Samsung Pasok Prosesor Exynos Untuk Google

Posted on

Sebuah laporan dari Korea Selatan memberitakan bahwa saat ini Samsung tengah mengarap prosesor Exynos yang di desain kusus untuk Google. Kabar ini tentu sangat mengejutkan mengingat Google selama ini setia menggunakan chipset Qualcomm, terutama untuk produk smartphone mereka.

Sebagai produsen yang ditunjuk mitra oleh Google, Samsung sendiri saat ini tengah berada dalam masa sulit untuk urusan peforma SoC buatan mereka. Semenjak rilis Samsung Galaxy S20, Samsung mendapat banyak sekali kritikan terkait peforma chipset Exynos. Masalah tersebut muncul lantaran dari beberapa tipe Exynos yang dikeluarkan tahun ini, tidak satupun yang mampu menandingi peforma chipset buatan Qualcomm.

Meskipun menuai banyak sekali kritikan, Samsung nampaknya akan tetap menggunakan Exynos untuk kedepannya. Hal tersebut terlihat dari dimulainya kontrak kerjasama antara Samsung dengan raksasa mesin pencarian Google baru – baru ini, terlebih Samsung saat ini menjadi produsen chipset ponsel terbesar ke tiga di dunia. Rasanya sulit untuk tiba – tiba menutup produksi Exynos lalu beralih ke merk kompetitor.

Lihat Juga :   Realme UI 2.0 Berbasis Android 11 Beta Sudah Tersedia Untuk Dicoba

Chipset ‘pesanan’ Google ini akan diproduksi menggunakan proses LPE 5nm Samsung. Chipset ini akan menampilkan CPU octa-core yang terdiri dari dua core Cortex-A78, dua Cortex-A76 core, dan empat Cortex-A55 core. Untuk urusan olah grafik, Samsung mempercayakan pada GPU Mali MP20. Terakhir, SoC Exynos custom ini akan menyertakan Visual Core ISP dan NPU milik Google bukan Samsung.

Tidak diketahui perangkat mana yang akan menggunakan chipset Exynos khusus ini terlebih dahulu. Bisa saja Google menggunakan prosesor tersebut untuk digunakan pada sistem server mereka, atau malah untuk Pixel baru?

Google sendiri sejak tahun lalu dikabarkan tengah mencari perancang chip dari Intel , Qualcomm, Broadcom , dan NVIDIA untuk membangun chipset sendiri untuk smartphone dan server. Samsung sendiri diketahui telah bermitra dengan AMD untuk menghadirkan GPU Radeon ke chipset-nya sejak tahun lalu. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada kabar kelanjutan mengenai kerjasama ini.

Menulis untuk mengisi waktu luang.