Review Indonesia Samsung Galaxy J3 Pro SM-J3119

Posted on
Sedang berencana membeli smartphone, namun bingung karena budget mepet? Mungkin artikel kali ini akan sedikit membantu mengatasi kebingungan anda yang sedang ingin mencari handphone berkualitas dengan harga merakyat.
Samsung J3 Pro? saya yakin itulah yang bakal terlintas pertama kali dipikiran anda, wajar memang karena samsung hanya memboyong samsung J3 versi biasa serta J3 Prime ke indonesia. Bukan berarti samsung J3 Pro bukan original samsung ya, kenyataannya samsung J3 series memang memiliki varian J3 Pro yang sebenarnya dikusus kan untuk pasar negeri tiongkok.
Muncul dengan desain backdoor super elegan membuat J3 Pro terlihat lebih mewah dibanding varian J3 lain, tekstur permukaannya yang menampilkan kesan kokoh membuat tampilan-nya terlihat cantik. Jika sekilas dilihat anda pasti akan terkecoh dan mengira kalo material yang dipakai adalah metal, namun sebenarnya samsung masih tetap menggunakan material yang sama dengan samsung tipe low end lainnya yakni plastik.
Untuk spesifikasinya sendiri J3 Pro hadir dengan layar 5″ inch resolusi 720px1280 pixel, untuk kameranya sendiri samsung menanamkan kamera berukuran 8MP f/2.2 untuk kamera belakang serta 5MP f/2.2 untuk kamera depan.
Berjalan dengan android 5.1 (lollipop) J3 Pro dibekali dapur pacu prosesor Quadcore bertipe Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, serta pengolah grafis Adreno 306.  Pada sektor penyimpanan J3 Pro dibekali memori internal sebesar 16GB serta RAM berkapasitas 2GB.
Selama penggunaan beberapa hari saya tidak menemui kendala yang berarti, semua berfungsi dengan normal. Hanya saja mungkin ada beberapa kekurangan yang membuat saya sedikit jengkel, apa aja?

Layar

Jika anda terbiasa menggunakan produk samsung mid-end ke atas anda akan menemui sedikit kekurangan pada sektor ini. pasalnya warna yang dihasilkan layar Samsung J3 Pro tidak terlalu jernih, sedikit terlalu over putih dan terkesan silau, padahal resolusi layar yang dibawa masuk ke dalam kategori HD.

ROM

Saya mendapat J3 Pro dengan garansi distributor dan mendapati ROM bawaan handphone saya bukanlah ROM official melainkan ROM custom. Jadi anda harus bekerja ekstra untuk melakukan flashing sendiri ke ROM official.

Tidak bisa reset data pabrik

Asumsi saya hal ini disebabkan oleh ROM custom yang berjalan, dari beberapa pantauan saya pada forum serta grup diskusi masalah ini hanya ada pada varian SM-J3119 (cina) sedangkan pada versi SM-J3110 (global) tidak ada masalah.

Paket isi penjualan

Saat membuka kotak saya sedikit kaget, samsung tidak menyertakan headset pada paket penjualan samsung J3 Pro. Entah memang dari samsung yang tidak menyertakan guna menekan ongkos produksi atau headset bawaannya udah mampir kemana – mana.
Kok minus semua sih yang diomongin, gak ada Plusnya? ada dong,

Murah

Ini mutlak plus yang utama, harga jauh di bawah J3 namun spesifikasi bisa diadu hhee

Build quality

Dengan harga murah kita sudah dapat smartphone dengan build quality sekelas samsung, lumayan lah untuk nilai plus.

Kamera Lumayan

Serius lumayan kok hehe

Batre awet

Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, tak jarang ada beberapa user di grup yang mengatakan batrrai boros. Secara pribadi menurut saya penilaian ini tergantung dari penggunaan.
Oke, sekian dulu sedikit review singkatnya. Mudah – mudahan berguna sebagai bahan pertimbangan anda yang mungkin tertarik membeli smartphone ini. Dimana lagi anda bisa temukan smartphone bertampang mewah, spek lumayan, harga bersahabat serta build quality yang bagus selain Samsung J3 Pro.
Lihat Juga :   Cara Cek Pemakaian Kuota Indihome, Sendiri 2022