Tips Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android Tanpa Root

Posted on

Masalah konsumsi daya pada smartphone android memang menjadi salah satu persoalan yang hingga kini masih kerap menghantui para penggunanya. Dengan berbagai fitur canggih yang dibawa sebuah perangkat, nyatanya jarang sekali di imbangi dengan kemampuan baterai yang memadai.

Mengapa smartphone android ‘kebanyakan’ sangat boros dalam hal konsumsi baterai?

Pertanyaan tersebut sering sekali kami temui di beberapa forum internet. Jika kita jabarkan sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah smartphone mengkonsumsi baterai secara berlebih. Sumber masalah tersebut dapat berasal dari  OS yang tidak stabil, jaringan seluler buruk, hingga masalah hardware yang mengalami kerusakan.

Taukah kalian, sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang bisa membuat daya baterai smartphone menjadi lebih awet. Walaupun tanpa mengganti baterai, kita masih bisa menghemat konsumsi baterai ponsel hanya dengan mengubah beberapa pengaturan ponsel. Tidak percaya? Coba praktekan beberapa tips di bawah ini.

Atur kontras

Menghemat baterai dengan mengubah settingan kontras

Dengan mengatur kontras kita dapat sedikit menghemat konsumsi baterai loh. Gak percaya? Coba lihat bagian mana dari hardware smartphone yang mengkonsumsi daya baterai paling banyak di pengaturan, sudah pasti layar berada di urutan pertama.

Lihat Juga :   Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 Bagian Sampai 4 Bagian

Dengan sedikit mengatur kontras kalian akan mendapatkan manfaat yang lumayan signifikan lo. Caranya cukup dengan mengatur kontras layar menjadi lebih redup. Tapi perhatikan juga kenyamanan mata kalian, lebih redup bukan berarti harus 0 ya.

Matikan sinkronisasi otomatis

Matikan sinkronisasi otomatis untuk hemat baterai

Bagi kalian yang tidak terlalu mempunyai kebutuhan mobilitas tinggi seperti update email, prakiraan cuaca, dsb sebaiknya matikan fungsi ini. Sinkronisasi otomatis hanya akan menambah beban kerja perangkat yang berimbas pada konsumsi baterai.

Ketika fitur sinkronisasi aktif, otomatis ponsel akan menjalankan fungsi tersebut di backgroud sistem. Proses ini membutuhkan konsumsi daya yang tidak sedikit, terlebih jika ternyata jaringan seluler di tempat kalian buruk. Untuk itu, kalian bisa mematikan fitur ini (jika tidak butuh), atau mengatur interval waktu pembaruan-nya.

Hindari penggunaan wallpaper berupa gambar flash atau gif

Menghemat baterai dengan mengganti wallpaper

Penggunaan wallpaper berupa gambar animasi memang menjadikan tampilan smartphone terlihat lebih menarik. Tapi taukah kalian, penggunaan wallpaper berformat flash atau gif tersebut dapat berdampak pada konsumsi baterai?

Walaupun dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar, dengan menghindari penggunaan wallpaper bertema animasi/gift dapat menghemat konsumsi baterai.

Lihat Juga :   Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL

Matikan aplikasi yang tidak digunakan

Kosongkan recent app

Sebaiknya tutup aplikasi yang jarang digunakan. Ketika kalian menutup sebuah aplikasi, sebenarnya aplikasi tersebut tidaklah benar – benar tertutup. Aplikasi tersebut masih terbuka, hanya saja prosesnya di pindah ke latar backgroud sistem dan masih tetap berjalan.

Kenapa begitu? Sebenarnya proses tersebut normal dan tidak ada yang salah. Tujuan kenapa aplikasi tidak langsung di tutup adalah, supaya sistem tidak perlu me-reload kembali aplikasi tersebut ketika ingin digunakan ulang. Untuk melihat proses aplikasi yang berjalan pada background sistem, kalian dapat menggunakan menu recent Apps. Kalian juga dapat mematikan aplikasi tersebut lewat menu tersebut.

Gunakan OS yang stabil

UI berpengaruh pada konsumsi

Memang ada OS tidak stabil? BANYAK.

Percaya atau tidak sistem operasi sangat berpengaruh pada konsumsi baterai ponsel. Banyak OS yang dikustomisasi oleh beberapa vendor guna mengoptimalkan beberapa fungsi tambahan, salah satunya adalah menghemat konsumsi baterai.

Beberapa UI kustomisasi terkenal antara lain, OneUI, MIUI, colorOS, xperiaUI, EMUI, OxygenOS dan masih banyak lagi. Ke semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri, tinggal pilih sesuai selera.

Lihat Juga :   Mengatasi Whatsapp Bermasalah Pada BlackBerry OS10

Lakukan pengantian hardware

Baterai android
Gambar : ifixit

Jika semua cara di atas masih gagal mengatasi konsumsi berlebihan pada ponsel, sebaiknya segera pergi ke pusat perbaikan terdekat. Bisa jadi memang baterai anda yang bermasalah atau sudah drop. Lakukan pengantian komponen baterai yang rusak, dengan baterai yang baru.

Sebaiknya gunakan baterai original agar hasil yang didapat maksimal. Baterai berkualitas jelek dapat merusak komponen mesin ponsel kalian.

Itulah beberapa tips sederhana menghemat baterai ponsel android yang bisa kalian coba. Hanya dengan beberapa pengaturan settingan ponsel, konsumsi baterai ponsel dapat di atur seminimal mukin. Sekian artikel mengenai ‘Tips sederhana menghemat baterai smartphone sndroid tanpa root’, semoga bermanfaat.