Review Singkat Redmi K20 Pro, Si Perusak Pasar

Posted on

Xiaomi resmi merilis Redmi K20 Pro beberapa waktu lalu, sebuah smartphone android terjangkau dengan peforma yang cukup mentereng. Kehadirannya sempat membuat geger lantaran peforma yang dibawanya sekelas dengan perangkat Flagship, namun memiliki harga yang khas smartphone Mid Range.

Kehadirannya akan berhadapan langsung dengan OnePlus 7 dan Asus Zenfone 6, dengan spesifikasi yang setara namun harga ketiganya terpaut cukup jauh. Inilah yang menjadikan produk Redmi selalu membuat kegaduhan setiap mengeluarkan seri terbaru. Seperti apa detailnya, simak ulasan di bawah ini.

Isi paket Redmi K20 Pro

Tidak ada yang sepesial di dalam paket penjualannya, mengingat harga yang ditawarkan cukup terjangkau sudah pasti Xiaomi tidak membekali sesuatu yang menarik guna menekan harga. Di dalam kotak kita akan mendapat : Unit Redmi K20 Pro, SIM Ejector, Adaptor Charger 18W, USB tipe-C, Hard Case dan Buku Panduan.

Desain

Redmi K20 Pro membawa desain unik lengkap dengan gradasi warna yang sudah semakin terlihat membosankan akhir – akhir ini. Membawa body berukuran 156,7 x 74,3 x 8,8mm serta berat mencapai 191 gram K20 Pro cukup nyaman untuk digunakan, tidak lupa kehadiran Corning Gorilla Glass 5 serta pelapis P2i coating di sekujur body membuat perangkat ini dijamin lebih aman terlindungi.

Lihat Juga :   Review Singkat Oppo A12, Smartphone Murah Oppo?

Bagian depan Redmi K20 Pro terlihat minimalis dengan layar besar yang diapit oleh bezel samping ramping dan dagu sedikit lebih besar. Sementara itu, tepi bawah menampung port USB-C, grille speaker, dan slot kartu dual-SIM. Tepi atas memiliki jack headphone dan kamera selfie pop-up. Serta di sebelah kanan kita akan mendapati tombol power dan volume rocker yang mudah di jangkau.

Layar

Redmi K20 Pro dan Redmi K20 adalah perangkat Redmi pertama yang menggunakan panel berjenis AMOLED . Ukuran layarnya sendiri memiliki resolusi 2.340 x 1.080, dengan bentang layar 6.39 inch, kedalaman yang mencapai 403 PPI serta menganut Rasio Aspek 19.5 :9.

Peformanya sendiri menurut beberapa pengujian menunjukkan nilai yang cukup baik, dengan tampilan gambar yang terbilang tajam. Panel ini mampu menampilkan gambar dengan kualitas HDR, serta dukungan Widevine L1 yang ditambahkan menjadikan ini perangkat yang fantastis untuk konsumsi media.

Peforma

Bagian ini menjadi salah satu yang di andalkan oleh Redmi, dan bintang utamanya adalah prosesor Snapdragon 855 yang dibenamkan ke dalam K20 Pro. Dikombinasikan dengan RAM 6GB atau 8GG, menjadikan perangkat ini menjadi salah satu yang terkencang untuk urusan peforma. Manajemen RAM di MIUI juga menjadi jauh lebih baik, serta cukup stabil dalam menjalankan berbagai aplikasi maupun multi tasking.

Lihat Juga :   Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus, Spec Dewa Banyak Minus

Berbekal GPU Adreno 640 bermain game menggunakan perangkat ini adalah perkara yang mudah. Kita ambil contoh mobile game paling laris saat ini PUBG, dapat berjalan dalam mode paling tinggi tanpa ada kendala sama sekali. Redmi juga memperkenalkan fitur Game Turbo khusus untuk lebih merampingkan kinerja dan menonaktifkan notifikasi saat sedang berada dalam game.

Untuk urusan konsumsi daya sepertinya anda tidak perlu khawatir, pasalnya K20 Pro dibekali baterai berkapasitas 4000mAh dengan dukungan pengisian cepat 18W. SOT di perangkat ini dapat mencapai 7 Jam, lumayan irit untuk ukuran smartphone dengan spesifikasi seperti ini.

Kamera

Lagi – lagi Redmi K20 Pro adalah perangkat seri Redmi pertama yang menawarkan banyak focal length. Jika biasanya kita dihadapkan dengan preset kamera yang seadanya di seri Redmi, maka di K20 Pro ini jauh lebih “Mendingan”. Berbekal setup kamera Standar resolusi 48MP, f /1.75, 0.8μm, Sony IMX586, lensa Wide-angle 13MP, f /2.4, 1.12μm, 124.8 derajat FoV, serta lensa Tele 8MP, f /2.4, 1.12μm, 2x optical zoom di bagian belakang K20 Pro menawarkan pengalaman fotografi yang sangat menyenangkan.

Lihat Juga :   Review Indonesia Samsung Galaxy J3 Pro SM-J3119

Untuk kamera bagian depan K20 Pro dibekali kamera pop-up dengan resolusi 20MP dimana kamera tersebut sudah mampu digunakan untuk merekam video 4K 60fps.

Kesimpulan

Redmi K20 Pro merupakan pilihan paling tepat untuk saat ini jika anda sedang mencari smartphone peforma tinggi dengan harga terjangkau. Menawarkan spesifikasi “Monster” namun dijual dengan harga yang cukup terjangkau, membuat perangkat satu ini memang cocok disebut dengan “Flagship Killer”.

Hardware premium peforma tinggi, baterai berkapasitas besar, desain cukup menari serta kamera yang diatas rata – rata K20 Pro merupakan pilihan paling bijak di segmen smartphone Mid Range.

Kelebihan :
  • Harga terbaik di kelasnya.
  • Kinerja tinggi.
  • Kamera di atas rata – rata.
  • Desain up to date.
Kekurangan :
  • Bloatware dan iklan mengangu di MIUI.
  • Kamera masih kalah jika dibanding dengan kompetitor.
  • Charger bawaan kurang oke.