Samsung Resmi Umumkan Sensor Kamera ISOCELL Baru

Posted on

kinemaster.co.id – Samsung baru saja mengumumkan kehadiran empat sensor kamera ISOCELL terbaru untuk jajaran produk piksel 0,7 mikrometer (μm). Empat sensor baru tersebut adalah ISOCELL HM2 108 megapiksel, ISOCELL GW3 64 megapiksel, ISOCELL GM5 48 megapiksel, dan ISOCELL JD1 32 megapiksel. Lalu seperti apa teknologi kamera terbaru Samsung ini? Berikut ulasannya.

Teknologi ISOCELL 0,7μm yang dikembangkan Samsung ini bertujuan untuk menghadirkan resolusi ultra pada kamera smartphone mainstream. Dengan teknologi ini, Samsung ingin membuat sebuah sensor kamera berukuran kecil namun tetap lebih bertenaga. Harapannya tentu saja untuk menghadirkan desain smartphone yang tipis namun tetap compact.

Samsung sendiri mengklaim, bahwa sensor terbarunya nanti bakal memiliki ukuran 15% lebih kecil dari sensor 0,8μm yang umum digunakan. Selain itu dengan ukuran resolusi yang sama, modul kamera baru Samsung nantinya akan lebih pendek 10% dari generasi sebelumnya. Faktor ukuran yang lebih kecil tersebut akan lebih banyak memberikan fleksibilitas kepada produsen untuk menambahkan beberapa fitur tambahan.

Lihat Juga :   Xiaomi Dikabarkan Akan Menghentikan Produksi Ponsel 4G Pada Akhir 2020 Mendatang

Samsung sendiri telah mengembangkan teknologi bernama ISOCELL Plus dan Smart ISO, yang mana dioptimalkan secara khusus untuk ukuran sensor 0,7μm. Perusahaan menjelaskan bahwa ISOCELL Plus berguna untuk mempertahankan cahaya yang diterima, sementara Smart ISO bekerja untuk memanfaatkan cahaya yang masuk tersebut dan menyesuaikan ISO-nya secara cerdas.

Samsung ISOCELL HM2

Ini adalah sensor kamera berukuran 108MP ketiga dari Samsung setelah HMX dan HM1. Hadir dengan solusi pendeteksi fase autofokus yang lebih cepat dan efektif, dan dilengkapi dengan teknologi nine-pixel binning serta 3x lossless zoom.

ISOCELL GW3

Sensor berukuran 64MP ini dioptimalkan untuk perangkat mainstream dan dilengkapi dengan teknologi Tetracell dan Smart-ISO. Model ini juga memiliki fitur stabilisasi gambar elektronik (EIS) berbasis gyro untuk bidikan yang lebih tajam dan video yang lebih stabil, serta mendukung perekaman video hingga resolusi 4K pada 60 frame per detik (fps).

Samsung ISOCELL GM5

Merupakan sensor berukuran 48MP yang dirancang untuk digunakan pada lensa teleskop atau lensa ultra lebar. Senor model ini menawarkan fitur HDR untuk foto lebih cerah dan lebih jelas dengan sedikit noise. Samsung ISOCELL GM5 menawarkan teknologi HDR yang lebih cepat dan lebih hemat daya, namun memiliki kemampuan pemrosesan gambar super cepat.

Lihat Juga :   Link Video Viral 61 Detik Mirip Artis di Tiktok dan Twitter Bacol

ISOCELL JD1

Sensor gambar 32MP yang ditujukan untuk smartphone dengan layar tanpa bingkai yang menggunakan desain hole-in-active-area atau mekanisme pop-up bermotor untuk kamera depan. Seperti GM5, JD1 juga merupakan sensor gambar ISOCELL pertama yang menawarkan teknologi HDR terbaru.

Samsung menyebut sensor HM2, GW3, dan JD1 saat ini sedang di produksi secara massal. Sementara untuk model GM5, Samsung telah mengirimkan sampel sensor tersebut kepada sejumlah pelanggan.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.