Samsung Kembangkan Sensor Kamera Beresolusi 600MP

Posted on

Samsung saat ini telah membuat kemajuan besar dalam industri sensor kamera smartphone. Samsung juga menjadi perusahaan smartphone pertama yang mampu membuat sensor kamera dengan resolusi mencapai 108 megapiksel.

Tetapi nampaknya dengan semua pencapaian tersebut Samsung belum mau berhenti untuk melakukan inovasi, terutama dalam jumlah megapiksel kamera smartphone.

Lewat sebuah artikel resmi, Samsung mengungkapkan saat ini mereka tengah berencana untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi 600 megapiksel. Yongin Park, Executive Vice President and Head of Sensor Business Team, System LSI Business mengungkapkan sensor dengan resolusi 600 megapiksel masih sangat bisa diterima oleh mata manusia.

Namun, dengan sensor 48 megapiksel dan 12 megapiksel yang ada sekarang, sepertinya kehadiran sensor kamera dengan resolusi 600 megapiksel masih memerlukan waktu lama. Untuk mewujudkan rencana tersebut, raksasa Korea Selatan ini juga masih perlu mengembangkan teknologi baru.

Seperti yang kita ketahui, Samsung telah behasil menciptakan teknologi pixel binning. Sensor 64MP dari Samsung menggunakan 2 × 2 pixel binning, sedangkan sensor 108MP menggunakan 3 × 3 pixel binning. Teknologi tersebut berperan untuk meningkatkan penyerapan cahaya pada sensor kamera dalam kondisi cahaya rendah.

Lihat Juga :   Muncul Petisi Dari Pengguna Xiaomi Mi Mix 3, Ada Apa?

Ambisi Samsung untuk sensor kamera di masa depan tidak terbatas pada resolusi 600MP. Divisi Sistem LSI Bisnis Samsung yang berurusan dengan sensor dan gambar, juga tengah mencari cara untuk membuat sensor yang dapat mendefinisikan bau dan rasa.

Selain memasok sensor kamera untuk smartphone. Samsung juga berencana menyediakan sensor yang dapat digunakan untuk perangkat lainnya, seperti kendaraan otonom (AV), drone, dan perangkat IoT (Internet of Things) lainnya.

Saat ini Samsung dilaporkan tengah mengerjakan sensor kamera dengan resolusi 150MP menggunakan teknologi Nonacell, dan diharapkan akan mulai tersedia mulai Q4 2020.

 

Sumber : 1

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.