Selesai Diuji, Chipset Super Qualcomm Snapdragon 888 Pro Segera Rilis

Posted on

kinemaster.co.id – Prosesor paling kencang untuk saat ini, Snapdragon 888 memang baru dirilis kurang dari enam bulan lalu. Akan tetapi, Qualcomm dikabarkan telah selesai membuat chipset baru yang lebih kencang dari prosesor tersebut. Membawa nama Snapdragon 888 Pro, chipset tersebut dikabarkan akan segera tersedia pada kuartal kedua tahun ini.

Bocoran SD888 Pro | Foto credit ©Gizmochina

Menurut leaker terkenal Tiongkok, Digital Chat Station, Qualcomm Snapdragon 888 Pro telah selesai pada tahap pengujian oleh pabrikan smartphone Cina. Pada postingan Weibo pribadinya dia menyebut, ponsel pertama yang akan menggunakan chipset terbaru tersebut bakal memulai debut perdananya pada kuartal ketiga tahun ini.

Dibandingkan dengan Snapdragon 865 Plus, konon banyak pabrikan smartphone lokal Tiongkok yang tertarik menggunakan chipset Qualcomm terbaru Snapdragon 888 Pro.

Chipset terbaru Qualcomm tersebut dikabarkan bakal menggunakan inti dari Cortex-X1, yang mana kecepatan clock nya sudah ditingkatkan. Sementara beberapa core pendamping lainnya juga telah mengalami sedikit tunning, meskipun belum ada informasi seberapa efektifnya pengaturan tersebut.

Sementara chipset mengalami peningkatan, Qualcomm sepertinya tidak akan melakukan perubahan pada GPU. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat clock speed GPU yang ada saat ini sudah sangat kencang.

Lihat Juga :   Ponsel Lawas Nokia Mendapat Tambahan Update Keamanan 12 Bulan

Sayangnya, kabar munculnya varian terbaru dari Snapdragon 888 ini turut mengundang sejumlah kekhawatiran. Pasalnya seperti yang kita ketahui, Snapdragon 888 mengalami sedikit masalah pada suhu panas chipset.

Bayangkan saja, pada versi normal Snapdragon 888 sudah sedemikian panas. Bagaimana dengan versi tunning nya nanti? Apakah masalah panas tersebut bisa dihindari? Atau malah semakin buruk? Kita tunggu saja debut perdana chipset ini nanti.

Menulis untuk mengisi waktu luang.