Review Singkat Xiaomi Redmi 8A Pro, Apakah Worth it?

Posted on

Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone entry level terbarunya untuk pasar Indonesia pada 2 April lalu, masih satu keluarga dengan Redmi series 8 yang sudah diperkenalkan sejak akhir tahun lalu perubahan apa saja yang dibawa Redmi 8A Pro jika dibandingkan dengan pendahulunya?

Desain & Material

Meskipun secara kasta Redmi 8A Pro lebih tinggi dibanding Redmi 8A, bukan berarti Xiaomi memberi banyak perubahan pada sektor ini. Secara visual nampak bagian depan tidak ada perbedaan sama sekali, bahkan secara dimensi-pun sama persis tidak ada yang berubah.

Perbedaan baru akan anda temukan ketika melihat bagian belakang ponsel ini, perbedaan paling mencolok dari keduanya sudah pasti ada pada kamera utamanya. Untuk Redmi 8A anda hanya akan menemukan satu kamera yang tersusun bersama flash, sedangkan Redmi 8A Pro sudah membawa peningkatan berupa kamera ganda lengkap dengan lampu flash pada bagian atas.

Material keduanya juga sedikit berbeda untuk bagian cover belakang, dimana Redmi 8A Pro sudah menggunakan cover dengan desain 3D Curve Grip lengkap dengan matte finishing.

Layar

Tidak banyak yang berubah, Redmi 8A Pro masih membawa layar berjenis IPS LCD dengan kedalaman mencapai 16 juta warna. Diameter serta resolusi juga tidak ada perbedaan, 6,22 inch pada resolusi 720 x 1520 pixel dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5, cukup standar untuk ponsel di kelas entry level.

Lihat Juga :   Review Indonesia Samsung Galaxy J3 Pro SM-J3119

Hardware & Performa

Redmi 8A Pro sudah menggunakan MIUI 11 secara default dengan basic Android 9 (Pie), walaupun tidak ada informasi mengenai update ke Android 10 anda tidak perlu kawatir mengingat ini produk baru. Hanya masalah waktu saja sampi Xiaomi memberikan update secara rata.

Review Singkat Xiaomi Redmi 8A Pro, Apakah Worth it?
Gambar : Xiaomi

Berbekal dua varian konfigurasi memori system (2/32GB dan 3/32GB) yang masih bisa di ekspansi menggunakan MicroSD, ternyata Redmi 8A Pro tidak membawa perubahan pada bagian prosesor, Xiaomi masih setia menggunakan prosesor lansiran Qualcomm varian Snapdragon 439. Cukup mengejutkan jika melihat Redmi 8A Pro untuk pasar India, yang mana Xiaomi menganti prosesor dengan Snapdragon 450 yang punya performa sedikit lebih kencang jika dibandingkan dengan varian Snapdragon 439.

Untuk kebutuhan gaming anda tidak bisa berharap terlalu banyak pada GPU Adreno 505, cukup untuk memainkan game – game casual modern atau kalau ingin memaksa bermain game berat bisa diakali dengan menurunkan settingan grafiknya, tapi ingat hal tersebut tidak menjamin kenyamanannya ya.

Lihat Juga :   Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus, Spec Dewa Banyak Minus

Kamera

Pada sektor ini Redmi 8A Pro membawa peningkatan cukup besar dibanding pendahulunya, kehadiran dual kamera pada bagian belakang nampaknya menjadi nilai jual untuk produk Xiaomi satu ini. Berbekal konfigurasi dual kamera dengan resolusi 13 MP f/2.2 Wide serta 2 MP f/2.4 Depht, Redmi 8A Pro cukup bisa diandalkan untuk mengambil gambar di ruangan cukup cahaya. Foto yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan media social seperti Instagram.

Untuk kamera depan Xiaomi membekali Redmi 8A Pro dengan kamera beresolusi 8MP F/2.0, untuk gambar yang dihasilkan sendiri sudah cukup bagus.

Baterai

Menjadi salah satu bagian paling penting untuk Smartphone jaman sekarang, baterai menjadi salah satu pertimbangan untuk seseorang membeli sebuah ponsel. Untungnya Xiaomi masih bermurah hati dengan membekali Redmi 8A Pro sebuah baterai berukuran jumbo dengan kapasitas 5000 mAh, ukuran yang terbilang besar untuk sebuah Smartphone saat ini.

Dengan prosesor yang terkenal irit daya ditambah baterai berukuran besar, di atas kertas Redmi 8A Pro bakal mampu bertahan seharian penuh tanpa perlu melakukan isi ulang. Satu lagi point penting pada bagian ini, Xiaomi tidak lupa menyematkan kemampuan pengisian daya cepat hingga 18W pada ponsel terbarunya ini. Jadi anda tidak perlu khawatir soal waktu charger yang bakal lama karena ukuran kapasitas baterai yang besar tadi.

Lihat Juga :   Review Singkat Realme C3, HP Entry Level Realme

Fitur lain

Tidak ada perubahan pada bagian ini, sebut saja USB Type-C 1.0, Radio, Accelerometer, Kompas, Bluetooth support A2DP dan OTG, semua masih lengkap tersedia tanpa ada yang dikurangi.

Harga dan tanggal rilis

Menurut keterangan yang diberikan melalui instagram account Xiaomi, Redmi 8A Pro akan mulai dapat dipesan di beberapa merchant online rekanan Xiaomi pada tanggal 7 April mendatang. Untuk harganya sendiri dibagi menjadi dua sesuai variannya, untuk varian 2/32GB dijual dengan harga Rp 1.599.000 dengan harga perkenalan Rp 1.549.000 serta untuk varian 3/32GB ada di harga Rp 1.699.000 dengan harga perkenalan Rp 1.649.000. Lengkap dengan cover garansi selama 24 bulan, serta bonus kuota dari Smartfren hingga 41GB.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.