Review Singkat Oppo A12, Smartphone Murah Oppo?

Posted on

Beberapa waktu lalu, Oppo baru saja merilis smartphone terbaru mereka Oppo A12 untuk kelas entry-level. Sebagai penerus dari Oppo A series, peningkatan apa saja yang dibawa smartphone satu ini? Berikut ulasannya.

Review Singkat Oppo A12

 

Desain & Material

Oppo A12 hadir dengan desain yang disebut Oppo sebagai 3D Diamond Blaze, desain tersebut menghasilkan tekstur khusus yang membuat perangkat tidak terasa licin ketika di genggam.

Untuk materialnya sendiri Oppo memilih menggunakan material polycarbonate. Pemilihan material ini tentu bertujuan untuk menekan harga jual perangkat dipasaran, mengingat A12 di posisikan untuk mengisi lini ponsel entry level Oppo.

Layar

Beralih ke bagian layar, Oppo membekali smartphone terbarunya ini menggunakan layar IPS berukuran 6,22 inci, beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dengan aspek rasio 19:9. Layar tersebut sudah menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 3 sebagai lapisan pelindung luarnya.

Layar tersebut juga dilengkapi dengan waterdrop notch di bagian atas sebagai tempat meletakkan kamera depan, tidak ketinggalan Oppo turut menyematkan teknologi Blue Light Shield untuk kenyamanan mata pengguna.

Lihat Juga :   Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus, Spec Dewa Banyak Minus

Hardware & Performa

Oppo A12 ditenagai oleh prosesor buatan MediaTek dengan Chipset Helio P35 Octa-Core, dan didukung dengan GPU PowerVR GE8320 di bagian pengolah grafisnya. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 4GB serta penyimpanan berukuran 64GB, Oppo turut menyertakan dukungan slot memori tambahan berjenis MicroSD hingga 256GB.

Review Singkat Oppo A12

Smartphone terbaru Oppo ini berjalan menggunakan ColorOS 6.1 dengan basis Android 9 (Pie). Tidak ada yang spesial dari peforma yang ditawarkan, mengingat ponsel ini memang ditujukan untuk pengguna kelas entry level.

Prosesor Helio P35 menawarkan kinerja stabil untuk penggunaan harian, prosesor ini juga dibekali dengan sistem manajemen daya lebih baik dibanding seri MediaTek lawas. Untuk keperluan gaming, hampir semua game casual dapat dijalankan dengan sempurna serta minim lag.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, Oppo membekali smartphone andalannya ini dengan dua buah kamera di bagian belakang. Kamera tersebut memiliki ukuran lensa 13MP f/2,2 untuk lensa utama dan 2MP f/2.2 sebagai lensa kedalaman, tidak ketinggalan terdapat satu lampu LED yang ditempatkan sejajar dengan kedua lensa tersebut.

Lihat Juga :   5 Alasan Samsung Galaxy S8 Wajib Anda Coba

Sementara untuk bagian depan, Oppo turut membekali ponsel terbarunya ini dengan kamera berukuran 5MP f/2.4.

Baterai

Lanjut ke bagian pemasok daya ponsel, Oppo membekali smartphone terbarunya ini dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Sayangnya untuk pengisan daya, ponsel baru Oppo ini hanya dibekali kemampuan pengisian daya cepat hingga 10W saja.

Fitur Lain

Sebagai ponsel yang ditujukan untuk kelas entry-level, bukan berarti Oppo tidak menghadirkan fitur menarik ke dalam ponsel terbarunya ini. Sebut saja finger print yang berguna sebagai keamanan tambahan ponsel, ditambah hadirnya fitur Face Unlock menambah nilai jual lebih pada smartphone terbaru Oppo ini.

Oppo A12 sudah support dengan jaringan 4G LTE. Sementara untuk fitru tambahan lain, semua lengkap tersedia seperti accelerometer, gyro, proximity, compass, Audio Jack 3.5mm dan Micro USB 2.0.

Harga & Tanggal Rilis

Oppo A12 sudah tersedia di seluruh outlet resmi Oppo, ponsel ini ditawarkan dengan harga Rp 2.499.000. Selain dapat membeli secara langsung, kalian juga bisa mendapatkan ponsel terbaru Oppo ini dengan membeli secara online lewat beberapa e-commerce rekanan Oppo seperti JD.ID, Lazada, Shopee dan Tokopedia.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.