OPPO, VIVO, Xiaomi, Hingga Google Akan Merilis Ponsel Android Lipat Tahun Depan

Posted on

kinemaster.co.id – Smartphone Android lipat akan semakin banyak tahun depan. Jika saat ini pasar ponsel ini hanya di isi oleh nama – nama seperti Samsung, Motorola, dan Huawei, maka tahun depan kita akan menjumpai ponsel lipat keluaran OPPO, VIVO, Xiaomi, dan Google. Setidaknya rumor tersebut’lah yang saat ini sedang hangat dibicarakan.

Info tersebut berasal dari Ross Young, pendiri dan analis utama di Penelusuran Display dan DSCC. Dalam tweet yang diposting sebelumnya hari ini, dia mengungkapkan bahwa paruh kedua tahun mendatang akan menjadi bagian yang menarik untuk pasar smartphone yang dapat dilipat. Dia mengatakan Samsung akan mengumumkan setidaknya tiga model, OPPO , VIVO, dan Xiaomi akan mengumumkan empat model di antara mereka, dan Google juga akan mengumumkan satu model.

Lihat Juga :   Redmi Segera Luncurkan Tiga Varian Baru Dari Redmi Note 9 Series

Lebih lanjut dirinya menyebut, tahun depan setidaknya Samsung bakal mngeluarkan tiga model sekaligus ponsel lipat. Sementara OPPO, VIVO, dan Xiaomi akan mengeluarkan empat model smartphone Android bergaya lipat. Dan terakhir adalah Google, kabarnya raksasa mesin pencari ini juga akan merilis satu seri smartphone Android bergaya lipat.

Samsung rilis tiga model sekaligus

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu, Samsung akan mengumumkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 sebagai generasi terbaru dari lini smartphone Android lipat mereka. Tapi menurut bocoran yang diberikan Ross Young, Samsung saat ini tengah menyiapkan tiga smartphone Android berdesain lipat. Di tweet yang sama, Ross mengatakan tidak akan ada Galaxy Z Fold Lite, yang ada adalah Galaxy Z Flip Lite.

Sebelumnya beredar kabar yang menyebut, Samsung akan segera merilis Galaxy Z Lite pada kuartal pertama tahun 2021. Namun menurut Ross Young, perangkat tersebut tidak akan pernah diluncurkan ke pasaran. Sebagai gantinya, Samsung justru akan merilis versi lite dari Galaxy Z Flip series.

OPPO, VIVO, dan Xiaomi

Beralih ke trio raksasa teknologi asal Cina, OPPO, VIVO, dan Xiaomi. Kabarnya, ketiga merek tersebut saat ini tengah mempersiapkan smartphone baru bergaya lipat. Menariknya, salah satu ketiga merek tersebut disebut telah mempersiapkan dua model sekaligus saat peluncuran-nya nanti.

Lihat Juga :   Smartphone Baru Vivo Y30 Tampil Dengan Layar Punch-Hole Dan Prosesor Helio P35
Prototipe smartphone lipat Xiaomi | Foto credit ©Gizmochina

Sayangnya, hanya Xiaomi yang telah mendemonstrasikan prototipe dari smartphone lipat buatan-nya. Sedangkan sisanya masih sebatas paten  desain, dan gambar render. Beberapa waktu lalu bahkan sempat beredar sebuah render dari ponsel lipat yang sedang dikerjakan OPPO, yang mana bentuknya sangat mirip dengan Galaxy Z Flip milik Samsung.

Pixel bergaya lipat

Dan kabar terakhir datang dari raksasa mesin pencari, Google. Sejak tahun 2019 lalu, Google memang pernah mengkonfirmasi bahwa pihaknya tengah mengerjakan prototipe untuk smartphone Android yang dapat dilipat. Bulan Agustus lalu bahkan sempat beredar sebuah dokumen internal perusahaan yang mengungkap ponsel lipat Google akan memiliki nama sandi “Paspor”. Perangkat tersebut dijadwalkan akan rilis pada tahun 2021, dan akan menjadi salah satu varian dari Google Pixel yang akan dirilis tahun depan.

Dengan semua perangkat yang kami sebutkan di atas, nampaknya tahun 2021 mendatang akan menjadi tahun bagi smartphone berdesain lipat. Semakin menarik lagi jika setiap pabrikan akan bersaing menghadirkan harga yang kompetitif antara satu dengan yang lainnya. Ya semoga tahun depan akan muncul smartphone lipat Android dengan harga lebih terjangkau.

Menulis untuk mengisi waktu luang.