Review Singkat Kekurangan Serta Kelebihan Xiaomi Mi A1 : Android One Google

Posted on

Menjadi perangkat pertama Xiaomi dalam project Android One, Mi A1 membawa sejumlah kelebihan dibandingkan produk Xiaomi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja kelebihan serta kekurangan dari smartphone terbaru Xiaomi ini.

Desain

Ponsel ini hadir dengan desain candy bar, khas smartphone android saat ini. Material body-nya sendiri menggunakan bahan alumunium, sangat enak untuk digengam dan tidak terasa licin di tangan. Penggunaan material alumunium juga mampu menambah kesan premium pada tampilannya.

Sayangnya, beberapa bagian body ponsel ini rentan terhadap goresan kecil. Sangat disarankan untuk menggunakan pelindung body seperti softcase. Kelemahan lain dari material bodya adalah gampang sekali terasa panas, ya memang sifat alumunium adalah menghantarkan panas. Tapi panas di sini masih sangat terasa wajar.

Mi A1 dibekali dual kamera belakang, lengkap dengan flas LED yang diletakkan di bagian samping modul kamera. Snsor finger print ponsel ini diletak-kan di bagian tengah cover belakang ponsel, cukup ergonomis dan mudah untuk dijangkau jari tangan.

Di bagian kiri ponsel terdapat tombol volume dan tombol power, sementara slot SIM card diletakkan di bagian kanan ponsel. Di bagian bawah terdapat lubang USB Type C, stereo speaker, dan lubang jack audio 3.5mm.

Lihat Juga :   5 Alasan Samsung Galaxy S8 Wajib Anda Coba

Ponsel ini di bekali port IR Blaster yang diletakkan di bagian atas ponsel.

Tampilan

Xiaomi Mi A1 menggunakan layar LCD berjenis IPS dengan ukuran 5.5 inci. Layar tersebut mempunyai resolusi Full HD dengan 1080 x 1920 piksel, serta aspek rasio 16 : 9. Tidak ketinggalan terdapat pelindung Corning Gorilla Glass 3 sebagai tambahan keamanan ponsel.

Layarnya sendiri cukup enak untuk digunakan berlama – lama, warna yang ditampilkan terlihat natural dengan gambar tajam. Sensor kecerahan juga berfungsi sangat baik, tidak seperti beberapa varian ponsel Xiaomi yang sedikit lebay di bagian sensor kecerahan.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Ponsel ini hadir menggunakan Chipset Octa core besutan Qualcomm dengan Snapdragon 625, serta GPU bertipe Adreno 506. Chipset tersebut di sandingkan dengan dua pilihan konfigurasi memori 4GB RAM dan 64GB memori internal. Tidak ketinggalan perangkat ini turut menyertakan slot memori eksternal berjenis MicroSD.

Menjadi bagian dari project Android One, Mi A1 datang menggunakan OS Android One dengan basic Andorid versi 7.1.2.

Sekedar informasi, OS Android One merupakan OS Stock Android yang dioptimal-kan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. OS ini menawarkan tampilan stock Android sederhana, tanpa ada aplikasi bloatware yang menganggu. Soal kecepatan dan kestabilan jangan ditanya, bisa dibilang ini merupakan salah satu OS Android terbaik untuk saat ini.

Lihat Juga :   Review Singkat Samsung Galaxy A11, Ponsel ‘Hemat’ Budget Dari Samsung

Enaknya lagi, OS ini akan rutin mendapat patch keamanan setiap bulan dan akan menjadi salah satu OS pertama yang menerima update Android terbaru di masa mendatang.

Kamera

Ponsel ini dibekali konfigurasi dual kamera, yang mana kedua kamera tersebut mempunyai ukuran lensa sama yakni 12MP. Lensa pertama merupakan lensa wife dengan bukaan f/2.2 dan mendukung fitur PDAF, sementara lensa ke dua merupakan jenis lensa tele 50mm dengan bukaan f/2.6 lengkap dengan dukungan 2X optical zoom.

Kamera tersebut mampu merekam video dengan format maskimal 4K@30fps. Serta beberapa format lain seperti, 1080p@30fps, dan 720p@120fps.

Sementara di bagian depan terdapat satu buah kamera dengan resolusi 5MP, support perekaman vide 1080p@30fps.

Hasil kamera-nya sendiri cukup oke untuk ponsel di kelasnya, hanya saja beberapa hasil gambarnya terlihat sedikit ke kuningan. Secara keseluruhan buat kami hasil kamera-nya cukup bisa di andalkan, dengan hasil lumayan.

Baterai

Ponsel ini membawa baterai Li-Po dengan kapasitas 3080 mAh, lengkap dengan pengisan daya 10W. Untuk konsumsi daya-nya sendiri ponsel ini sanggup bertahan lebih dari 24 jam dalam posisi stand by, dan 12 jam untuk penggunaan normal.

Lihat Juga :   Review Singkat Redmi K20 Pro, Si Perusak Pasar

Fitur tambahan

Sejumlah fitur tambahan tidak lupa disematkan Xiaomi untuk ponsel terbarunya ini, seperti IR Blaster, FM Radio, Bluetooth 4.2, Fingerprint, dan USB Type C.

Sayangnya perangkat ini tidak dibekali fitur NFC, padahal fitur tersebut menjadi salah satu fitur paling dicari untuk saat ini. Mungkin ini merupakan strategi perusahaan untuk menekan harga? Bisa jadi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan perangkat satu ini. Di banderol dengan harga terjangku serta spesifikasi yang tergolong oke di kelasnya, kami yakin perangkat ini akan laris di pasaran. Bagi kalian yang sedang mencari ponsel untuk kebutuhan multimedia , foto, atau gaming dengan harga terjangkau, kami rekomendasikan untuk mencoba Xiaomi Mi A1 ini.

Hanya saja absenya fitur NFC mungkin menjadi sedikit nilai minus untuk perangkat ini. Namun bagi kalian yang kurang membutuhkan NFC, ponsel ini sangat worth to buy.