Ponsel Lawas Nokia Mendapat Tambahan Update Keamanan 12 Bulan

Posted on

Kabar gembira untuk para pengemar ponsel Nokia. Pasalnya HMD Global, selaku pemegang hak produksi ponsel Android Nokia mengumumkan akan menambah masa update keamanan untuk jajaran produknya selama 12 bulan. Artinya pengguna akan mendapat tambahan update patch keamanan yang semula direncanakan hanya akan diberikan selama 2 tahun, sekarang bertambah menjadi 3 tahun.

Flash back HMD Global

HMD Global memperkenalkan smartphone Android bermerek Nokia pertamanya pada Februari 2017. Line up awal termasuk Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6 dan Nokia 8. Di tahun pertama, HMD berjanji bahwa ke empat smartphone tersebut akan menerima pembaharuan keamanan rutin hingga 2 tahun.

Namun sepertinya demi menghadapi ketatnya persaingan perusahaan melakukan sedikit manuver guna semakin menarik minat konsumen.

Nokia 3 tercatat akan menjadi smartphone pertama yang mulai menerima pembaharuan keamanan ini, di mulai dari September 2019 hingga September 2020. Serta Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 8 akan menyusul menerima patch keamanan triwulan dari Oktober 2019 hingga Oktober 2020.

Namun terdapat sebuah pengecualian untuk beberapa varian, salah satunya varian Amazon dari Nokia 6 yang dijual di AS dan India. Dimana kedua varian tersebut dinyatakan tidak akan memenuhi syarat untuk menerima pembaruan keamanan triwulanan setelah Oktober 2019.

Lihat Juga :   Oppo Akan Segera Merilis Dua Smartphone Terbarunya, Ada Oppo A92 dan Oppo A52

Pihak HMD Global juga telah mengkonfirmasi bahwa dukungan patch keamanan untuk Nokia 2 tetap akan berakhir pada November 2019.

Sebagian besar perusahaan manufaktur perangkat Android memberikan pembaruan keamanan pada perangkat buatan mereka maksimal hingga dua tahun. Nokia cukup unik dimana perusahaan ini tercatat menjadi salah satu yang paling lama memberikan sebuah garansi keamanan perangkat.

Sekedar informasi hampir semua smartphone bermerek Nokia yang diluncurkan oleh HMD Global sejak tahun lalu adalah bagian dari program Google Android One. Dan memiliki jaminan pembaruan OS utama selama dua tahun dan pembaruan keamanan hingga tiga tahun.