MediaTek Dimensity 800U, Chipset Mid-Range Dengan Dukungan 5G

Posted on

kinemaster.co.id – MediaTek baru saja meluncurkan chipset kelas menengah dengan kemampuan 5G bernama Dimensity 800U. Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 7nm, sama dengan beberapa seri Dimensity SoC lainnya seperti Dimensity 720 , Dimensity 820 , Dimensity 800 , Dimensity 1000+,  dan Dimensity 1000.

Chipset MediaTek Dimensity 800U memiliki 8 buah inti (octa core). Yang mana terdiri dari dua core ARM Cortex-A76 2.4 GHz dan enam core Cortex-A55 2.0GHz. Untuk menangani kebutuhan grafis, chipset ini bakal didukung oleh GPU Mali-G57 ARM yang dilengkapi dengan unit pemrosesan AI (APU) independen.

Modem 5G yang digunakan Dimensity 800U mendukung jaringan 5G + 5G, Dual-SIM dual standby, dual VoNR (Voice over New Radio), jaringan sub-6GHz NSA / SA, dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA). Di dalamnya juga terdapat teknologi MediaTek 5G UltraSave onboard. Fitur ini dapat mengelola pengoperasian modem berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data.

Platform chipset ini mendukung RAM berjenis LPDDR4x (2133MHz), serta penyimpanan internal bertipe UFS 2.2. Dimensity 800U juga mendukung layar Full HD+ dengan refresh rate maksimal 120Hz. Untuk pengalaman visual yang lebih baik, chipset ini juga mendukung sejumlah fitur seperti HDR10 + dan mesin MiraVision PQ MediaTek dengan pengoptimalan HDR untuk berbagai jenis tampilan video.

Lihat Juga :   Google dan Qualcomm Janjikan Update OS Android Menjadi 4 Tahun, Tapi…

Dimensity 800U mendukung penggunaan sensor gambar hingga ukuran maksimal sebesar 64MP, dan support sampai dengan empat buah lensa. Fitur cerdas lain yang turut hadir pada chipset ini adalah dapat mengenali beberapa perintah khusus dari berbagai asisten virtual.

MediTek menyebut Dimensity 800U memiliki kinerja CPU 11% lebih baik, dan GPU 28 lebih cepat dibanding dengan pendahulunya Dimensity 720. Adopsi chipset ini untuk sementara masih terbatas untuk produk dalam negeri (Tiongkok). Sementara untuk pasa global, perusahaan menyebut kemungkinan besar ponsel dengan chipset ini baru tersedia pada Q3 tahun ini. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai perangkat mana yang akan menggunakan chipset ini untuk pertama kalinya.

Menulis untuk mengisi waktu luang.