Review Singkat Huawei P40 Pro, Best Camera Phone

Posted on

Huawei baru saja meluncurkan Flagship terbaru mereka, penerus terbaru dari P series ini tentunya membawa berbagai peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Sudah bukan rahasia lagi jika setiap lini ‘P’ series Huawei mempunyai kemampuan kamera yang superior, apakah P40 Pro ini juga demikian? Simak ulasan singkat dibawah ini.

Desain & Material

Review Singkat Huawei P40 Pro, Best Camera Phone

Secara desain tidak ada yang istimewa dari Huawei P40 Pro ini, sudah terlalu biasa untuk kelas ponsel Flagship saat ini. Namun justru desain yang terlihat biasa ini secara tidak langsung malah merepresentasikan prinsip dari pembuatnya, ‘Kesederhanaan dan Minimalis’.

Body P40 Pro dibuat dengan material alumunium pada bagian bezel dan lapisan dalam covernya, untuk menambah kesan glossy dan mewah Huawei memberikan lapisan kaca pada bagian belakang body. Di bagian belakang kita akan menjumpai setup Quad kamera yang diletakkan dalam satu susunan persegi panjang dengan desain sedikit menonjol, cukup mengangu menurut kami.

Ada yang unik dari desain body P40 Pro ini. Huawei mendesain bezel P40 Pro melengkung menutup setiap sudut layar, sebuah detail yang mungkin jarang sekali diperhatikan tapi sangat berguna untuk melindungi layar dari benturan.

Layar

Huawei membekali P40 Pro dengan layar berjenis OLED 16 juta warna berukuran 6.58 inci, dengan resolusi mencapai 1.200 x 2.640 piksel, layar tersebut sudah support teknolgi HDR10 dan mempunyai refresh rate mencapai 90Hz.

Lihat Juga :   Review Singkat Xiaomi Redmi 8A Pro, Apakah Worth it?

Layar P40 Pro menutup hampir seluruh permukaan body depan, desain layarnya mirip dengan Mate 30 Pro sebelumnya. Pada layar bagian atas, terdapat lubang kamera depan dengan desain “punch hole” yang dibuat sedikit memanjang.

Hardware & Performa

Masuk dalam jajaran ponsel Flagship, Huawei membuat P40 Pro dengan jeroan yang tidak biasa – biasa saja tentunya. P40 Pro dibekali Chipset Kirin 990 Octa Core Prosesor  hasil dari racikan Huawei sendiri, lengkap dengan GPU Mali-G76 yang menawarkan peforma super kencang. Pada pengujian menggunakan software AnTuTu  8 Huawei mampu mencetak skor mencapai 496356, meningkat cukup jauh dibanding seri P30 Pro sebelumnya.

Review Singkat Huawei P40 Pro, Best Camera Phone
Gambar : GSMArena

Untuk sektor memori P40 Pro dibekali dengan setup penyimpanan 8GB memori RAM dan 256GB memori internal berjenis UFS3, dan untuk kalian yang masih merasa kapasitas tersebut kurang disediakan slot ekspansi untuk memori eksternal. Flagship baru Huawei ini sudah menjalankan Android 10 dengan kustomisasi EMUI 10.1.

Kamera

Review Singkat Huawei P40 Pro, Best Camera Phone

Kemampuan kamera menjadi fitur paling di andalkan Huawei untuk semua seri Flagshipnya, untuk P40 Pro Huawei membekali setup bertipe Quad kamera, bagaimana kemampuannya?

P40 Pro mempunyai kamera dengan konfigurasi Lensa utama 50MP (RYYB filter), 1/1.28″ sensor size, 23mm f/1.8 lens, Lensa Telephoto: 8MP (RYYB filter) 1/4.0, Lensa wide angle: 40MP (RGGB filter), 1/1.54″, 18mm, f/1.8, PDAF, dan ToF camera, semua lensa tersebut dibuat dengan kerjasama antara Huawei dan perusahaan kamera asal Jepang Leica.

Lensa utama P40 Pro menggunakan sensor berukuran 50MP Quad Bayer 1/1.28 disertai filter RYBB di dalamnya. Lensa ini memiliki panajang fokus setara 23mm dan bukaan f /1.9 yang sudah di stabilkan. Huawei sendiri menyebut lensanya ini dengan sebuatan ‘Ultra Vison Kamera’.

Filter warna RYYB dipilih Huawei karena diklaim mampu membantu lensa menangkap 40% cahaya lebih banyak jika dibandingkan filter RGGB yang biasa digunakan, berkat penggunaan filter tersebut kamera P40 Pro dimungkinkan untuk tetap mampu mendapatkan gambar bagus pada kondisi ruangan kurang cahaya sekalipun.

Lihat Juga :   Cara Menghapus Background Foto Online Hasil Rapih Dan Gratis

Huawei juga membekali P40 Pro dengan lensa ToF, lensa ini mempunyai peran untuk mempercepat Autofokus, dan meningkatkan fokus pada latar belakang obyek. Tidak lupa Huawei juga menyematkan beberapa sensor tambahan lain, seperti sensor suhu warna kulit dan sensor alogaritma AI AWB yang berguna untuk mengatur keseimbangan warna supaya lebih akurat.

Untuk kamera selfie P40 Pro dibekali dua lensa dengan resolusi 32MP, f/2.2, 26mm dan ToF camera, kemampuannya sendiri sudah cukup meningkat pesan berkat kehadiran teknlogi lensa ToF jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Baterai

P40 Pro dibekali baterai berkapasitas 4,200 mAh, sebuah ukuran yang terasa tanggung jika melihat spesifikasi yang dibawa. Baterai dengan kapasitas 5000 mAh sepertinya sudah menjadi standar umum untuk smartphone Flagship jaman sekarang.

Kemampuan pengsisan daya cepat tidak lupa Huawei sematkan pada flagshipnya ini, Huawei P40 Pro mendukung kemampuan Fast Charging hingga 40W dan diklaim mampu mengisi baterai dari 0 ke 80%  hanya dalam waktu 30 menit, serta tidak ketinggalan mendukung teknologi Wirless Charging sampai dengan 27W.

Lihat Juga :   Review Singkat Samsung Galaxy A11, Ponsel ‘Hemat’ Budget Dari Samsung

Fitur lain

Fingerprint reader (under display, optical), 3D face recognition, IR Blaster, Infrared face recognition, fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum adalah sebagian fitur lain yang dibawa P40 Pro. Sebagai ponsel Flagship tentunya P40 Pro merupakan paket lengkap.

Ponsel ini juga sudah mendukung teknologi jaringan generasi terbaru 5G, NFC dan USB On-The-Go.

Harga & tanggal rilis

Huawei sudah mulai menjual P40 Pro secara preoder sejak tanggal 11 April lalu, kalian bisa melakukan pemesanan lewat e-commerce rekanan Huawei seperti JD.ID, Lazada, Shopee dan Blibli.com. Untuk harga yang ditawarkan sendiri cukup murah untuk sekelas Flagship, kalian bisa membawa pulang Huawei P40 Pro hanya dengan Rp 14.499.000.

Bagi kalian yang mengikuti program preoder P40 Pro, Huawei memberikan bonus berupa freebuds 3, cloudstorage 50Gb dan potongan harga hingga 2juta rupiah.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.