Uji Fast Charging Perlihatkan Mi 10 Ultra Mengisi Daya 80W Bukan 120W

Posted on

kinemaster.co.id – Xiaomi Mi 10 Ultra merupakan salah satu smartphone yang dibekali teknologi pengisian cepat 120W. Smartphone tersebut juga salah satu dari sedikit ponsel yang mendukung kemampuan Quick Charge 5 yang menjanjikan kemampuan pengisian cepat 100W+.

Xiaomi sendiri mengirimkan Mi 10 Ultra dengan charger 120W di dalam paket penjualannya. Tidak seperti beberapa produsen lainnya yang menyediakan secara terpisah, pengguna Mi 10 Ultra akan langsung dapat menikmati teknologi pengisian ultra cepat tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Menariknya, pada ujian kecepatan pengisian daya perangkat, Mi 10 Ultra mengisi daya lebih lambat dari keterangan spesifikasi-nya. Meski masih lebih cepat dibandingkan sebagian besar perangkat yang ada di pasaran, kecepatan pengisian daya Mi 10 Ultra tersebut nyatanya tidak sama dengan apa yang diklaim oleh perusahaan.

Uji Fast Charging Perlihatkan Mi 10 Ultra Mengisi Daya 80W Bukan 120W

Tes pengisian tersebut dilakukan oleh orang – orang dari Android Authority, dan hasilnya mereka menemukan bahwa ternyata Mi 10 Ultra sebenarnya hanya mengisi daya dengan output maksimal sebesar 80W. Jauh dari klaim Xiaomi yang menyebut nilai output maksimal-nya mencapai 120W.

Lihat Juga :   Vivo Segera Luncurkan Lini Vivo S Series Baru Bulan Depan

Pengujian menunjukkan bahwa pengisi mulai menggunakan daya 92,3W saat pertama kali perangkat tersambung. Akan tetapi kemudian turun menjadi 86,4W untuk sebagian besar durasi pengisian. Sementara daya rata – rata pengisian berkisar di angka 80.1W, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 21 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan adaptor 18W, dan hasilnya dibutuhkan sekitar 68 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Suhu cukup tinggi

Bagi anda yang peduli dengan suhu baterai, suhu puncak pada pengisian 80W adalah 43,8° C (lebih tinggi dari suhu ideal 40° C). Suhu puncak tersebut akan jauh lebih tinggi jika daya ponsel benar-benar mendekati 120W. Perangkat juga diuji dengan pengisian daya di angka 50W yang membutuhkan waktu 29 menit dari kosong hingga penuh, dan didapati suhu puncak mencapai 39,1° C.

Penting untuk diketahui bahwa proses pengisian tidak selalu menunjukkan suhu tinggi selama durasi pengisian menggunakan daya 80W. Suhu otomatis turun saat level baterai mencapai angka 70%.

Lihat Juga :   Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A21s Beredar di Internet

Meskipun hanya mampu mengisi daya maksimal di angka 80W. Teknologi fast charging yang dimiliki flagship Xiaomi tersebut tetap menjadi salah satu yang tercepat untuk saat ini. Mungkin ada sebagian penggemar yang kecewa dengan kenyataan tersebut, yang sejujurnya lebih baik untuk kesehatan baterai ponsel.

Menulis untuk mengisi waktu luang.