Tips Mudah Mengoptimalkan GPS Pada Perangkat Android

Posted on

Sensor GPS pada perangkat pintar seperti Smartphone Android memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi navigasi, seperti Google Maps serta berbagai layanan yang membutuhkan akses lokasi di dalamnya. Sinyal yang bagus sangat penting untuk menjalankan aplikasi navigasi dan juga untuk memainkan game – game bertema AR (augmented reality) seperti Pokémon Go.

Lalu bagaimana jika seandainya GPS anda bermasalah seperti kurang akurat? Berikut ini akan dibahas Tips Mudah Mengoptimalkan GPS Pada Perangkat Android.

Apa itu GPS?

Untuk mengetahui cara mengoptimalkan GPS Anda, akan sangat membantu jika anda memahami cara kerjanya. GPS adalah singkatan dari Global Positioning System dan dikembangkan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1973. Tetapi pada tahun 1995 GPS diluncurkan untuk tujuan sipil. Mulanya hanya terdapat 24 satelit yang digunakan sebagai sebagai pusat pemetaan koordinat akses lokasi. Namun sekarang ada 31 satelit GPS di orbit yang dapat digunakan.

Dewasa ini hampir semua ponsel cerdas berkomunikasi dengan satelit melalui antena GPS, yang mana merupakan bagian dari perangkat keras yang disematkan pada smartphone dan tablet masa kini. Perangkat keras ini terhubung melalui driver dengan perangkat lunak. Dengan demikian pada umumnya terdapat tiga sumber error yang biasa menyebabkan gangguan sinyal GPS di smartphone antara lain:

  1. Jumlah satelit GPS di lokasi saat ini
  2. Kualitas antena GPS di smartphone
  3. Implementasi pengemudi di sistem operasi
Lihat Juga :   Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Mi 4A All Varian Stable China / Dev.China

Aktifkan mode Akurasi tinggi

Untuk mendapatkan lokasi paling akurat, anda harus bersiap menggunakan baterai sedikit lebih dari biasanya (boros). Hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus anda tangung, dan anda dapat mematikan fitur ini nantinya bila anda tidak perlu menggunakan GPS lagi. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah mudah,

Buka Setelan anda dan ketuk Lokasi dan pastikan bahwa layanan lokasi anda aktif. Anda harus bisa mengaktifkan-nya di bagian kanan atas layar anda dengan cara mengeser tombol di sebelah kanan.

Sekarang kategori pertama pada menu Lokasi harus berupa Mode , ketuk dan pastikan disetel ke Akurasi tinggi (High accuracy). Settingan tersebut akan menggunakan GPS dan jaringan Wi-Fi serta data seluler untuk memperkirakan lokasi anda. Proses ini akan mengkonsumsi lebih banyak baterai karena perangkat akan menggunakan semua metode yang ada untuk memberi Anda lokasi yang paling akurat.

Jaga agar sinyal GPS tetap aktif

Salah satu masalah utama yang akan sering anda hadapi saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya adalah GPS otomatis dimatikan untuk menghemat baterai. Jika misalnya anda bermain Pokémon Go dan ingin melihat pesan terbaru anda, GPS anda secara otomatis dimatikan  oleh sistem.

Lihat Juga :   Download VidMate Apk Versi Lama & Terbaru Fitur Premium Gratis Akses

Namun anda dapat menjaga agar sinyal GPS tetap aktif, untuk melakukannya anda harus memasang aplikasi GPS. Perlu di ingat bahwa melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya masa pakai baterai secara drastis.

Segarkan data GPS

Terkadang perangkat Anda akan ‘terjebak‘ pada satelit GPS tertentu, meskipun tidak dalam jangkauan, menyebabkan perangkat Anda tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki masalah ini, anda dapat menggunakan aplikasi seperti GPS Status & Toolbox untuk menghapus data GPS Anda dan untuk mulai terhubung ke satelit dari awal.

Pada aplikasi, ketuk di mana saja di layar, lalu ketuk ikon menu dan tekan Manage A-GPS state . Ketuk Reset , lalu setelah selesai masuk kembali ke menu Manager A-GPS dan ketuk download. Data GPS anda sekarang akan di segarkan, dan jika dirasa diperlukan lagi ulangi proses ini saja.