Tips Mudah Reset Setting, Mengatasi Lupa Pola Kunci Samsung Galaxy S7

Posted on

Lupa pola kunci ponsel menjadi salah satu momok yang paling menyebalkan. Apa lagi jika hal tersebut terjadi diperangkat Android versi baru, bisa ribet karena proteksi keamanan yang semakin kompleks. Beberapa pengguna bahkan sampai mengeluh memikirkan cara mengatasi masalah tersebut.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tutorial melakukan reset ponsel Samsung Galaxy S7 yang terkunci akibat lupa sandi pola. Kebetulan ada perangkat yang bisa dijadikan percobaan, jadi langsung disimak aja ya.

Ada 2 cara untuk melakukan reset pengaturan agar settingan perangkat kembali ke posisi default. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing – masing.

Reset dari pengaturan

Yang pertama adalah lewat pengaturan atau biasa disebut “Factory Reset”, cara ini umum dilakukan dan paling gampang karena kalian tinggal masuk ke pengaturan ponsel, lalu melakukan reset dengan cara :

  1. Masuk ke menu utama pada perangkat kalian
  2. Lalu buka menu setting
  3. Pilih Backup & Reset
  4. Periksa kolom Reset (Pilih apa saja yang ingin kalian hapus pada perangkat kalian)
  5. Pilih Reset semua (jika kalian ingin benar – benar mendapatkan kondisi di mana ponsel fresh, seperti ponsel baru)
  6. Tunggu sampai proses ini selesai
  7. done
Lihat Juga :   Cara Mudah, Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Cara di atas sangat efektif jika kalian ingin ponsel benar – benar bersih, termasuk data serta berbagai settingan yang ada di dalamnya. Namun sedikit kurang efektif untuk mengatasi virus atau kerusakan yang disebabkan oleh OS crash maupun hardware.

Tapi masalahnya, perangkat kita terkunci yang mana mustahil bagi kita untuk mengakses menu. Apa lagi masuk ke menu pengaturan untuk melakukan reset perangkat. Hmm, kalau begitu kita bisa coba cara yang ke dua.

Reset dari recovery menu

Cara kedua adalah lewat Recovery atau biasa disebut “Hard Reset”. Cara ini sedikit tricky, jadi butuh kehati – hatian karena bisa menyebabkan sistem crash dan berakhir bootloop.

Tenang untuk OS standar pabrik selama kalian tidak merubah isi dari sistem tersebut (dengan menambah konfigurasi tertentu) akan aman – aman saja.

  1. Matikan perangkat
  2. Tekan secara bersamaan tombol Power + Home + Volume up sekitar 5 detik
  3. Tunggu hingga muncul logo Samsung (di sini kita menggunakan Samsung S7)
  4. Kemudian akan muncul berupa text deretan menu
  5. Silahkan pilih wipe data/factory reset (gunakan tombol volume untuk navigasi serta tombol power untuk memilih)
  6. Jika sudah silahkan pilih reboot system now
  7. Tunggu proses tersebut hingga muncul kembali logo Samsung
  8. Dan selamat anda berhasil melakukan hard reset perangkat
Lihat Juga :   Tutorial Mudah Buka Kunci (Unlock) Bootloader Pada Xiaomi Mi 5

Cara ke dua ini memang menjadi solusi paling ampuh, terutama untuk kondisi ponsel yang terkunci akibat lupa sandi. Tapi perlu di ingat, harus sedikit berhati – hati ya.

Bagaimana tutorial di atas, apakah cukup membantu? Jika kalian mempunyai sedikit pertanyaan terkait  ‘Tips mudah reset setting, mengatasi lupa pola kunci Samsung Galaxy S7’ silahkan menulisnya di kolom komentar. Kami dengan senang hati akan membantu.