Langganan Google Play Pass Sekarang Tersedia Di 24 Negara

Posted on

kinemaster.co.id – Pada bulan September tahun lalu, Google secara resmi meluncurkan layanan Google Play Pass di AS. Kabar baiknya, pada acara Launch Night In beberapa waktu lalu Google telah mengumumkan akan memperluas layanan miliknya ini ke sejumlah negara.

Google Play Pass merupakan layanan berlangganan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih dari 350 aplikasi tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Selain itu, Google juga menyebut akan semakin banyak aplikasi yang akan tergabung pada layanan ini kedepan-nya.

Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk membagikan akses ke lima anggota keluarga lainnya. Caranya cukup dengan mengaktifkan opsi koleksi keluarga, dan mendaftarkan hingga lima orang nama dalam satu keluarga. Seperti aplikasi sharing lainnya, nantinya setiap anggota dapat mengakses layanan Play Pass secara mandiri.

Google memperluas Play Pass ke 24 negara baru

Untuk sekarang layanan baru bisa diakses di beberapa negara saja. Termasuk AS, dan 24 negara lainnya yang baru saja ditambahkan oleh Google. Antara lain, Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Yunani, Hongaria, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, dan Swedia.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy S21 Ultra Akan Dibekali Kamera Berukuran 108MP

Google sendiri memperkenalkan layanan Play Pass tepat setelah Apple meluncurkan program Apple Arkade, sebuah layanan langganan bulanan untuk game eksklusif. Namun, fungsi inti Play Pass sama sekali berbeda dari Apple Arkade. Tidak seperti Apple, Google tidak menawarkan konten eksklusif apa pun untuk pengguna Play Pass.

Biaya berlangganan terjangkau

Biaya berlangganan Google Play Pass sangat terjangkau. Di Eropa, biaya berlangganan untuk layanan ini sekitar € 4,99 (Rp 80 ribuan) perbulan, atau sekitar € 29,99 (Rp 500 ribuan) pertahun. Selain itu, Google juga memberikan akses uji coba gratis selama satu bulan bagi pelanggan baru.

Salah satu keuntungan bagi pengguna layanan Play Pass adalah pengalaman aplikasi freemium yang bebas iklan. Biasanya aplikasi semacam ini dimuat dengan beberapa iklan yang terkadang cukup menganggu. Tapi perlu di ingat, layanan ini tidak menjangkau game yang menerapkan sistem pembelian in game.

Beberapa game populer yang tersedia di katalog Play Pass antara lain : Monument Valley 2, LIMBO, Star Wars: KOTOR, Sesame Street Alphabet Kitchen, Shadow Fight 2 Special Edition, dan Sonic the Hedgehog Classic.

Lihat Juga :   Vivo Segera Luncurkan Lini Vivo S Series Baru Bulan Depan

Sayangnya, untuk mengetahui apakah game atau aplikasi masuk ke dalam layanan Play Pass untuk saat ini cukup sulit. Pengguna hanya bisa mengandalkan logo tiket di daftar Play Store dari aplikasi atau game untuk meng-konfirmasi bahwa itu adalah bagian dari layanan berlangganan. Google Play Pass awalnya eksklusif untuk pasar AS. Pada Juli ini, ketersediaan juga diperluas ke Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Selandia Baru, Spanyol, dan Inggris.

Menulis untuk mengisi waktu luang.