Samsung Galaxy S2 Terima Pembaruan Android 11 Lewat CustomROM

Posted on

kinemaster.co.id – Kabar unik datang dari forum komunitas Android terbesar saat ini, XDA. Pasalnya, salah seorang pengembang pada forum tersebut berhasil menginstall Android 11 ke dalam Samsung Galaxy S2. Meski bukan merupakan pembaruan resmi, berita ini cukup menarik mengingat ponsel terbaru saat ini saja masih cukup banyak yang belum merasakan versi terbaru dari Android ini.

Samsung Galaxy S2 memulai debut perdana-nya pada bulan Februari tahun 2011 lalu. Model ini menjadi penerus dari seri Galaxy S yang diluncurkan sebelumnya. Memulai debut dengan Android 2.3 Gingerbread, ponsel ini mendapat pembaruan software hingga versi Android 4.1.2 Jelly Bean. Namun karena popularitasnya di komunitas pengembang, hingga saat ini masih cukup banyak custom ROM yang tersedia untuk perangkat ini.

Tidak seperti pembaruan resmi yang dirilis OEM, Android 11 untuk Samsung Galaxy S2 mengambil basis dari LineageOS 18.1. Sedikit informasi, LineageOS merupakan customROM yang dikembangkan oleh beberapa anggota senior XDA. Menariknya, karena ROM ini memiliki Isolated Recovery (IsoRec) yang kompatible dengan kernel bawaan, pengguna dapat melakukan pembaruan melalui proses flashing menggunakan Odin. Namun perlu dicatat, proses ini akan otomatis mempartisi ulang penyimpanan internal ponsel.

Lihat Juga :   Kenapa Kita Harus Menggunakan Anti Virus di Ponsel Android

Bagaimana Anda tertarik? Bukan ide yang buruk mencoba modding menggunakan perangkat yang mungkin saat ini sudah menjadi fosil disudut rumah. Selain menambah pengetahuan, tentu kita bakal mendapat pengalaman baru.

Pada halaman pengembang tersebut tertulis jika pembaruan ini hanya bisa di install di perangkat Samsung Galaxy S2 dengan nomor model GT-19100. Untuk saat ini, baru layar, Wi-Fi, kamera, serta audio saja yang dapat berfungsi dengan baik. Beberapa bug yang masih dalam proses penyelesaian antara lain, RIL (baru bisa menerima panggilan, belum bisa melakukan panggilan), GPS, Radio FM, Screencasting, dan fitur lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba ROM ini, silahkan langsung menuju halaman pengembangnya di sini. Tapi ingat, do with your own risk!

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.