Kenapa Kita Harus Menggunakan Anti Virus di Ponsel Android

Posted on

kinemaster.co.id – Perkembangan teknologi saat ini tumbuh dengan cepat. Bayangkan saja, hanya dengan menggunakan sebuah ponsel saat ini kita hampir bisa melakukan apa saja. Namun seiring dengan perkembangan tersebut, muncul juga berbagai ancaman yang menghantui pengguna ponsel pintar. Untuk itu, peran pengaman tambahan seperti Anti Virus sangat dibutuhkan.

Kenapa kita membutuhkan Anti Virus untuk ponsel?

Pertanyaan ini mungkin sering kali ditanyakan oleh sebagain besar pengguna smartphone di seluruh dunia. Sekedar informasi, setiap 10 detik muncul satu malware baru yang mengancam perangkat pintar bersistem operasi Android di seluruh dunia. Forbes sendiri pernah mencatat, setidaknya terdapat 28 juta perangkat Android yang memiliki resiko terjangkit malware.

Foto ilustrasi malware android | Foto credit ©TechRadar

Kondisi tersebut tentu akan sangat berbahaya, terutama bagi anda yang menyimpan beberapa data penting seperti nomor kartu kredit, atau nomor akun bank. Orang – orang tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan celah tersebut untuk mencuri data pribadi anda.

Google sendiri tahu betul akan resiko keamanan ini. Untuk itu, perusahaan tersebut sangat rajin merilis pembaruan keamanan bulanan untuk jajaran produk ponselnya seperti Google Pixel series dan Android One. Beberapa merek OEM juga mulai berbenah, cukup banyak dari beberapa merek ponsel terkenal yang saat ini cukup rajin meluncurkan pembaruan keamanan untuk setiap produk yang diluncurkan-nya.

Lihat Juga :   Xiaomi Menjelaskan Teknologi di Balik Desain Transparan Mi TV Lux

Aplikasi Anti virus sendiri sangat efektif untuk beberapa model ponsel yang sudah tidak mendapat update patch keamanan dari perusahaan manufaktur-nya. Tapi bukan berarti ponsel yang sudah sering mendapatkan update keamanan setiap bulan tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi ini, sekedar untuk keamanan tambahan kenapa tidak?

Android sangat aman, tidak mungkin terkena virus!

Kami juga setuju untuk menyebut Android aman, mengingat Google sendiri terus merilis berbagai pembaruan fitur dan keamanan di versi terbaru setiap tahunnya. Tapi pertanyaan-nya, bertahan sampai kapan?

Di bawah ini merupakan tabel jumlah peningkatan malware Android setiap tahun-nya yang dikumpulkan ole G-Data. Kalian bisa melihat sendiri betapa banyaknya jenis malware baru yang muncul setiap tahunnya, dan mengintai seluruh pengguna ponsel dengan sistem operasi Android.

Kenapa Kita Harus Menggunakan Anti Virus di Ponsel Android
Tabel serangan malware Android | Foto credit ©GData

Ya pada akhirnya kita kembalikan lagi pada user itu sendiri. Penting atau tidak, menjaga privasi diri sendiri merupakan tindakan penting untuk masa sekarang ini. Selain bertujuan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, kita tentu merasa lebih aman jika privasi kita terlindungi dengan baik.

Menulis untuk mengisi waktu luang.