Memilih Smartphone Android di Tahun 2020

Posted on

Membeli sebuah smartphone memang terkadang menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang, apalagi anda termasuk orang yang sangat teliti soal spesifikasi. Bisa jadi anda akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan spesifikasi yang ditawarkan oleh beberapa produsen smartphone dengan harga yang sangat kompetitif.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli sebuah smartphone. Mulai dari spesifikasi yang diusung, merek, hingga harga yang ditawarkan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi memilih smartphone ideal untuk tahun ini, silahkan disimak.

Layar

Layar Android
Gambar : futurecdn

Memilih besar layar smartphone agaknya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Perlu di ingat, besar layar akan menentukan kenyamanan anda dalam penggunaan sehari – hari. Untuk tahun ini sepertinya layar 5″ inci menjadi ukuran minimal paling ideal untuk sebuah smartphone. Selain nyaman di operasikan menggunakan satu tangan ukuran layar kurang dari 6″ inci membuat tampilan ponsel tidak terlihat terlalu bongsor.

RAM

RAM Android
Gambar : cfamedia

Kapasitas RAM menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian orang memilih smartphone. Ada sebuah mitos yang mengatakan ‘besarnya RAM mempengaruhi kecepatan sebuah handphone‘, nampaknya terlanjur menyebar dan menjadi patokan sebuah spesifikasi ponsel pintar oleh kebanyakan orang.

Lihat Juga :   8 Tips Mengatasi Baterai Boros di One UI Ponsel Samsung

Padahal cepat tidaknya sebuah smartphone dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari chipset yang digunakan, aplikasi yang terinstall, dan juga UI yang digunakan. Ukuran RAM 4 GB nampaknya menjadi batas minimal untuk tahun ini, cukup banyak devloper yang melakukan update aplikasi dengan dibarengi kebutuhan resource RAM yang terus meningkat.

Prosesor

Chipset Android
Gambar : thumbor

Komponen satu ini bisa dikatakan salah satu bagian yang sangat berpengaruh soal kecepatan sebuah smartphone, lewat komponen ini lah semua perintah yang kita berikan di eksekusi oleh sistem. Prosesor berjenis Quadcore nampaknya menjadi batas minimal agar anda tetap dapat mendapat pengalaman menyenangkan dalam menggunakan ponsel pintar.

Kamera

Kamera android
Gambar : dxomark

Perlu dicatat, besarnya sebuah piksel kamera, bukan menjadi tolak ukur utama soal kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera berkualitas harusnya terlebih dahulu dilihat dari kualitas sensor yang digunakan, spesifikasi lensa, dan baru lah ukuran piksel. Jangan lupa, software pengolah gambar juga cukup berpengaruh lo.

Di tahun ini kamera dengan resolusi 8MP untuk kamera utama serta 5MP untuk kamera depan menjadi salah satu standar batas minimal sebuah smartphone masa kini.

Lihat Juga :   Cara Mudah Atasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti Pada Android

Baterai

Baterai android
Gambar : ifixit

Masalah utama smartphone saat ini salah satunya adalah konsumsi baterai, agaknya anda memilih baterai yang memiliki kapasitas besar sangat kami rekomendasikan. Sekarang sudah banyak beredar ponsel dengan baterai mencapai 5000 mAh, dan dijual dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa tips membeli sebuah smartphone android di tahun ini. Jika kalian memiliki opini lain, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.