Sebelum Update, Intip 10 Fitur Baru di Android 10 Yang perlu Anda Ketahui

Posted on

Update Android versi terbaru saat ini tengah berjalan. Pixel series jelas menjadi yang pertama menikmati update Android terbaru ini. Sementara untuk merek lain tinggal menunggu waktu saja, beberapa produsen telah mengkonfirmasi akan segera memberikan pembaruan tersebut pada jajaran produk andalannya.

Selain membuat heboh dengan keputusan Google menghilangkan Nick Name untuk setiap versinya, Android 10 ternyata juga membawa beberapa fitur unik yang mungkin sudah lama dinantikan oleh pengguna-nya.

Update paling kentara adalah hadirnya beberapa tema yang sekarang lebih ramah dengan ponsel berdesain EDGE, serta beberapa smartphone bergaya lipat. Ditambah pada versi Android terbaru saat ini juga menaruh fokus pada keamanan data pribadi serta kemampuan asisten digital. Lalu fitur baru apa saja yang disematkan Google pada Android 10 ini, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Ramah dengan desain smartphone kekinian

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, desain smartphone jaman sekarang semakin beragam. Dari yang mulai menghilangkan bezel, sampai smartphone yang bisa di lipat layaknya sebuah kertas. Berkaca dari tren ini, Google sepertinya mengambil langkah cepat dengan menghadirkan beberapa tema yang sudah “ramah” dengan berbagai desain tersebut.

Lihat Juga :   Dikabarkan Masuk Proses Produksi, Samsung Galaxy M12 Segera Rilis?

Live Captions

Fitur satu ini akan sangat membantu bagi pengguna disabilitas, khususnya teman – teman tuna rungu. Andorid 10 mempunyai fitur canggih yang dapat secara otomatis menampilkan teks percakapan video, audio bahkan sampai menjelaskan apapun yang tampil di layar smartphone. Mirip seperti subtitle tapi versi lebih pintar.

Namun sayangnya untuk saat ini, fitur tersebut baru hadir di perangkat Pixel. Tapi kalian tidak perlu khawatir, fitur ini bakal ada di semua perangkat yang menjalankan Android 10 nantinya. Hanya tinggal menunggu update dari masing – masing vendor saja.

Smart Reply Notification

Seperti yang sudah kami singgung di atas. Pada update kali ini, Google lebih fokus pada kemanan privasi bagi para penggunanya. Walaupun fitur ini sebenarnya sudah ada di Android versi sebelumnya, pada Android 10  Google memperluas lingkup fungsional-nya.

Seperti namanya, kalian akan dapat membalas pesan tanpa perlu membukanya. Ini akan sangat bermanfaat ketika kita berada di tengah keramaian, dan tidak ingin seorang pun tahu isi pesan yang dikirim untuk kita.

Lihat Juga :   Oppo A21 Smartphone Murah Dari Oppo Untuk Indonesia

Sayangnya fitur ini masih terbatas pada beberapa kalimat hasil auto – generated suggestion saja, jadi balasannya mungkin masih sangat template ya seperti “terimakasih”, “nanti saya hubungi” dan sebagainya.

Dark Theme

Setelah melewati penantian panjang, akhirnya Google menghadirkan Dark Theme di Android versi 10 ini. Kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ke tiga untuk menikmati tampilan gelap pada gadget kesayangan kita. Kerennya lagi, Dark Theme di Android 10 dapat diterapkan juga pada 3rd App lain seperti Whatsapp, Line, Facebook, dan lainnya.

Immersive Gesture Navigation

Siapa yang tidak suka dengan kemudah navigasi di iOS terbaru? Nampaknya lewat update Android 10 ini, Google berusaha menghadirkan kemudahan navigasi layaknya iPhone.

Gesture Navigasi sendiri sebenarnya bukan hal baru di Android, pada Android versi 9.0 (Pie) kalian sudah dapat menikmati fitur ini. Meskipun pada versi tersebut Gesture Navigasi masih mempunyai beberapa Soft-Key Button di layar bagian bawah. Nah, di Android 10 ini nantinya Soft-Key tersebut bakal dapat di setting untuk tidak ditampilkan.

Lihat Juga :   Realme Bersiap Rilis Smartphone Entry Level Baru, Realme C21 dan Realme C25

Kontrol penuh terhadap akses lokasi

Lagi – lagi berkaitan dengan data privasi, sepertinya Google benar – benar fokus akan isu ini. Di Android versi terbaru, anda akan dapat mengkontrol penuh akses lokasi hanya pada aplikasi yang membutuhkannya. Jika sebelumnya kita hanya diberikan persetujuan untuk memilih Ya atau Tidak, ke depan kita akan diberikan tiga opsi baru yakni “bolehkan untuk saat ini” “bolehkan hanya di aplikasi ini” serta “jangan bolehkan”.

Lebih cepat up to date

Android 10 akan menawarkan update secara berkala di setiap perangkat yang menjalankannya. Pembaharuan tersebut meliputi security patch, serta privacy fix. Uniknya update tersebut akan dapat dilakukan hanya melalui Play Store saja, tanpa perlu menunggu update native yang dibagikan lewat menu sistem.

Nah itu tadi beberapa fitur terbaru yang dapat kalian coba di Android 10 nantinya. sudah tidak sabar untuk mencoba? Langsung saja cek di menu update, siapa tau perangkat kalian sudah mendapatkan update terbaru ini.