Samsung Dikabarkan Segera Merilis AI Canggih Bernama NEON

Posted on

kinemaster.co.id – Pada perhelatan CES 2020 lalu, Samsung secara resmi mengumumkan NEON, yakni sebuah Artificial Human. Pada deskripsi situs resminya, NEON adalah mahkluk virtual yang dibuat secara komputasi yang terlihat dan berperilaku seperti manusia. Menariknya, sebuah laporan baru menyebut NEON akan tersedia untuk smartphone dalam waktu dekat.

Laporan tersebut disampaikan langsung oleh Pranav Mistry, CEO dari STAR Labs (Samsung Technology and Advanced Research), melalui akun Twitter pribadi-nya. Bahkan sejumlah peneliti telah membagikan foto dari frame yang akan digunakan untuk NEON, yakni sebuah panel LCD seukuran manusia normal.

Pada postingan tersebut, leaker terkenal dengan nick @IceUniverse sempat melontarkan sebuah pertanyaan, “apakah NEON akan tersedia di perangkat seperti smartphone?”. Kabar baiknya, sang CEO memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Pranav menyebut NEON saat ini sudah tersedia pada ponselnya, dan tengah dalam masa pengujian. Dirinya juga mengatakan tentang kemungkinan NEON akan tersedia sebelum Natal tahun ini.

Lihat Juga :   Xiaomi Mi 11 Ultra Akan Dibekali Kamera 50MP ISOCELL GN2 Terbaru

NEON merupakan sebuah program asisten virtual yang akan hadir di perangkat seluler. Berbeda dengan AI pada umumnya, NEON mampu mempelajari sebuah keterampilan serta membentuk sebuah ingatan. Lebih menariknya lagi, NEON akan memiliki penampilan secara virtual, sekaligus dapat menunjukkan emosi seperti manusia.

NEON juga dapat diprogram untuk melakukan berbagai hal. Menurut detail di situs resminya, NEON bisa menjadi guru, instruktur yoga, narator, reporter dan banyak lagi. Sebuah wawancara CNET awal tahun ini dengan Pranav Mistry mengatakan bahwa asisten virtual tersebut tidak akan menjadi pengganti dari Bixby atau asisten AI lain yang tersedia pada saat ini.

Tidak begitu jelas bagaimana NEON akan bekerja pada perangkat, tetapi akan ada lebih banyak detail ketika kita melihatnya muncul di perangkat seluler sebelum akhir tahun ini.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.