Samsung & Xiaomi Bikin Sensor Kamera 108Mp, Untuk Apa?

Posted on

Kabar terbaru datang dari raksasa teknologi asal Korea, Samsung. Kabarnya salah satu produsen smartphone terbesar di dunia ini telah berhasil membuat sebuah sensor kamera beresolusi 108Mp. Menariknya ada campur tangan Xiaomi di balik pencapaian mengagumkan tersebut.

Teknologi bernama ISOCELL BRIGHT HMX tersebut menjadi sensor gambar seluler pertama di industri yang melampaui 100 juta piksel. Dengan sedikit perbaikan, Samsung akan memperluas penawaran sensor gambar 0,8μm dari yang baru-baru ini diumumkan sebesar 64Mp menjadi 108Mp. Sebuah resolusi yang setara dengan kamera DSLR kelas atas.

Kelebihan ISOCELL BRIGHT HMX

Dengan lebih dari 100 juta piksel efektif, akan memungkinkan untuk menghasilkan sebuah foto yang terlihat sangat tajam dan kaya detail. ISOCELL Bright HMX juga dapat menghasilkan foto yang luar biasa bahkan dalam kondisi pencahayaan yang ekstrem sekalipun. Menjadi sensor kamera smartphone pertama yang mengadopsi ukuran besar 1 / 1,33 inci, Samsung menjanjikan performa kamera handal bahkan di ruangan yang minim cahaya.

Kemampuan sensor kamera terbaru Samsung ini memang cukup unik. Pada kondisi lingkungan terang, Smart-ISO sebuah mekanisme yang secara cerdas memilih tingkat penguatan amplifier sesuai dengan pencahayaan lingkungan untuk konversi sinyal cahaya-ke-listrik yang optimal.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy S20 Ultra & Note 20 Ultra Mengalami Masalah Pengisian Nirkabel Setelah Menerima Pembaruan

Kemudian selanjutnya beralih ke ISO rendah untuk meningkatkan saturasi piksel dan menghasilkan foto yang jelas. Mekanisme ini menggunakan ISO tinggi dalam pengaturan yang lebih gelap yang membantu mengurangi noise, menghasilkan gambar yang lebih jelas.

“Untuk ISOCELL Bright HMX, Xiaomi dan Samsung telah bekerja sama secara erat dari tahap konseptual awal hingga produksi yang menghasilkan sensor gambar 108Mp yang inovatif. Kami sangat senang bahwa resolusi gambar yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa kamera DSLR tingkat atas sekarang dapat dirancang menjadi smartphone. ” Kata Lin Bin, salah satu pendiri dan presiden Xiaomi.

“Seiring kami melanjutkan kemitraan kami, kami mengantisipasi tidak hanya menghadirkan pengalaman kamera ponsel baru. Tetapi juga platform di mana pengguna kami dapat membuat konten unik.”

“Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi piksel dan logika untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL kami untuk menangkap dunia sedekat apa yang dilihat mata kita.” kata Yongin Park, wakil presiden eksekutif bisnis sensor di Samsung Electronics.

“Melalui kerja sama erat dengan Xiaomi, ISOCELL Bright HMX adalah sensor gambar seluler pertama yang mengemas lebih dari 100 juta piksel. Mampu memberikan reproduksi warna yang tak tertandingi, serta detail yang memukau dengan teknologi Tetracell Plus yang canggih.”

Produksi massal untuk Samsung ISOCELL Bright HMX ini akan dimulai akhir bulan ini. Sepertinya tahun depan akan muncul banyak sekali smartphone dengan spesifikasi kamera gila, kita nantikan saja kehadirannya.