Mengatasi NFC Tidak Berfungsi Pada Sony Xperia Z1

Posted on

Dewasa ini NFC menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah smartphone, koneksi nirkabel yang tergolong baru tersebut menawarkan berbagai kelebihan seperti transfer data hingga melakukan beberapa aktifitas perbankan (pembayaraan elektronik).

Dengan beberapa kelebihan tersebut bukan berarti NFC minim masalah, beberapa perangkat pintar ber NFC sering mengalami sedikit problem yang sebenarnya sepele. Beberapa waktu lalu kami menemui masalah dengan NFC pada salah satu perangkat keluaran SONY yakni Xperia Z1, setelah mencari tahu ternyata masalah tersebut muncul hanya dikarenakan back cover perangkat kami kotor pada bagian dalam.

Untuk kalian yang mungkin mengalami masalah sama dengan kami, bisa dicoba cara berikut ini :
  1. Siapkan penghapus pensil, tisue atau lap halus.
  2. Buka back cover menggunakan obeng.
  3. Periksa apakah bagian dalam back cover kotor, jika terdapat kotoran silahkan dibersihkan.
  4. Gosok cover belakang menggunakan penghapus pensil dari karet.
  5. Kemudian pasang kembali cover belakang, dan coba kembali gunakan NFC.
Jika masalah diatas masih belum berhasil, coba beberapa panduan dari SONY berikut ini :
  • Periksa apakah NFC sudah diaktifkan (Masuk ke beranda > Setelan > Selengkapnya > NFC).
  • Letakkan kedua perangkat berdampingan sehingga area deteksi NFC masuk dalam jangkauan pemindaian. Ketika perangkat disambungkan menggunakan NFC, kedua perangkat bergetar dan transfer file dimulai.
  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Album atau aplikasi lain yang mendukung transfer file NFC saat Anda mentransfer foto dan video ke perangkat lainnya.
  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Musik atau aplikasi lain yang mendukung transfer file NFC saat Anda mentransfer musik ke perangkat lainnya.
  • Pastikan perangkat Anda diaktifkan dan layar tidak terkunci dan aktif saat Anda menggunakan Android Beam™ untuk menerima file dari perangkat lain.
  • Periksa apakah ponsel lain memiliki dukungan penuh untuk NFC.
  • Matikan perangkat Anda, lalu hidupkan lagi. Dengan melakukan ini, Anda menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan dan mengosongkan memori yang terkadang secara otomatis mengatasi masalah.
  • Perbarui perangkat Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki kinerja optimal dan peningkatan terbaru. Baca selengkapnya tentang cara memperbarui dan menemukan versi perangkat lunak terbaru.
Area deteksi NFCLokasi area deteksi NFC di perangkat bisa bervariasi bergantung pada perangkat tersebut. Umumnya, area deteksi NFC terletak di bagian belakang perangkat dan ditunjukkan oleh icon berupa huruf “N“.

Jika dengan cara diatas masalah masih belum teratasi, sebaiknya segera bawa ke SONY service center terdekat dikota anda. Kemungkinan terdapat masalah pada hardware perangkat anda. Jika memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan meninggalkannya pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.