan menggunakan format HDR 4K. Mesin tersebut mendukung konfigurasi single kamera dengan resolusi 200MP, dual kamera hingga 64MP, serta tiga kamera dengan resolusi maksimal 28MP. Fitur yang ditawarkan juga terbilang sangat lengkap, seperti foto dengan kedalaman warna hingga 10 bit, mampu mengambil 120 gambar dengan resolusi 12MP dalam 1 detik, hingga merekam video dalam format 4K 120 fps.

Lihat Juga :   Redmi Note 6 Pro Mulai Terima Pembaruan MIUI 12

Ponsel yang ditenagai menggunakan SD888 akan mendukung resolusi maksimum layar 4K 60Hz, dan resolsui Quad HD+ pada 144Hz. Untuk keperluan gaming, Qualcomm juga menawarkan sebuah teknologi bernama Snapdragon Elite Gaming dengan fitur Game Quick Touch yang dapat mengurangi latensi respons sentuh. Ditambah sebuah fitur bernama Variable Rate Shading (VRS) yang dapat meningkatkan rendering game hingga 30 persen.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.