Snapdragon 888 Plus Dikabarkan Rilis di Paruh Kedua Tahun 2021

Posted on

kinemaster.co.id – Snapdragon 888 belum lama diluncurkan, bahkan model perangkat yang mengadopsi chipset terbaru Qualcomm tersebut masih sangat sedikit. Namun, rumor seputar penerus chipset tersebut telah muncul baru – baru ini. Chipset berjuluk Snapdragon 888 Plus disebut sebagai penerus baru, diklaim lebih kencang dan powerfull seperti apa spesifikasi chipset ini?

Snapdragon 888 Plus Dikabarkan Rilis di Paruh Kedua Tahun 2021
Rumor Snapdragon 888 Plus | Foto credit ©Weibo

Rumor akan kemunculan Snapdragon 888 Plus datang pertama kali dari leaker terkenal asal Cina, Digital Chat Station. Melalui halaman Weibo miliknya, leaker terebut mengungkap penerus dari Snapdragon 888 tersebut akan memulai debut perdananya pada paruh kedua tahun 2021.

Dirinya juga menyingung prihal keputusan Qualcomm mengunci frekuwensi GPU pada 840MHz. Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk mencegah OEM secara diam – diam melakukan overclocking pada chipset buatan mereka. Entah apa alasannya, tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait informasi ini.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 888

Sebagai produk unggulan dari seri Snapdragon 8 series, chipset Snapdragon 888 tampil dengan fitur yang terbilang mumpuni. Chipset ini membawa modem X60 5G generasi ketiga dari Qualcomm yang terintegrasi langsung. Sekedar informasi, mode snapdragon X60 mendukung hampir semua jaringan global dengan pita frekuensi 6GHz, fungsi kartu multi-SIM global, mode jaringan Independen (SA) dan non-independen (NSA), serta berbagi spektrum dinamis (DSS).

Lihat Juga :   Nokia 9.3 PureView Akan Memulai debut di Bulan November Mendatang
Snapdragon 888 Plus Dikabarkan Rilis di Paruh Kedua Tahun 2021
Ilustrasi chipset SD888 | Foto credit ©pstatp

Konfigurasi chip Snapdragon 888 sendiri mencakup inti Cortex X1 ARM terbaru yang memiliki clock 2.84GHz dan tiga Cortex A78 clock pada 2.4GHz serta empat core Cortex A55 clock 1.8GHz. Chipset ini terintegrasi langsung dengan GPU Adreno 660 dan mendukung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

Qualcomm AI generasi keenam yang terintegrasi mencakup chipset Qualcomm Hexagon baru yang dirancang dengan kinerja 26 triliun operasi per detik (26 TOPS). Untuk kebutuhan Gaming, tersedia fitur bernama Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga yang terintegrasi secara langsung. Qualcomm mengklaim telah membawa peningkatan kinerja paling signifikan yang pernah dibuat oleh GPU Qualcomm Adreno.

Untuk kinerja kamera, Spectra ISP yang dibawa Snapdragon 888 mendukung tingkat pemrosesan miliaran piksel lebih cepat. Pengguna dapat memproses 2,7 miliar piksel per detik, atau setara dengan 120 bingkai perdetik dengan 12 juta piksel untuk setiap bingkai gambar atau video yang diambil. Kecepatan pemrosesan ini disebut meningkat hingga 35% dibanding platform generasi sebelumnya.

Lihat Juga :   Qualcomm Siapkan Chipset 5G Murah, Meluncur Awal 2021 Nanti
Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.