Oppo Akan Buat Prosesor Sendiri, Mau Saingi Huawei?

Posted on

Oppo baru saja mengkonfirmasi bahwa pihaknya saat ini tengah mengembangkan prosesor secara mandiri untuk jajaran produk seluler nya. Raksasa teknologi asal Cina ini diketahui akan bekerja sama dengan beberapa pemasok untuk proyek ambisius-nya ini.

Menurut Liu Bo, Presiden bisnis Oppo China, “Kita harus menangani teknologi chip dan menjadikan teknologi itu kekuatan pendorong penting bagi pertumbuhan kita di masa depan.”

Pernyataan tersebut diberikan setelah rumor tentang rencana Oppo membuat prosesor sendiri menjadi perbincangan hangat selama beberapa minggu ini. Sementara itu, Liu juga menyebut bahwa perusahaan-nya akan menghadapi banyak sekali tantangan ke depannya dalam pengembangan proyek tersebut.

Oppo tidak akan mengembangkan prosesor buatannya tersebut sendirian, perusahaan tersebut akan bekerja sama dengan beberapa mitra strategis Oppo sebagai pemasok sekaligus perancang utama. Tercatat beberapa mitra yang bergabung dalam proyek ini terdapat nama – nama seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung.

Sayangnya tidak ada pernyataan lebih lanjut mengenai desain serta rancangan prosesor buatan Oppo tersebut. Oppo sendiri diketahui telah merekrut beberapa insinyur dan eksekutif tinggi dari beberapa perusahaan pembuat chip terkenal seperti MediaTek, Samsung, hingga Qualcomm sejak tahun 2019 silam.

Lihat Juga :   Xiaomi Bawa Teknologi RAMDISK ke Dalam Platform Ponsel Pintar

Menariknya, pernyataan ini muncul setelah Huawei mengumumkan putusnya kerjasama antara perusahaan-nya dengan pemasok chip terbesar di dunia TSMC akibat sanksi dari AS baru – baru ini. Mungkinkah Oppo berniat menggeser posisi Huawei di negara asalnya, atau Oppo mencoba menghindari sanksi seperti yang dialami oleh Huawei di kemudian hari?

Menulis untuk mengisi waktu luang.