Ponsel Huawei Dengan HarmonyOS 2.0 Akan Meluncur Tahun 2021 Nanti

Posted on

kinemaster.co.id – Pada acara konferensi tahunan Huawei Developer Conference (HDC) 2020, Huawei secara resmi meluncurkan paltorm terbaru untuk HarmonyOS 2.0. Pada kesempatan yang sama, CEO Richard Yu turut mengkonfirmasi prihal debut smartphone dengan dukungan OS tersebut pada tahun 2021 mendatang.

Jadwal peluncuran | Foto credit ©Gizmochina

Rilis tahap beta pertama untuk smartphone dengan sistem operasi HarmonyOS akan tersedia pada bulan Desember 2020, dan khusus bagi pengembang. Sebelumnya Huawei membantah akan menggunakan HarmonyOS untuk perangkat ponsel pintar buatannya. Namun akibat tekanan dari pemerintah AS, sepertinya strategi perusahaan ini akhirnya mulai berubah.

Setelah larangan menggunakan layanan Google pada Mei 2019 lalu, tahun ini Huawei kembali dilarang mengembangkan chipset buatannya sendiri. Belajar dari dua kasus tersebut, sepertinya perusahaan ini memang tidak bisa terus bergantung pada OS Android. Alhasil Huawei mulai mempercepat pengembangan HarmonyOS untuk perangkat seluler buatan mereka.

Huawei sendiri diketahui baru saja gagal memperpanjang Lisensi Umum sementara (TGL) untuk layanan Google. Perusahaan ini sudah kehilangan akses untuk dukungan aplikasi Google dan pembaruan keamanan untuk perangkat lama yang masih menggunakan layanan GMS sebelumnya. Meski begitu, Huawei masih berjanji bakal terus memberikan patch update keamanan untuk perangkat lama yang masih menggunakan layanan Google.

Lihat Juga :   Ikuti Langkah Apple, Xiaomi Tidak Menyertakan Charger Pada Kotak Penjualan Mi 11

Mulai debut tahun depan

HarmonyOS 2.0 versi beta untuk smartphone akan dirilis Huawei pada bulan Desember mendatang. Firmware tersebut akan dirilis bersamaan dengan SDK, Alat, Dokumentasi, dan Simulator untuk digunakan oleh para pengembang. Huawei sendiri mengharapkan ponsel pintar dengan HarmonyOS akan mulai siap tersedia pada tahun 2021 mendatang.

Roadmap HarmonyOS | Foto credit ©GizmoChina

Richard Yu mengungkap versi awal HarmonyOS 2.0 akan mendukung perangkat dengan RAM 128KB hingga 128MB. Kemudian di bulan april, Huawei berencana menambah kapasitas dukungan memorinya di angkat 128MB – 4GB. Dan di bulan Oktober mendatang, HarmonyOS akan mulai mendukung perangkat dengan memori RAM di atas ukuran 4GB.

Perlu di ingat, rencana tersebut berlaku untuk semua perangkat pintar Huawei yang direncanakan bakal mengadopsi HarmonyOS. Jadi tidak khusus untuk perangkat seluler pintar saja. Huawei sendiri mengisyaratkan ponsel pertama yang menggunakan HarmonyOS akan hadir dengan kapasitas RAM 4GB, atau lebih.

Bakal jadi pesaing Android?

HarmonyOS merupakan paltform open-source, yang mana memiliki kesamaan dengan Android. Jadi siapa saja boleh mengembangkan, atau menggunakan OS ini nantinya. Ini seperti Googel + Android, dan Huawei + HarmonyOS. Jadi kemungkinan ponsel merek lain yang akan mengadopsi sistem operasi ini bakal ada nantinya, tidak harus perangkat bermerek Huawei.

Lihat Juga :   Asus Zenfone 6 Terima Pembaruan Android 11 Stabil

Ya kita tunggu saja di tahun 2021 nanti, apakah OS yang dikembangkan Huawei ini bakal mampu bersaing dengan Android nantinya? Bagikan pendapatmu,

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.