Samsung Rilis GameDriver, Aplikasi Untuk Update Driver GPU Ponsel

Posted on

kinemaster.co.id – Qualcomm menjadi produsen chipset mobile pertama yang menghadirkan dukungan untuk update driver GPU lewat peluncuran seri chipset Snapdragon 865. Beberapa bulan kemudian, barulah ARM melakukan hal yang sama, yakni menghadirkan dukungan update dirver GPU melalui software update.

Xiaomi tercatat menjadi perusahaan OEM pertama yang menghadirkan dukungan tersebut awal tahun ini. Tidak lama kemudian, OPPO dan VIVO mengikuti langkah Xiaomi menghadirkan dukungan update driver. Dan sekarang, Samsung turut merilis dukungan pembaruan driver dengan meluncurkan aplikasi bernama GameDriver.

Tidak bisa dipungkiri, smartphone menjadi gerbang terbukanya wawasan mengenai Internet di sejumlah negara berkembang. Smartphone juga menjadi perangkat pintar pertama bagi sebagian besar orang, sekaligus perangkat gaming modern yang paling mudah dijangkau. Oleh sebab itu, industri gaming mobile saat ini telah tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa tinggi.

Akibatnya, belakangan muncul fenomena yang disebut ‘Smartphone Gaming’. Bahkan tidak jarang, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan OEM sebagai gimmick iklan, tidak perduli apakah itu perangkat kelas premium atau ponsel seri low-end sekalipun.

Lihat Juga :   OPPO Akan Luncurkan Smartphone Pertama Dengan Chipset Dimensity 800U

Fenomena tersebut juga’lah yang mendorong perusahaan pembuat chip untuk menghadirkan dukungan update driver GPU pada chipset buatan-nya. Dengan memberikan update driver GPU, OEM berharap peforma perangkat dapat ditingkatkan untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

Tentang Samsung GameDriver

Kembali ke Samsung, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut menyebut aplikasi GameDriver merupakan bagian dari inisiatif perusahaan Galaxy GameDev. GameDriver akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian untuk GPU ARM Mali (ponsel dengan chiset Exynos), dan varian untuk GPU Qualcomm Adreno (ponsel dengan chipset Snapdragon). Kedua varian aplikasi terebut saat ini telah tersedia di Google Play Store, dan Samsung Galaxy Store.

Saat ini, aplikasi GameDriver hanya mendukung smartphone Samsung dengan seri Galaxy S20 dan Galaxy Note20. Selain itu, baru ada beberapa judul games yang support dengan aplikasi GameDriver, seperti Call of Duty: Mobile, Black Desert, dan Fortnite.

Kami berharap, Samsung akan segera merilis dukungan ke lebih banyak seri perangkat dalam beberapa bulan mendatang. Samsung juga dikabarkan telah bermitra dengan lebih dari 50 studio game, penerbi, hingga perusahaan pembuat game.

Menulis untuk mengisi waktu luang.