Samsung Gandeng Insinyur Stanford Kembangkan Layar OLED 10.000 PPI

Posted on

Droidmgaz.com – Samsung dikabarkan tengah menjalin kerja sama  dengan para insinyur dari Universitas Stanford untuk membuat panel layar dengan kepadatan piksel tertinggi untuk saat ini. Layar yang akan segera dipamerkan secara resmi tersebut akan menjadi layar dengan 10.000 PPI pertama di dunia.

Layar Samsung tersebut akan dibangun menggunakan panel surya ultra tipis dengan memanfaatkan arsitektur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Meski belum ada kepastian kapan layar tersebut dapat digunakan, Samsung cukup optimis panel layar buatannya tersebut akan menjadi gebrakan besar di industri layar smartphone.

Samsung mengatakan, secara teori panel buatannya tersebut bakal bisa digunakan untuk TV pintar, headset VR, dan smartphone. Khusus untuk perangkat VR, perusahaan mengklaim panel ini nantinya akan menghilangkan apa yang disebut “screen door effect”.

Screen door effect merupakan celah antar piksel yang terlihat karena jarak mata kita yang terlalu dekat dengan permukaan layar. Masalah ini muncul di semua perangkat VR untuk saat ini, dan belum ada satupun teknologi layar yang mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Lihat Juga :   Oppo Patenkan Smartwatch Dengan Layar Melengkung 3D

Teknologi layar OLED baru sangat bergantung pada film yang memancarkan cahaya putih. Fitur tersebut memanfaatkan lapisan perak yang terbuat dari logam reflektif yang memungkinkan beberapa warna untuk melakukan resonasi. Proses tersebut nantinya akan menghasilkan tampilan dengan kepadatan tinggi tanpa harus khawatir kehilangan kontras.

Satu – satunya tantangan yang harus dihadapi Samsung mungkin ada pada kepraktisan panel dengan banyaknya jumlah piksel yang harus didorong.

Menulis untuk mengisi waktu luang.