Samsung Rilis Pembaruan Android 11 Untuk Samsung Galaxy Note 10

Posted on

kinemaster.co.id – Setelah seri flagship terbarunya, Samsung mulai merilis pembaruan Android 11 untuk beberapa model sebelumnya. Nampaknya seri pertama yang mendapat update Android 11 adalah Samsung Galaxy Note 10.

Dikutip dari halaman Sammobile, Samsung baru saja merilis pembaruan OneUI 3.0 berbasis Android 11 bagi pengguna Galaxy Note 10 (SM-970F), Note 10+ (SM-975F), dan Note 10+ 5G (SM-976B). Pembaruan tersebut hadir dalam dua versi firmware, pertama adalah versi N97xFXXU6ETLL untuk varian 4G di wilayah Jerman, dan yang kedua adalah  versi N976BXXU6ETLL untuk model 5G di wilayah Spanyol dan Swiss.

Selain menghadirkan peningkatan sistem Android, pembaruan juga disertai patch keamanan untuk bulan Desember 2020. Samsung sendiri diketahui telah merilis pembaruan stabil OneUI 3.0 sejak awal Desember silam. Update tersebut hadir pertama kali untuk seri flagship perusahaan, sebelum nantinya berlanjut ke seri lainnya.

Android 11 di Galaxy Note 10

Pembaruan Android 11 pada Samsung Galaxy Note 10 hadir dengan sejumlah fitur baru. Beberapa fitur tersebut diantaranya gelembung percakapan, kontrol media baru, manajemen izin yang ditingkatkan, serta bilah notifikasi yang terorganisir. Selain itu, pembaruan juga mencakup sejumlah fitur baru yang dibawa oleh OneUI 3.0.

Lihat Juga :   Pengguna Google Pixel 5 Melaporkan Masalah Celah Pada Panel Layar
Fitur OneUI 3.0 Berbasis Android 11 | Foto credit ©GSMArena

Kabar baiknya, Samsung merilis pembaruan tersebut tanpa menaikkan versi bootloader. Secara teori, pengguna masih bisa melakukan downgrade versi Android dengan mudah. Perlu di catat, hal tersebut hanya berlaku unutk varian Exynos. Sementara untuk varian Snapdragon (AS, Kanada, dan Cina) jangan mencoba melakukan flashing secara manual.

Samsung memulai pengembangan OneUI 3.0 berbasis Android 11 pada bulan Agustus bersamaan dengan peluncuran seri Galaxy Note 20. Setelah versi pengembang pertama dirilis, tidak butuh waktu lama bagi Samasung untuk merilis versi beta untuk sejumlah perangkat, termasuk Galaxy Note 10. Namun selang beberapa hari setelah perilisan, Samsung memutuskan menghentikan pembaruan tersebut akibat ditemukannya sejumlah bug.

Namun sekarang setelah beberapa bulan pengembangan, versi stabil akhirnya telah tersedia. Untuk saat ini pembaruan memang baru tersedia untuk sejumlah wilayah terbatas, namun dalam beberapa hari mendatang update tersebut pasti tersedia untuk wilayah lainnya.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.