MIUI 12.5 Resmi Dirilis, Ini Dertan Fitur Baru & Daftar Perangkat Yang Menerima Update

Posted on

kinemaster.co.id – Xiaomi baru saja megumumkan versi terbaru dari MIUI 12.5. Sama seperti versi sebelumnya ( MIUI 10.5 / 11.5), pembaruan ini hadir dengan fokus perubahan pada tampilan, privasi, dan fitur MIUI+ baru untuk terkoneksi dengan komputer. Penasaran? Berikut ulasan-nya,

Peningkatan tampilan dan kinerja

Xiaomi mengklaim MIUI 12.5 jauh lebih cepat, lebih ringan, dan lebih efisien dibanding generasi sebelumnya. UI versi terbaru ini menggunakan 20% core lebih sedikit dari generasi sebelumnya, selain itu Xiaomi turut memangkas penggunaan background memori hingga 35% banyaknya. Bahkan Xiaomi menyebut konsumsi daya MIUI versi terbaru ini 25% lebih hemat dari versi sebelumnya.

MIUI 12.5 Resmi Dirilis, Ini Dertan Fitur Baru & Daftar Perangkat Yang Menerima Update
Lebih cepat, lebih ringan, & lebih irit | Foto credit ©Gizmochina

Meski bukan merupakan update core, Xiaomi menyebut update kali ini sama halnya dengan pembaruan penuh UI. Pada versi baru ini, Xiaomi turut meningkatkan kinerja dari “MIUI Light Cone Motion Effect Architecture” dari versi sebelumnya di MIUI 12. Fitur ini berhubungan dengan gerakan transisi, gesture, serta penjadwalan prioritas gerakan dengan waktu respons lebih tinggi.

Kemampuan komputasi dan rendering juga telah ditingkatkan hingga 20 kali lipat dibanding generasi sebelumnya. Hasilnya, pengguna akan menikmati tampilan transisi animasi memukau dengan berbagai efek unik di dalamnya. Untuk detailnya bisa dilihat pada video teaser di bawah ini :

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=NAbZgOeOt_g[/embedyt]

Wallpaper, Notifikasi, & Haptic yang diperbarui

Pada pembaruan MIUI 12.5 ini, Xiaomi turut menambahkan sejumlah wallpaper baru. Yang pertama merupakan foto gunung salju yang diambil dari lokasi pegunungan Siguniang, yang mana merupakan rangkaian wilayah pegungungan tertinggi di Qionglai Tiongkok Barat.

Lihat Juga :   Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & Galaxy S21 Plus
Wallpaper baru | Foto credit ©Gizmochina

Wallpaper baru lainnya termasuk Shipwerck Bay dari Yunani, dan Blade’e Edge Mountain dari Italia. Xiaomi juga menyebut akan merilis lebih banyak wallpaper baru sebelum H1 tahun 2021 mendatang.

MIUI 12.5 Resmi Dirilis, Ini Dertan Fitur Baru & Daftar Perangkat Yang Menerima Update
120 notifikasi suara hewan baru | Foto credit ©Gizmochina

MIUI versi terbaru ini juga menghadirkan beragam suara notifikasi hewan yang diperbarui. Suara hewan alami tersebut diambil langsung dari empat habitat utama hutan hujan Amerika Selatan, Australia, Afrika Timur, dan lingkaran Arktik. Dalam proses pengambilan suara tersebut, Xiaomi dibantu oelh British Library, Zoologists, dan seniman suara dari seluruh dunia.

Selain wallpaper dan suara notifikasi, Xiaomi turut meningkatkan fungsionalitas dari fitur Haptic. Xiaomi mengatakan telah menyempurnakan fungsi dari ‘feedback vibrations’ untuk tugas seperi mengunci ponsel, ketukan, gesture, dll. Xiaomi membuat fitur ini memiliki integrasi lebih luas, tidak terbatas pada kebutuhan tertentu saja.

Fitur Haptic yang terintegrasi | Foto credit ©Gizmochina

Diharapkan fitur terbaru Haptic akan dapat membantu pengguna yang mengalami gangguan pengelihatan. Xiaomi menyebut dengan meluasnya integrasi fitur ini, pengguna dengan keterbatasan visual masih dapat dengan nyaman mengoperasikan ponsel melalui sentuhan dan getaran.

Kontrol Privasi MIUI 12.5

Di MIUI 12.5 ini, Xiaomi telah memperluas cangkupan kemanan privasi ke dalam beberapa jenis perlindungan berbeda. Pertama adalah Clipboard Protection, Penyimpanan File (dengan mekanisme Sandbox), Browser, dan terakhir Lokasi (Fuzzy Positioning).

Lihat Juga :   3 Alasan Kenapa Konsep Ponsel Modular Seharusnya Dihidupkan Lagi
Berbagai fitur keamanan baru | Foto credit ©Gizmochina

Pertama adalah Cliboard Protection, fungsi perlindungan ini adalah untuk  menyimpan log aplikasi dan akan secara otomatis memberitahu pengguna jika telah terlalu banyak melihat duplikasi konten.

Selanjutnya proteksi penyimpanan file dengan mekanisme Sandbox. Sedikti catatan, Sandbox adalah mekanisme dimana sistem secara otomatis membuat ruang isolasi terbatas untuk mencegah informasi sensitif menghilang. Dengan mekanisme tersebut, MIUI akan membantu pengguna untuk membagi foto dan berbagai jenis data secara mandiri, dari pada mengizinkan satu aplikasi mengakses semuanya sekaligus.

Fuzzy Position adalah fitur baru di mana pengguna dapat menyamarkan lokasinya hingga beberapa meter dari lokasi sebenarnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dalam skenario kondisi tertentu.

Xiaomi merasa bahwa 53% dari 1000 halaman web teratas di China mendapatkan akses ke informasi pribadi. Untuk mencegah hal tersebut, Xiaomi memutuskan untuk memperketat sistem keamanan Mi Browser. Caranya adalah dengan memblokir setiap halaman yang berusaha mencuri data pribadi, serta mencegah browser menggunduh aplikasi secara otomatis tanpa persetujuan pengguna.

MIUI+

MIUI 12.5 Resmi Dirilis, Ini Dertan Fitur Baru & Daftar Perangkat Yang Menerima Update
MIUI+ | Foto credit ©Gizmochina

Pada MIUI 12.5 ini, Xiaomi kembali memperkenalkan fitur baru bernama MIUI+ (Beta). Fitur ini berguna untuk menghubungkan ponsel Xiaomi secara langsung ke perangkat seperti komputer. Tidak hanya sekedar terkoneksi, MIUI+ memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan berbagai tindakan lewat komputer. Beberapa tindakan tersebut termasuk melihat pemberitahuan ponsel, buka aplikasi, salin/tempel teks, buka gambar tangkapan layar, hingga melihat halaman web dari ponsel.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy S2 Terima Pembaruan Android 11 Lewat CustomROM

Fitur ini akan terintegrasi langsung dengan Mi File Manager dan MIUI Notes, namun dengan tampilan UI layaknya sebuah perangkat komputer. Nantinya pengguna tidak hanya akan mendapat dukungan pengoperasian dengan menggunakan mouse atau keyboard, tetapi juga memiliki akses untuk mengedit dokumen atau file tersebut secara langsung.

Daftar perangkat yang didukung update MIUI 12.5

Sekedar informasi, Xiaomi telah membuka pendaftaran Beta tertutup untuk MIUI 12.5 untuk 21 perangkat yang didukung. Bagi yang penasarana, berikut daftar perangkat tersebut :

Xiaomi Mi 10
Xiaomi Mi 10 Pro
Xiaomi Mi 10 Ultra
Xiaomi Mi 10 Youth Edition
Redmi K30
Redmi K30 5G
Redmi K30 Pro 5G

Redmi K30i 5G
Redmi K30S Ultra
Redmi K30 Ultra
Xiaomi Mi 9
Xiaomi Mi 9 SE
Xiaomi Mi CC9e
Xiaomi Mi CC9 Pro

Redmi K20
Redmi K20 Pro
Redmi 10X 5G
Redmi 10X Pro 5G
Redmi Note 9 5G
Redmi Note 7
Redmi Note 7 Pro

Sementara untuk tanggal rilisnya, Xiaomi menyebut pembaruan Beta tertutup tersebut akan segera tersedia secara OTA mulai pukul 21 : 00 tanggal 28 Desember. Sementara untuk jadwal pembaruan Publik Beta baru akan dimulaia pada pertengahan Januari tahun depan.

Menulis untuk mengisi waktu luang.